SOAL UTN PLPG 2019 PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN


KOMPETENSIPEDAGOGIK

KOMPETENSIINTI: MENGEMBANGKAN KURIKULUM YANG TERKAIT DENGAN MATA PELAJARAN YANG DIAMPU



IndikatorPencapaian Kompetensi : Mengidentifikasi Materi Pembelajaran yg Sesuai denganKI-KD



1.Adabeberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar ataumateri pembelajaran. Diantaranya, guruharus konfiden bahwa materi yang diajarkan bisa menaruh dasar-dasarpengetahuan serta keterampilan yg akan dikembangkan lebih lanjut dalam jenjangpendidikan berikutnya. Materi yg diajarkan pula bisa menyebarkan kecakapanhidup (life skills) dan perilaku yg dibutuhkan pada kehidupan sehari-hari.

Halini disebut prinsip…

A.tingkatkepentingan

B.layakdipelajari

C.kebermanfaatan

D.sahih



Jawab: C

Pembahasan :

Prinsip pemilihan materi pelajaranantara lain sebagai berikut.

üTingkatkepentingan : materi hendaknya benar-benar dibutuhkan oleh anak didik

üLayakdipelajari: memungkinkan buat dipelajari (nir terlalu sukar serta tidakterlalu gampang)

üKebermanfaatan:menaruh dasar-dasar sikap, pengetahuan, serta Keterampilan (life skills)

üSahih: terujikebenaran serta kesahihannya



2.Salahsatu prinsip yang harus diperhatikan pada pemilihan materi pembelajaran adalahsetiap materi yg diberikan kepada anak didik harus mampu menumbuhkembangkan rasaingin tahu sehingga memunculkan dorongan buat berbagi sendiri kemampuanmereka.



Hal ini disebutprinsip…



A.menarik minat

B.layakdipelajari

C.kebermanfaatan

D.sahih



Jawab: A

Pembahasan :

Prinsip pemilihan materi pelajaran antaralain menjadi berikut.

üMenarik minat :menumbuhkan rasa ingin memahami

üLayakdipelajari: memungkinkan buat dipelajari (nir terlalu sukar serta tidakterlalu gampang)

üKebermanfaatan: memberikandasar-dasar pengetahuan serta Keterampilan (life skills)

üSahih: terujikebenaran serta kesahihannya





3.Dalammenyiapkan bahan ajar, Pak Kirmadi memulai berdasarkan materi yg bersifat umumke pada bagian-bagian yang lebih spesifik…

Bentuk pengembangan materi yangdisusun Pak Kirmadi mengikuti pola....

A.kausal

B.kronologis

C.inquiri

D.logis



Jawab : D

Pembahasan:

pola pengembangan materi pembelajaranantara lain sebagai berikut.

üPola kausal: susunanmateri pembelajaran yg mengandung interaksi sebab-dampak.

üPola kronologis:susunan materi pembelajaran yang mengandung urutan ketika.

üPola inquiri: susunanmateri pembelajaran yang mengarah pada proses inovasi ataupun pemecahanmasalah, mencakup langkah-langkah: (a) perumusan perkara, (b) penyusunanhipotesis, (c) pengumpulan data, (d) pengujian hipotesis, serta (e) perumusansimpulan.

üPola logis: susunanmateri pembelajaran yg dimulai menurut bagian sederhana menuju kepada yangkompleks.



4.Dalammenyiapkan bahan ajar, Bu Catur menyusun materi pembelajaran dari bagiansederhana menuju kepada yg kompleks.



Bentukpengembangan materi yg disusun Bu Catur mengikuti pola…



A.logis

B.Psikologis

C.spiral

D.inquiri



Jawab:B

Pembahasan

polapengembangan materi pembelajaran diantaranya sebagai berikut.

üPola logis:susunan materi pembelajaran yang dimulai menurut bagian sederhana menuju kepadayang kompleks.

üPola Psikologis:susunan materi pembelajaran yg dimulai menurut umum ke dalam bagian-bagian yanglebih khusus.

üPola spiral: Polaspiral, susunan materi pembelajaran yang dipusatkan pada topik atau bahantertentu yg populer dan sederhana; lalu dikembangkan, diperdalam, dandiperluas dengan bahan yang lebih kompleks.

üPola inquiri: susunanmateri pembelajaran yang mengarah pada proses inovasi ataupun pemecahanmasalah, mencakup langkah-langkah: (a) perumusan perkara, (b) penyusunanhipotesis, (c) pengumpulan data, (d) pengujian hipotesis, serta (e) perumusansimpulan.

Untuk memperdalam pemahaman ttg pengembangan materi pembelajaran, Baca Ringkasan Materi Kompetensi Pedagogik Pengembangan Materi Pembelajaran


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel