103 Pramuka Penegak Ikuti Seleksi UBALOKA

Purwokerto - Di Stadion Satria Purwokerto, Minggu (20/10/2013), 103 anggota Pramuka rela menghabiskan hari liburnya buat sebagai calon Relawan Pramuka yang tergabung pada Korps UBALOKA (Unit Bantu Pertolongan Pramuka).

Mereka diwajibkan lari di tengah lapangan selama 6 mnt dilanjutkan menggunakan push up dan set up masing-masing 1 mnt. Test Jasamani atau Kesamaptaan ini wajib mereka ikuti, lantaran sebagai salah satu syarat yg harus diikuti. Ada yang lari kencang seakan tidak merasa panasnya surya, ada yang terengah-engah, bahkan ada yg hingga muntah-muntah.

Ketua Sanngga Kerja, Diana Dwi Putra mengungkapkan  Seleksi Calon Ubaloka ini digelar oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Banyumas, dilaksanakan 2 hari, Sabtu serta Minggu, (19/10) dan (20/10/2013).

Tahun ini, Seleksi UBALOKA diikuti sang 103 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Perutusan menurut Pangkalan dan Kwartir Ranting se- Kabupaten Banyumas, 32  antara lain anggota Pramuka Putri. 

“Hari Sabtu, peserta mengikuti tes kemampuan Berenang Gaya Bebas dan Water Trappen. Hari ini seleksi kesamaptaan, sebelumnya mereka mengikuti cek riwayat kesehatan berupa pengecekkan tinggi badan, berat badan dan tensi, dan tes tertulis,”  kata Diana, Minggu (20/10/2013).

Setelah melaksanakan Tes Kesamaptaan, peserta lalu mengikuti wawancara. Wawancara berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh minat dan kesanggupan peserta seleksi dalam mengikuti Gladi Tangguh Ubaloka, termasuk dukungan dari pihak sekolah dan terutama berdasarkan pihak orang tua. Lantaran Anggota UBALOKA nantinya mempunyai tugas yang tidak gampang, yaitu bertugas dalam Bidang Kemanusiaan, khususnya di Search and Rescue, disamping melaksanakan juga tugasnya menjadi anggota Pramuka serta menjadi pelajar.

Setelah melalui semua proses seleksi, dari 103 peserta akan dipilih 40 calon Anggota UBALOKA yg nantinya akan mengikuti tahapan Gladi Tangguh dan yang lulus akan resmi menjadi anggota UBALOKA Banyumas.

Komandan UBALOKA Banyumas, Kuswanto menegaskan, bahwa sebagai anggota UBALOKA memiliki tanggung jawab yang akbar, bukan buat gagah-gagahan. “Dalam proses Gladi Tangguh nantinya, peserta harus mematuhi seluruh anggaran yang ada, lantaran sistem pendidikan UBALOKA merupakan Sistem Komando serta Sistem Disiplin Penuh” pesan Kuswanto.

Sumber : //rri.co.id/index.php/informasi/74348/103-Pramuka-Penegak-Ikuti-Seleksi-UBALOKA#.umtl_1M2Dk8

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel