SOAL UTN PLPG 2019 KRITIK SASTRA


MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA
MENJELASKANKONSEP KRITIK SASTRA DAN UNSUR KRITIK SASTRA

1.Jeniskritik ini memandang karya sastra menjadi tiruan aspek-aspek alam. Karya sastradianggap menjadi cerminan atau penggambaran dunia konkret, sehingga ukuran yangdigunakan adalah sejauh mana karya sastra itu mampu mendeskripsikan objek yangsebenarnya.

Jeniskrtik tersebut adalah kritik ....

A.pragmatik

B.ekspresif

C.mimetik

D.objektif


2.Dalam puisi“Dijari Matamu Ada Rindu” karya Hamami Adaby menyampaikan perasaan kerinduan.hal tadi terdapat dalam seluruh bait misalnya dalam baris /dijari manismu adarindu/, /terasa lama denyut nadi membeban/. Perasan penyair yang kerinduankepada sang kekasih sehingga menggambarkan rasa gelisah, gundah, galau karenadi jari sang kekasih yang cantik dan mungil menggoda dan nir terdapat kabardari sang kekasih sebagai akibatnya penyair merasa ada beban yg dipergelangantangannya. Meskipun terdapat sebuah beban namun hati penyair merasa kerinduansehingga terlihat khas romastis. (//sinaubsi.blogspot.com/p/kritik-sastra-pendekatan-ekaspresif.html)


Ciriyang memberitahuakn bahwa penggalankritiktersebut termasuk jenis kritik ekspresif merupakan ...."


A.Memandang karya sastra menjadi tiruan alam

B.Menitik beratkan dalam diri penulis karya sastra

C.Memandang karya sastra menjadi indera buat mencapai tujuan

D.Memandang karya sastra menjadi sesuatu yang mendiri bebasterhadap lingkungan sekitarnya

3.Latartempat biasa diklaim latar fisik. Latar ini dapat berupa daerah, bangunan,mobil, taman, gereja serta sejenisnya. Latar tempat yang ada dalam cerpen Wangikarya Korri Layun Rampan ini jelas disebutkan sang pengarangnya, seperti kota,rumah, pemakaman dan sebagainya : “Manusia bersedih lantaran dirinya sendiri.kekasih kita yang sudah tiada, karena memang tiba berdasarkan Tiada yang Maha Ada.ia sudah senang , daan tah butuhkan air mata kita.” “Sesaat saya masih memandangmakam bertanah merah, dan aku seakan dipeluk Mas Joni. Seakan saya digandengsaat hari pengantin.” (//abunaim28.blogspot.com/2015/12/analisis-kritik-sastra-objektif-cerpen.html).

Ciri yg menunjukkan bahwa penggalantersebut adalah jenis kritik objektif adalah…..

A.Memandang karya sastra menjadi sesuatu yg berdikari bebasterhadap lingkungan sekitarnya

B.Menitik beratkan dalam diri penulis karya sastra

C.Memandang karya sastra menjadi tiruan alam

D.Memandang karya sastra menjadi indera buat mencapai tujuan

Pembahasan


Jenis kritiksastra dari Abrams adalah menjadi berikut.

A.KritikMimetik

Kritik jenis inimemandang karya sastra menjadi tiruan aspek-aspek alam. Karya sastra dianggapsebagai cerminan atau penggambaran global nyata, sehingga berukuran yg digunakanadalah sejauh mana karya sastra itu bisa menggambarkan objek yg sebenarnya.


B. KritikPragmatik

Kritik jenis inimemandang karya sastra menjadi alat untuk mencapai tujuan (mendapatkan sesuatuyang diharapkan). Tujuan karya sastra pada umumnya bersifat edukatif, estetis,atau politis.


C. KritikEkspresif

Kritik ekspresifmenitikberatkan dalam diri penulis karya sastra itu. Kritik ekspresif meyakinibahwa sastrawan (penulis) karya sastra adalah unsur pokok yang melahirkanpikiran-pikiran, persepsi-persepsi, serta perasaan yang dikombinasikan dalamkarya sastra.


D. KritikObjektif

Kritik jenis inimemandang karya sastra menjadi sesuatu yg berdikari, bebas terhadap lingkungansekitarnya; berdasarkan penyair, pembaca, dan global sekitarnya. Karya sastra merupakansebuah holistik yg mencakupi dirinya.
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI KRITIK SASTRA
BACA RINGKASAN MATERI PROFESIONAL KRITIK SASTRA
BACA JUGA SOAL ALIRAN LINGUISTIK

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel