SOAL UTN PLPG 2019 PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



    1. Tujuan pembelajaran yg mendeskripsikan proses serta hasil belajar yangdiharapkan dicapai sang peserta didiksesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
      a.silabus
      b. RPP
      c. Silabus serta RPP
      d. SKL

    2. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri berdasarkan....
    3. Identitas, kompetensiInti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, mediapembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
Identitas, kompetensiInti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, mediapembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
Identitas, kompetensiInti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumberbelajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
Identitas, kompetensiInti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, mediapembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

Silabus serta RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran,perbedaannya adalah sebagai berikut:
a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rppmengarahkan kegiatan belajar buat mencapai kompetensi dasar
b. Silabus bersumber dari standar isi serta standarlulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c.rpp dibuat oleh setiap pengajar, sedangkansilabus dibuat oleh tim guru
d. RPP serta silabus keduanya disusun oleh setiapsatan pendidikan.
Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) merupakan
a.materi atau materi ajar berbasis kompetensi
b. Pembelajaran dibuat dengan berpusat padapeserta didik
c.rpp bersumber dari silabus
d.alokasi saat sesuai dengan jadwal pada setiapsatuan pendidikan
Renacana aplikasi pembelajaran (RPP)disusun buat setiap KD yg bisa dilaksanakan dalam satu kalipertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
  1. Silabus buat pembuatan indicator serta tujuan pembelajarandalam upaya mencapai KD
Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran danmateri dalam upaya mencapai KD
Silabus buat pembuatan ndikator serta penilaiandalam upaya mencapai KD
Silabus buat mengarahkan ke­giatanbelajar siswa pada upaya mencapai KD


6. Perhatikan beberapa komponen menurut RPP buat mata pelajaran bahasaIndonesia merupakan sebagai berikut ......

Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
Indikator : menyebutkan 2 ciri aktivitas bermusyawarah
Tujuan Pembelajaran : sehabis aplikasi pemilihan ketuakelas murid dapat mengungkapkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebutprinsipdigunakan adalah....

Memberikan umpan balik serta tindaklanjut
Mendorongpartisipasi aktif peserta didik
Memperhatikanperbedaan individu peserta didik
Keterkaitan dan keterpaduan
7. Dalam mengunakan media serta indera bantu mengajar, guru sebaiknyamemperhatikanbeberapa faktor di bawahini, kecuali satu yakni;:
      a. Metode mengajar yang digunakanguru

b. Karakteristik bahan ajar

c. Waktu yg tersedia buat kegiatan pembelajaran

d. Buku sumber yang dipakai dalam pembelajaran


8. Apabila seseorang pengajar melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

Membekali murid tidak hanya menggunakan informasi-fakta, melainkandiarahkan pada kemampuan dominasi dalam proses berfikir serta berkomunikasi,
Berperan menjadi fasilitator danpembimbing belajar siswa.
Melakukan penilaian yang meliputi cara-cara penyelesaianmasalah dengan berpatokan dalam aturan yang berlaku, misalnya peta konsep, diagram ven,portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka pengajar tersebutdapat dikatakan menggunakan pembelajaran yg berbasis....
    1. Kognitivisme
Behaviorisme
Konstructivisme

Humanisme
9. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada murid usia peserta didikantara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas wajib lebih menekankan…

Penggunaanmedia, indera peraga termasuk sumber belajar.
Pemberiantugas yg tersetruktur.
Penggunaanmetode bervariasi
Menekankanberfikir ktiris dan pemecahan masalah.

10. Benjamin S. Bloom menyebarkan ranahkognitif menggunakan urutan berikut:
a. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, buatan, dan evaluasi;
b. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, serta evaluasic. Ingatan, pemahaman, síntesis, pelaksanaan, analsis, serta evaluasi
d. Ingatan, pemahaman, analisis, pelaksanaan, evaluasi, serta, síntesis.

11. Taksonomi Anderson serta Krathwolmenyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif denganurutan berikut:
a. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, buatan, dan evaluasi;
b. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
c. Ingatan, pemahaman, síntesis, pelaksanaan, analsis, serta evaluasi
d. Ingatan, pemahaman, pelaksanaan,analisis, penilaian, dan, mencipta.


12. Model pembelajaran yg memiliki keunggulan diantaranya; berpikir danbertindak kreatif, memecahkan kasus yang dihadapi secara realistis,merangsang perkembangan kemajuan berfikir murid buat merampungkan masalahyang dihadapi dengan sempurna, merupakan….
a. Role Playing
b. Inquiry
c. Problem Solvingd. Picture and Picture


13. Faktor yang krusial dipertimbangkan gurudalam melaksanakan diskusi pemecahan kasus proses pembelajaranadalah:

a.waktu yg tersedia untukmelaksanakan diskusi

b. Rumusan masalah yg harus didiskusikan

c. Jumlah peserta didik yg mengikti pembelajaran

d. Motivasi belajar siswa


14. Kemampuan yang paling penting dimilikiguru tentang media serta alat bantupembelajaran merupakan:

a. Memilih bahan buat membuatmedia/indera bantu

b. Membuat media serta alatbantusederhana

c. Menggunakan media dan alatbantu

d. Merawat media serta alat bantu


15. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda pada….

Pencapaianstandar kompetensi
Pencapaiankompetensi dasar.
Pencapaiantujuan pembelajaran
Pencapaianstandar kelulusan

16. Tindakan yg paling sempurna dilakukan dalam saat murid mengalami kesulitanmemahami pelajaran yang sedang diajarkan merupakan:

a. Mengulang pulang bahan yangdiajarkan

b. Memberikan tugas supaya murid mempelajari bahan yang belum dipahami

c. Memberikan kitab sumberuntuk dipelajari anak didik

d. Membantu setiap siswayang mengalami kesulitan


17. Jika anda menjadi guru menemukan peserta didik mengalami kesulitanmemahami materi pelajaran yangdiberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

a.memindahkantempat dudukpeserta didik ke meja yg paling depan

b.mengulangi penerangan bahan ajar pada semua peserta didik

c.Memberikan donasi belajarkepada peserta didik yang bersangkutan

d.menugaskan seluruh siswa membaca kitab sumber


18. Apa yang paling sempurna dilakukanguru, apabila seseorang peserta didik tidak memberikan jawaban ataspertanyaan yang diajukan ?

a.Menunjuk peserta didik lainuntuk menjawab pertanyaan tersebut

b.memberikan kritik agarpeserta didikberusaha menjawab walaupun salah

c.menyederhanakan isi pertanyaanagar mudah dipahami peserta didik

d.menjawab sendiri pertanyaantersebut.


19. Prinsip sistematis menjadi keliru satu prinsippengembangan silabus ialah ....

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran serta urutan penyajian materi pada silabus sinkron dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, serta spritual peserta didik.
Adanya interaksi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, asal belajar, serta sistem penilaian.
Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, asal belajar, dan sistem evaluasi relatif buat menunjang pencapaian kompetensi dasar.
Komponen-komponen silabussaling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

20. Ciri-cirikelas yang memakai pembelajaran CTL merupakan menjadi berikut, kecuali....
  1. Sharing dengan teman
  2. Guru kreatif
  3. Pengalaman nyata
  4. Menggunakan satu sumber

Baca Juga
1. Soal UTN 2017 Penilaian
2. Soal UTN 2017 KKM
3. Soal UTN Kesulitan Belajar Siswa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel