OGN 2019 KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD DAN SMP
KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

A.KedudukanBahasa Indoensia

BahasaIndonesia memiliki dua kedudukan yg sangat penting, yaitu:

1.SebagaiBahasa Nasional

IkrarSumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 berbunyi:

1.kami putra serta putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

2.kami putra dan putri Indonesia mengaku rbanagsa yg satu, bangsa Indonesia.

3.kami putra serta putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kata„menjunjung‟ pada KBBI antara lain berarti memuliakan, menghargai, dan menaati(petuah , perintah, dan sebaginya.). Ikrar ketiga pada Sumpah Pemuda tersebutmenegaskan, bahwa para pemuda bertekad buat memuliakan bahasa persatuan, yaitubahasa Indonesia. Pernyataan tidak adalah pengakuan “berbahasa satu”, tetapimerupakan pernyataan tekad kebahasaan yg menyatakan bahwa kita, bangsaIndonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia (Halimdalam Arifin dan Tasai, 1995: lima). Ini berarti pula bahasa Indonesiaberkedudukan sebagai bahasa nasional yang kedudukannya berada pada atasbahasa-bahasa daerah.



2.SebagaiBahasa Negara

Sebagaibahasa Negara, kedudukan tadi dikukuhkan sehari sesudah kemerdekaan RIdikumandangkan atau seiring dengan diberlakukannya konstituasi Undang-UndangDasar 1945. Bab XV Pasal 36 pada Undang-Undang Dasar 1945 menegaskan bahwa bahasa negara ialahbahasa Indonesia.



B. Fungsi Bahasa Indonesia

Didalam kedudukannya menjadi bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi menjadi:

1.lambang kebanggaan kebangsaan

Sebagailambang pujian kebangsaan, bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosialbudaya yang mendasari rasa kebangsaan kita. Atas dasar kebanggaan ini, bahasaIndonesia kita pelihara serta kita kembangkan serta rasa kebanggaan memakainyasenantiasa kita bersinar-sinar.

2.lambang identitas nasional

Padafungsi ini, bahasa Indonesia kita junjung pada samping bendera dan lambang Negarakita. Di dalam melaksanakan fungsi ini bahasa Indonesia tentulah harus memilikiidentitasnya sendiri pula sebagai akibatnya dia serasi menggunakan lambang kebangsaan kitayang lain. Bahasa Indonesia dapat memiliki identitasnya hanya apabilamasyarakat pemakainya membina serta mengembangkannya sedemikian rupa sehinggabersih dari unsur-unsur bahasa lain.

3.alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya

Berkatadanya bahasa nasional, kita dapat berafiliasi satu menggunakan yg lain sedemikianrupa sehingga kesalahpahaman sebagai akibat disparitas latar belakang sosialbudaya dan bahasa nir perlu dikhawatirkan. Kita bisa bepergian berdasarkan pelosokyang satu ke pelosok yg lain pada tanah air kita menggunakan hanya memanfaatkanbahasa Indonesia menjadi satu-satunya indera komunikasi.

4.Alatyang memungkinkan penyatuan aneka macam suku bangsa menggunakan latar belakang sosialbudaya serta bahasa yang bhineka ke dalam satu kesatuan kebangsaan yangbulat. Di pada fungsi ini, bahasa Indonesia memungkinkan aneka macam-bagai suku bangsaitu mencapai keserasian hidup menjadi bangsa yang manunggal menggunakan nir perlumeninggalkan identitas kesukuan serta kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budayaserta latar belakang bahasa wilayah yang bersangkutan. Lebih menurut itu, denganbahasa nasional itu kita bisa meletakkan kepentingan nasional jauh pada ataskepentingan wilayah atau golongan.



Didalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai:

1.bahasa resmi kenegaraan

Sebagaibahasa resmi kenegaraan, bahasa Indonesia dipakai di dalam segala upacara,peristiwa, serta kegiatan kenegaraan, baik dalam bentuk verbal maupun tulisan.termasuk ke pada aktivitas-aktivitas itu merupakan penulisan dokumen-dokumen yangdikeluarkan sang pemerintah serta badan-badan kenegaraan lainnya, sertapidato-pidato kenegaraan.

2.bahasa pengantar di pada global pendidikan

Padafungsi ke 2 ini, bahasa Indonesia dijadikan sebagai pengantar pada lembaga-lembagapendidikan mulai taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

3.alat perhubungan pada tingkat nasional buat kepentingan perencanaan danpelaksanaan pembangunan

Didalam hubungannya dengan fungsi ini, bahasa Indonesia digunakan bukan sajasebagai indera komunikasi timbal-kembali antara pemerintah serta masyarakat luas, danbukan saja menjadi indera perhubungan antardaerah dan antarsuku, melainkan jugasebagai alat perhubungan di pada rakyat yg sama latar belakang sosialbudaya dan bahasanya.

4.alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada fungsi ini,bahasa Indonesia adalah satu-satunya alat yg memungkinkan kita membina danmengembangkan kebudayaan nasional sedemikian rupa sebagai akibatnya beliau memilikiciri-ciri dan identitasnya sendiri, yg membedakannya berdasarkan kebudayaan wilayah.pada ketika yg sama, bahasa Indonesia kita pergunakan menjadi indera untukmenyatakan nilai-nilai social budaya nasional kita (Halim dalam Arifin danTasai, 1995: 11-12).



Sumber:

Mudini,dkk. 2016. Kedudukan, Fungsi, dan RagamBahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik danTenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Pengajar serta Tenaga Kependidikan



Bacajuga

1.SoalOGN 2017 Sejarah Perkembangan, Fungsi, dan Ragam Bahasa Indonesia

2.MateriOGN 2017 Ragam Bahasa Indonesia

3.MateriOGN 2017 Sejarah Perkembangan, Fungsi, dan Ragam Bahasa Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel