PENGERTIAN FUNGSI DAN PERANAN KURIKULUM

A.Pengertian

Kurikulum merupakan suaturencana pendidikan, yang menaruh pedoman tentang jenis, lingkup, urutan isi,serta proses pendidikan. Dengan program itu para murid melakukan berbagaikegiatan belajar sehingga terjadi perubahan serta perkembangan tingkah laku padadirinya. Kurikulum menjadi planning pembelajaran juga diartikan sebagaiseperangkat planning dan pengaturan tentang isi dan bahan pelajaran serta carayang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untukmencapai tujuan pendidikan tertentu

B.Fungsi

1.Fungsipenyesuaian

Kurikulum menjadi alatpendidikan harus bisa mengarahkan siswa supaya memilki sifat buat mampumenyesuaikan menggunakan llingkungannya, baik lingkungan fisik juga sosial.

2.Fungsipengintegrasian

Kurikulum sebagai alatpendidikan harus mampu menghasilkan langsung-eksklusif yang utuh, dalam hal iniorientasi serta fungsi kurikulum merupakan mendidik peserta didik agar memilkipribadi yg integral. Siswa dalam dasarnya adalah anggota dan bagianintegral menurut masyarakat.

3.Fungsiperbedaan

Kurikulum sebagai alatpendidikan wajib mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaan individu pesertadidik.

4.Fungsipersiapan

Kurikulum sebagai alatpendidikan wajib mampu mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studilebih lanjut buat suatu jangkauan yang lebih jauh, baik dalam memasukipendidikan yg lebih tinggi ataupun pada memasuki kehidupan dalam masyarakat.

5.Fungsipemilihan

Kurikulum menjadi alatpendidikan harus bisa menaruh kesempatan kepada peserta didik pada memilihprogramprogram belajar sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

6.Fungsidiagnostik

Kurikulum sebagai alatpendidikan wajib bisa membantu dan mengarahkan siswa buat dapatmemahami kemampuan serta potensi yg terdapat dalam dirinya.

C.Peranan

1.Peranankonservatif

Peranan konservatifmenekankan bahwa kurikulum bisa dijadikan sebagai wahana buat mentransmisikannilai-nilai warisan budaya masa kemudian yang dipercaya masih relevan dengan masakini kepada anak didik sebagai generasi penerus.

2.Peranankreatif

Perkembangan ilmupengetahuan serta aspek-aspek lainnya senantiasa terjadi setiap ketika. Kurikulummelakukan kegiatankegiatan kreatif dan konstruktif, dalam arti menekankan bahwakurikulum wajib bisa membuatkan sesuatu yg baru. Kurikulum harus dapatmembantu setiap siswa pada mengembangakan potensi dirinya.

3.Peranankritis serta evaluatif

Peranan inidilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa nilainilai serta budaya yg hidupdalam warga senantiasa mengalami perubahan, sehingga pewarisan nilai-nilaidan budaya masa lalu pada peserta didik perlu diubahsuaikan kondisi yg terdapat dimasa kini .



Sumber:

Wibowo, Hari dkk. 2016. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PusatPengembangan serta Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, DirektoratJenderal Pengajar dan Tenaga Kependidikan

Baca juga:
Materi UTN 2017 Landasan dan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel