KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD/TK/RA


(BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)

NO
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU KELAS PAUD/TK/RA
1
Menguasai ciri siswa menurut aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.

1.1 Memahami ciri peserta didik usia Taman Kanak-kanak/PAUD yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial-budaya.
1.dua Mengidentifikasi potensi siswa usia TK/PAUD pada banyak sekali bidang pengembangan.
1.3 Mengidentifikasi kemampuan awal siswa usia TK/PAUD dalam banyak sekali bidang pengembangan.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan siswa usia TK/PAUD pada banyak sekali bidang Pengembangan.
2
Menguasai teori belajar serta prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.

2.1 Memahami berbagai teori belajar serta prinsip-prinsip bermain sembari belajar yang mendidik yang terkait menggunakan aneka macam bidang pengembangan pada TK/PAUD.
2.2 Menerapkan banyak sekali pendekatan, taktik, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yg terkait dengan aneka macam bidang pengembangan pada TK/PAUD.
3
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan
yang diampu.

3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.dua Menentukan tujuan aktivitas pengembangan yang mendidik.
3.tiga Menentukan kegiatan bermain sembari belajar yang sinkron buat mencapai tujuan pengembangan.
3.4 Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu aktivitas bermain sembari belajar sinkron dengan tujuan pengembangan
3.5 Menyusun perencanaan semester, mingguan serta harian dalam berbagai aktivitas pengembangan pada TK/PAUD.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian
4
Menyelenggarakan pembelajaran
yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik serta menyenangkan.
4.dua Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.
4.3 Menyusun rancangan aktivitas pengembangan yang mendidik yg lengkap, baik untuk kegiatan pada pada kelas, juga di luar kelas.
4.4 Menerapkan aktivitas bermain yg bersifat keseluruhan, otentik, dan bermakna.
4.5 Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, serta demokratis
4.6 Memanfaatkan media serta asal belajar yg sinkron dengan pendekatan bermain sambil belajar.
4.7 Menerapkan tahapan bermain anak pada kegiatan pengembangan pada TK/PAUD.
4.8 Mengambil keputusan transaksional dalam kegiatan pengembangan pada Taman Kanak-kanak/PAUD sinkron dengan situasi yg berkembang.
5
Memanfaatkan teknologi keterangan serta komunikasi buat kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi fakta dan komunikasi buat meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yg mendidik.
6
Memfasilitasi pengembangan
potensi siswa buat Mengaktualisasikan banyak sekali potensi yg dimiliki
6.1 Menyediakan aneka macam kegiatan bermain sembari belajar untuk mendorong siswa berbagi potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya.
7
Berkomunikasi secara efektif, empatik, serta santun menggunakan peserta didik.
7.1 Memahami berbagai taktik berkomunikasi yang efektif, empatik serta santun, baik secara ekspresi juga goresan pena.
7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang spesial pada hubungan pembelajaran yg terbangun secara siklikal berdasarkan (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) menaruh pertanyaan atau tugas sebagai undangan pada peserta didik buat merespons, (c) respons siswa, (d) reaksi pengajar terhadap respons siswa, dan seterusnya.
8
Menyelenggarakan evaluasi serta evaluasi proses serta hasil belajar.
8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar sinkron menggunakan karakteristik 5 mata pelajaran SD/MI.
8.dua Menentukan aspek-aspek proses serta hasil belajar yg krusial buat dinilai dan dinilai sesuai dengan karakteristik 5 mata pelajaran Sekolah Dasar/MI.
8.tiga Menentukan prosedur penilaian dan penilaian proses serta hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen evaluasi serta evaluasi proses dan output belajar.
8.lima Mengadministrasikan evaluasi proses serta hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan banyak sekali instrumen.
8.6 Menganalisis output evaluasi proses dan output belajar buat banyak sekali tujuan.
8.7 Melakukan evaluasi proses serta output belajar
9
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi buat kepentingan
pembelajaran.
9.1 Menggunakan berita output penilaian dan evaluasi buat menentukan ketuntasan belajar.
9.dua Menggunakan warta hasil evaluasi serta penilaian buat merancang program remedial serta pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil evaluasi dan evaluasi pada pemangku kepentingan.
9.4 Memanfaatkan keterangan hasil evaluasi dan evaluasi pembelajaran buat meningkatkan kualitas pembelajaran.
10
Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.2 Memanfaatkan hasil refleksi buat perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD/MI.
10.tiga Melakukan penelitian tindakan kelas buat meningkatkan kualitas pembelajaran 5 mata pelajaran SD/MI.

UNTUK CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel