7 JENIS KERUSAKAN YANG ADA PADA KAPAL FIBER

7 JENIS KERUSAKAN YANG ADA PADA KAPAL FIBER - Kapal Fiber juga sanggup mengalami hal kerusakan. Dimana menggunakan Kita Mengetahui akan hal kerusakan maka menggunakan sendirinya pemilik kapal mampu untuk memperbaikinya.

7 JENIS KERUSAKAN YANG ADA PADA KAPAL FIBER


Jenis Kerusakan dalam kapal fiber sangat banyak dan dengan kita mengetahui akan kerusakan setidaknya akan mempermudah dan memperlancar kegiatan dalam hal perawatan kapal berbahan fiber.
Jenis jenis Kerusakan yang terdapat dalam kapal berbahan fiber diantaranya 

1.  kerusakan kapal fiberglass dampak Kebocoran badan Kapal

Kebocoran adalah tipe kerusakan kapal fiberglass yang tak jarang ditemui. Tabrakan dengan kapal lain, benda asing dilaut, atau dok yang sulit ditemukan  oleh operator karena tidak terdengar saat menabrak objek tersebut lantaran suara bising mesin. 

Biasanya kebocoran atau grounding akan diketahui minimal dengan inspeksi visual berdasarkan kerusakaan yang dicurigai. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana buat bagian yg tidak bisa pada inspeksi menggunakan visual? 

Maka hal yang wajib dilakukan merupakan memakai teknik tapping, menandai wilayah yang dicurigai terjadi kerusakan, jika sudah konfirm maka langkah selanjutnya adalah menciptakan lubang mini untuk dilakukan pemugaran.

Untuk mengatasi kebovoran kapal akibat menabrak benda asing merupakan memeriksa kapal setiap kali menabrak benda asing, serta jangan memakai mesin yang lebih besar daripada yang disarankan dikarenakan getaran yg lebih besar serta berat kapal. Apabila ditemukan kerusakan yang nampak dipermukaan kapal maka secepatnya dilakukan perbaikan.
2.  Delaminasi (antara lapisan atau skin ke inti pengikat)

Delaminasi diantara laminasi tidak dapat dilihat secara visual, meskipun kadang-kadang panel akan lebih “lunak” saat terkena beban. 

Pngetukan atau ultrasonic sebagai galat stau cara buat mengetahui jenis kerusakan ini. 


Pengetahuan tentang konstruksi serta struktur interior adalah nilai berdasarkan NDE buat mendeteksi kerusakan delaminasi dalam kapal FRP. 

Sebelum menginvestigasi kerusakan deliminasi maka yg harus kita ketahui adalah berapa permission untuk delaminasi atau berukuran void yg diijinkan. Secara sederhana satu inch diameter delaminasi tidak akan berpangaruh signifikan terhadap performa konstruksi

Baca Juga ; Perbaikan Kapal Berbahan FIber Glass

3. Fracture atau Debonding penegar internal, sekat serta sambungan

Penegar internal menarik beban dan terdapat konsentrasi beban. Hal ini menjadi hal yang rupawan lantaran beban yang diterima oleh badan kapal di teruskan ke penegar (karena bila badan kapal yang rusak maka kapal akan tenggelam). 

Hal buruknya merupakan penegar ini nir selalu dapat diakses buat inspeksi visual dikarenakan masih ada interior serta finishing yang dipasang pada kapal yg menambah keindahan kapal FRP. Sering penegar yg rusak diketahui oleh tegangan retak yang terlihat dari panel yang ditumpunya.
4. Kegagalan Sambungan Geladak

Sambungan dek yang ditujukan pada beban hull menyeluruh dan pula harus tahan dalam docking. Area ini juga adalah sebagai kunci cek point penjaminan mutu selama pembangunan kapal. Sebagai galat satu titik kritis dimana pengikat mekanik serta adhesive di bangun dan di desain. 

Kerusakan pada sambungan dek umumnya terlihat dalam exterior namun mencari dengan metode intrusi air jua cukup membantu. Dikarenakan geometri dari sambungan dek yang cukup komplek, beberapa teknik NDE tidak cocok pada investigasi kegagalan pada sambungan dek

5.  Air yg masuk kedalam core.

Air yg masuk kedalam core dari laminasi sandwich sulit buat diamati. Penyebab berdasarkan adanya air yang masuk ke pada core umumnya terjadi dikarenakan saat membuat lubang menurut hull kapal, dan lalu menutupnya umumnya nir paripurna sehingga mengakibatkan air mampu masuk kedalam core. 

Jika dipakai dengan benar, meteran kelembaban bisa mengindikas variasi kelembaban dalam laminasi. Pencitraan termografik dengankamera infra merah sangat berguna buat menentukan lokasi berdasarkan air yg terperangkap di dalam laminasi sandwich.
6. Crack pada Gelcoat

Gelcoat yg baik akan mempertinggi nilai jual kapal, lantaran semakin bagun penampilan gel coat maka pembeli akan semakin tertarik. Berbdeda dengan metal, crack pada fiberglass jarang merambat melalui ketebalan menurut laminasi yg nantinya akan mengakibatkan kerusakan. 

Gel coat rusak dalam level regangan yang rendah dibandingkan menggunakan struktur laminasi, sebagai akibatnya tegangan pada gelcoat mengalami keretakan yang secara definisi adalah permukaan laminasi, pemeriksaan visual adalah cara paling efektif buat teknik NDE, kadang-kadang penggunaan dye penetran pula sanggup digunakan buat meyakinkan pemeriksaan visual.
7. Cacat diakibatkan sang manufaktur

Sebagian besar kerusakan kapal fiberglass akibat manufaktur bisa ditemukan melalui inspeksi visual yang cermat. Hal ini adalah tahap krusial yg harus dilakukan sebelum element strukturan ditutup sang interior. 

Galangan yang sadar akan pentingnya inspeksi tersebut dapat meminimalkan klaim garansi di masa yang akan tiba serta menaikkan nama perusahaannya. Pada kerusakaan ini mampu dilakukan pemeriksaan menggunakan infra merah yg dpaat menampakan ronggra dibawah gel coat.

Baca Juga ;


Material Kapal Perikanan



Kriteria Galangan Kapal Fiberglass

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel