200 Ribu Pramuka seJatim Ikuti Perkemahan Terbesar di Indonesia


200.000 Pramuka taraf sekolah dasar se-Jawa Timur mengikuti perkemahan yg dibuka semalam pada Bumi Perkemahan Nogosaren, Kab Probolinggo, Jawa Timur (6/1/2015). Pembukaan yg berakhir pada pukul 22.00 WIB ini berlangsung meriah. “senengnya mas, sanggup lihat anak-anak dari penjuru Jatim disini, aku ingin anak aku aktif pada Pramuka nanti” ujar Yumini masyarakat lebih kurang sambil menggendong bayinya.


“Sepertinya ini perkemahan terbesar yg diikuti sang Pramuka”, ujar Saifullah Yusuf (Ketua Kwarda Jawa Timur) pada sambutannya. Menurut Wakil Gubernur Jatim ini, Pramuka harus pintar, berakhlak baik, rajin ibadah, andal, sopan dan terampil. “Generasi Indonesia mendatang akan lebih baik, serta adik-adik Pramuka disini berakibat kita semua semakin optimis”, celoteh Gus Ipul disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu Kak Suriyadi, Wakil Ketua Kwartir nasiobal (Kwarnas) Gerakan Pramuka membicarakan bahwa perkemahan ini menumbuhkan saling pengertian antar generasi seangkatan. Kwarda Jatim menanamkan banyak sekali nilai-nilai luhur kepramukaan melalui kegiatan yang sangat menarik ini. “20 tahun lagi, adik-adik ini berusia 30-an, di tahun 2035 itulah mereka akan jadi insan-insan kebanggaan Indonesia, bahkan global” ungkapnya bersemangat.

Hadir pula pada pembukaan aktivitas tersebut Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo), Timbul Prihanjoko (Ketua Kwarcab Kab Probolinggo). “Ini pula ajang promosi bagi Probolinggo, kami bahagia Tari Gelipang spesial Probolinggo ditampilkan” ujar Puput. Nampak juga beberapa ketua Kwarcab serta pengurus Pramuka dilingkungan Kwarda Jawa Timur. 

Sementara menurut Kwarnas Gerakan Pramuka hadir andalan nasional, seniman Olivia Zalianty serta Hariqo Wibawa Satria. Warga kurang lebih jua mendirikan berbagai warung menyambut banyak sekali kontingen yang tiba.

Kak Sunyoto Hadi Prayitno, Sekretaris Kwarda Jatim yg ditemui sebelum acara menjelaskan bahwa ini konsep baru perkemahan. Perkemahan ini diadakan serentak serta maraton di 38 Kota/Kab se Jawa Timur. Dalam "East Java Scouts Challenge2019" ini Peserta akan diuji kecakapan, keberanian, kekompakan menggunakan banyak sekali tantangan yang menyenangkan. “Acara ini sekaligus, menguji kualitas koodinasi antar sesama Kwarcab, dan aku optimis dalam penutupan pada Gresik nanti kita semua akan bangga”, tutup laki-laki yang biasa dipanggil Kak Nyoto ini.

*Dari Bumi Perkemahan Nogosaren, Kec Gading, Kab Probolinggo
Salam Pramuka, Hariqo Wibawa Satria, @hariqo (Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Kominfo)

//pramuka.or.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel