KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS SD/MI


(BERDASARKANPERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)

NO
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU KELAS SD/MI
1
Menguasai ciri siswa berdasarkan aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.

1.1 Memahami ciri peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
1.dua Mengidentifikasi potensi siswa usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.3 Mengidentifikasi kemampuan awal siswa usia sekolah dasar dalam 5 mata pelajaran SD/MI.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam 5 mata pelajaran SD/MI.
2
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.

2.1 Memahami banyak sekali teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yg mendidik terkait menggunakan lima mata pelajaran SD/MI.
2.2 Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, serta teknik pembelajaran yg mendidik secara kreatif pada 5 mata pelajaran Sekolah Dasar/MI.
2.tiga Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI.
3
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan
yang diampu.

3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.dua Menentukan tujuan 5 mata pelajaran Sekolah Dasar/MI.
3.tiga Menentukan pengalaman belajar yg sesuai buat mencapai tujuan 5 mata pelajaran Sekolah Dasar/MI
3.4 Memilih materi lima mata pelajaran Sekolah Dasar/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
3.5 Menata materi pembelajaran secara sahih sesuai dengan pendekatan yg dipilih serta karakteristik siswa usia SD/MI.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen evaluasi.
4
Menyelenggarakan pembelajaran
yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yg mendidik
4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
4.tiga Menyusun rancangan pembelajaran yg lengkap, baik buat aktivitas pada pada kelas, laboratorium, maupun lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, serta pada lapangan.
4.5 Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa serta lima mata pelajaran Sekolah Dasar/MI buat mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
4.6 Mengambil keputusan transaksional pada lima mata pelajaran Sekolah Dasar/MI sesuai menggunakan situasi yang berkembang.
5
Memanfaatkan teknologi liputan dan komunikasi buat kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi berita serta komunikasi pada pembelajaran.
6
Memfasilitasi pengembangan
potensi siswa buat Mengaktualisasikan aneka macam potensi yg dimiliki
6.1 Menyediakan berbagai aktivitas pembelajaran untuk mendorong siswa mencapai prestasi belajar secara optimal.
6.dua Menyediakan banyak sekali kegiatan pembelajaran buat mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
7
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
7.1 Memahami aneka macam strategi berkomunikasi yang efektif, empatik serta santun, baik secara mulut juga goresan pena.
7.dua Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun menggunakan peserta didik dengan bahasa yg spesial pada interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan syarat psikologis peserta didik, (b) menaruh pertanyaan atau tugas menjadi undangan pada siswa untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, serta seterusnya.
8
Menyelenggarakan evaluasi serta penilaian proses serta output belajar.
8.1 Memahami prinsip-prinsip evaluasi serta penilaian proses serta output belajar sesuai dengan ciri lima mata pelajaran SD/MI.
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan output belajar yg krusial buat dievaluasi serta dievaluasi sesuai dengan karakteristik 5 mata pelajaran SD/MI.
8.tiga Menentukan mekanisme penilaian serta evaluasi proses serta hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan output belajar.
8.lima Mengadministrasikan penilaian proses dan output belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan aneka macam instrumen.
8.6 Menganalisis output penilaian proses serta output belajar buat aneka macam tujuan.
8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

9
Memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.
9.1 Menggunakan fakta hasil penilaian serta penilaian buat memilih ketuntasan belajar.
9.2 Menggunakan keterangan hasil evaluasi dan evaluasi buat merancang program remedial serta pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil evaluasi dan penilaian kepada pemangku kepentingan.
9.4 Memanfaatkan liputan output penilaian dan penilaian pembelajaran untuk menaikkan kualitas pembelajaran.
10
Melakukan tindakan reflektif untuk
peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.dua Memanfaatkan output refleksi buat pemugaran serta pengembangan 5 mata pelajaran Sekolah Dasar/MI.
10.tiga Melakukan penelitian tindakan kelas buat menaikkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.

UNTUK CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel