SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK


PERKEMBANGANMORAL PESERTA DIDIK

KOMPETENSI INTI GURU :MENGUASAI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DARI ASPEK FISIK, MORAL, SOSIAL,KULTURAL, EMOSIONAL, DAN INTELEKTUAL

1.seorang siswa mau menaati tatatertib sekolah karena ia takut mendapat hukuman berdasarkan pihak sekolah. Pesertadidik yang lain menaati rapikan tertib sekolah buat mendapatkan kebanggaan serta nilaiyang baik menurut gurunya.

Halini adalah model konduite moral-spiritual dalam tahapan….

A.penalaran prakonvensional

B.penalarankonvensional

C.penalaranpascakonvensional

D.penalaraninterkonvensional

Jawab: B


2. Seorang siswa menaati nilai-nilai yangia yakini benar, namun tidak menaati nilai-nilai dan baku moral orang tuadan rakyat.

Halini adalah contoh konduite dalam tahapan . . .

A.penalaranprakonvensional

B.penalaran konvensional

C.penalaranpascakonvensional

D.penalarannonkonvensional

Jawab: B

3.seorang siswa selalu menaati tata tertib sekolah. Diamengenal tindakan moral alternatif, menjajakipilihan-pilihan, serta lalu memutuskan dari suatu kode moral langsung. Diajuga mempunyai moralitas yang benar-benartelah diinternalisasikan dan tidak berdasarkan dalam baku-baku orang lain.

Halini adalah model perilaku moral-spritual dalam tahapan ...

A.penalaranprakonvensional

B.penalarankonvensional

C.penalaranpascakonvensional

D.penalaraninterkonvensional

Jawab:C

Pembahasansoal angka 1-3

TeoriKohlberg menyatakan bahwa perkembangan moral didasarkan terutama pada penalaranmoral dan berkembang secara bertahap yaitu: penalaran prakovensional,konvensional, serta pascakonvensional.

1.TingkatSatu: Penalaran Prakonvesional

Penalaranprakonvensional merupakan tingkat yang paling rendah dalam teori perkembanganmoral Kohlberg. Pada taraf ini, anak nir menerangkan internalisasinilai-nilai moral, penalaran moral dikendalikan oleh imbalan (hibah) danhukuman eksternal.

2.TingkatDua: Penalaran Konvensional

Penalarankonvensional adalah tingkat ke 2 atau taraf menengah menurut teori perkembanganmoral Kohlberg. Internalisasi individu dalam tahap ini merupakan menengah. Seorangmenaati standar-standar (internal) tertentu, tetapi mereka tidak menaatistandar-standar (internal) orang lain, seperti orang tua atau warga .

3.TahapTiga: Penalaran Pascakonvensional

Penalaranpascakonvensional merupakan taraf tertinggi berdasarkan teori perkembangan moralKohlberg. Pada taraf ini, moralitas benar-sahih diinternalisasikan dan tidakdidasarkan pada baku-standar orang lain. Seorang mengenal tindakan moralalternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan lalu tetapkan berdasarkansuatu kode moral eksklusif (Mudini, 2016).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel