SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIALEMOSIONAL PESERTA DIDIK


PERKEMBANGANSOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK

KOMPETENSIINTI GURU : MENGUASAI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DARI ASPEK FISIK, MORAL, SOSIAL,KULTURAL, EMOSIONAL, DAN INTELEKTUAL



1.Kemampuanpeserta didik buat membina hubungan serta kemampuan memotivasi diri termasukkecerdasan….



A.Kognitif

B.Sosial

C.Emosional

D.moral

Jawab:C

Pembahasan

Golemanmenyebutkan ada 5 kecerdasan emosional, yaitu: (1) Kemampuan mengenali emosidiri, (2) kemampuan mengelola emosi, (tiga)kemampuan memotivasi diri, (4) kemampuan mengenali emosi orang lain, dan (5) kemampuanmembina hubungan.

2.Seorangpeserta mampu mengendalikan diri menggunakan baik dalam aneka macam situasi serta bisa mampumenjalin kerjasama yang baik menggunakan teman-temannya, serta mampu memposisikan diridi lingkungan dengan baik.

Peserta didik tersebut memilikikecerdasan…



A.Moral

B.spiritual

C.Sosialemosional

D.Kognitif

Jawab:C

3.Seorangpeserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu gerombolan belajar. Dia tidakmemberi kesmpatan anggota lain buat mengemukakan pendapat. Jika teman lainyang memimpin serta mengendalikan jalannya diskusi, dia memisahkan diri dancenderung otodidak.

Pesertadidik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A.sosial-emosional

B.kognitif

C.moral

D.spritual



Jawab: A

Pembahasansoal nomor dua dan 3

Sosial-emosionalberasal dari istilah sosial serta emosi.kecerdasan sosial merupakan kecerdasan dalam interaksi atau interaksisosial. Emosi merupakan faktor dominan yg mempengaruhi tingkah laku individu,pada hal ini termasuk pula konduite belajar. Emosi dibedakan sebagai dua,yakni emosi positif serta emosi negatif. Emosi positif misalnya perasaan bahagia,bergairah, serta bersemangat dalam belajar. Emosi negatif misalnya perasaan tidaksenang, kecewa, serta tidak bergairah dalam belajar. Dari segi etimologi, emosiberasal dari akar kata bahasa Latin ‘movere’ yang berarti ‘menggerakkan,bergerak’. Kemudian ditambah dengan awalan ‘e-‘ buat memberi arti ‘bergerakmenjauh’. Makna ini menyiratkan kesan bahwa kesamaan bertindak merupakanhal absolut pada emosi (Mudini, 2016).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel