KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN DI SD/MI SMP/MTS SMA/SMK DAN MA/MAK


(BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)

NO
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN
1
Menguasai ciri peserta didik berdasarkan aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.

1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan menggunakan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, serta latar belakang sosialbudaya.
1.2 Mengidentifikasi potensi siswa pada mata pelajaran yg diampu.
1.tiga Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik pada mata pelajaran yg diampu.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran yg diampu.
2
Menguasai teori belajar serta prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.

2.1 Memahami banyak sekali teori belajar serta prinsip-prinsip pembelajaran yg mendidik terkait menggunakan mata pelajaran yg diampu.
2.dua Menerapkan banyak sekali pendekatan, taktik, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
3
Mengembangkan kurikulum yg terkait menggunakan mata pelajaran/ bidang pengembangan
yang diampu.

3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.dua Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
3.4 Memilih materi pembelajaran yg diampu yang terkait menggunakan pengalaman belajar serta tujuan pembelajaran.
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai menggunakan pendekatan yang dipilih serta ciri siswa.
3.6 Mengembangkan indikator serta instrumen penilaian
4
Menyelenggarakan pembelajaran
yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yg mendidik.
4.dua Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik buat kegiatan di pada kelas, laboratorium, juga lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, pada laboratorium, serta di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
4.5 Menggunakan media pembelajaran serta asal belajar yang relevan menggunakan karakteristik siswa serta mata pelajaran yg diampu buat mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
4.6 Mengambil keputusan transaksional pada pembelajaran yg diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.
5
Memanfaatkan teknologi liputan serta komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi fakta dan komunikasi pada pembelajaran yang diampu.
6
Memfasilitasi pengembangan
potensi peserta didik untuk Mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki
6.1 Menyediakan banyak sekali kegiatan pembelajaran buat mendorong siswa mencapai prestasi secara optimal.
6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran buat mengaktualisasikan potensi siswa, termasuk kreativitasnya.
7
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
7.1 Memahami berbagai taktik berkomunikasi yg efektif, empatik, serta santun, secara verbal, goresan pena, serta/atau bentuk lain.
7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, serta santun dengan peserta didik menggunakan bahasa yg spesial pada hubungan aktivitas/permainan yang mendidik yg terbangun secara siklikal menurut (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian pada permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada siswa untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan pengajar, serta (d) reaksi pengajar terhadap respons siswa, dan seterusnya
8
Menyelenggarakan evaluasi dan penilaian proses serta output belajar.
8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian serta penilaian proses dan hasil belajar sesuai menggunakan ciri mata pelajaran yg diampu.
8.2 Menentukan aspek-aspek proses serta output belajar yang penting buat dinilai dan dievaluasi sinkron menggunakan ciri mata pelajaran yg diampu.
8.3 Menentukan prosedur evaluasi dan penilaian proses serta hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan output belajar.
8.5 Mengadministrasikan evaluasi proses dan output belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen.
8.6 Menganalisis output penilaian proses dan output belajar buat banyak sekali tujuan.
8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
9
Memanfaatkan hasil evaluasi dan
evaluasi buat kepentingan
pembelajaran.
9.1 Menggunakan warta hasil penilaian serta evaluasi buat menentukan ketuntasan belajar.
9.2 Menggunakan kabar output penilaian dan penilaian buat merancang acara remedial serta pengayaan.
9.tiga Mengkomunikasikan hasil penilaian serta evaluasi kepada pemangku kepentingan.
9.4 Memanfaatkan informasi output penilaian dan evaluasi pembelajaran buat menaikkan kualitas pembelajaran.
10
Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yg sudah dilaksanakan.
10.dua Memanfaatkan hasil refleksi buat perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas buat menaikkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu

UNTUK CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel