8 Tugas Utama Pemimpin Dalam Organisasi


Tugas pemimpin secara umum adalah membimbing dan mengarahkan anggota tim, grup atau organisasi supaya bisa menuju kearah yg sesuai dengan visi, misi serta tujuan  yg sudah dibuat bersama. Lantaran Pemimpin adalah orang yg memiliki beban tanggung jawab atas tercapainya visi, misi dan tujuan tadi.
baca jua :

Simple.. Tapi benarkah sesimple itu tugas seorang pemimpin ? Bagaimana sih maksud berdasarkan tugas pemimpin yg membimbing dan mengarahkan tersebut ? Apakah senang memerintah? Apakah suka bekerja ? Atau cuma ngewasi aja ? Atau membuat segudang anggaran ini dan itu? Atau ????
Ok.. Akan kita bahas sedetail mungkin di sini.
Pertama waktu kita mempelajari materi keorganisasian kita tau bahwa, Seorang pemimpin hadir ditengah-tengah sekumpulan orang yg memiliki tujuan, harapan, asa, virtual yg sama. Kehadirian pemimpin ini dimaksudkan supaya setiap pergerakan orang-orang pada pada kelompok menjadi lebih penekanan serta terarah sehingga tujuan segera tercapai.
Kehadiran pemimpin pun sebenarnya tidak dan merta hadir begitu saja, terdapat prosesi yg wajib dilewati terlebih dahulu, mengingat tanggung jawab akan virtual, tujuan dan asa semua orang yg nantinya akan dibebankan padanya.
Di pada rangkaian prosesi pemilihan seorang pemimpin tersebut selalu diusahakan serta dibutuhkan untuk memperoleh seorang pemimpin yang setidaknya memilik sifat-sifat berikut :
- Amanah
- ‎Jujur
- ‎Komunikatif
- ‎Cerdas
Karena sifat-sifat tersebut sangatlah berpengaruh terhadap peran seseorang pemimpin pada tugas tugas yang akan dia emban.

8 Tugas Utama Seorang Pemimpin

Tugas seseorang pemimpin sebenarnya sangatlah banyak, bergantung dengan visi, misi serta tujuan berdasarkan tim, grup, komunitas, club atau organisasi yg beliau pimpin.

Dalam pembagian terstruktur mengenai atas pengertian tugas pemimpin yg membimbing dan mengarahkan organisasi dapat kita break down menjadi 8 point tugas utama seseorang pemimpin :

1. Problem Solving
Mustahil bila sebuah gerombolan , tim, ataupun organisasi terbebas dari suatu kasus, telah hukum alam  apabila satu orang dengan orang lain berkumpul serta mempunyai perbedaan pendapat serta cara pandang terhadap suatu permasalah yang harus berujung dalam permasalahan dan pada sinilah kiprah seseorang pemimpin buat menjadi tokoh penyelesai perkara yg merampungkan kasus menggunakan segala data, informasi, kecerdasan dan kebijaksanaan yang dimiliki.

Pantang bagi seorang pemimpin menyelesaikan kasus tanpa adanya data dan berita yg valid. Pemimpin pula wajib siap akan persoalan yang datang menurut luar sebab pertarungan nir hanya terjadi atau asal dari internal organisasi tapi juga terjadi berasal dari eksternal organisasi.

2. Memberi Suggesti
Suggesti atau rangsangan terhadap anggota organisasi adalah harus dilakukan sang seorang pemimpin, mengingat eksistensi orang atau individu pada pada organisasi tidak selalu sejalan dengan visi, misi serta tujuan organisasi, meskipun hal tadi dilakukan atas pencerahan sendiri maupun tidak, faktanya banyak anggota-anggota organisasi dengan atau tanpa disadari sudah melakukan tindakan yg sebenarnya bertentangan dengan visi, misi serta tujuan organisasi. Dan tugas seorang pemimpin merupakan merangsang atau menghipnotis anggota organisasi agar permanen menjaga kehormatan organisasi, kekompakan antar anggota serta tetap bergerak dijalur yg telah ditentukan.

3. Support
Support atau pendukung adalah keliru satu tugas pemimpin, meskipun pemimpin berada pada barisan terdepan pada organisasi akan tetapi perlu diketahui bahwa pemimpin jua bertanggung jawab atas kemajuan anggota-anggotanya pada melaksanakan program kerja yang sudah dipengaruhi oleh organisasi.

Jika anggota tidak mendapat dukungan menurut pemimpin maka bisa jadi program kerja tidak bekerja sesuai dengan rel yg telah dibuat.

4. Katalisator
Dalam organisasi ada kalanya anggota mencicipi kejenuhan dengan kegiatan yg dirasa monoton sebagai akibatnya kinerja anggota organisasi menurun sehingga kiprah pemimpin menjadi katalisator sangat dibutuhkan untuk menaruh rangsangan, motivasi supaya angggota terus menggerakkan serta beesemangat untuk berorganisasi yg baik, dengan begitu kekompakkan, kinerja serta semangat anggota tetap terjaga.

5. Pelindung
Dengan keanekaragaman karakter yang bercampur pada dalam organisasi seringkali menyebabkan rasa nir nyama yg menciptakan beberapa anggota merasa nir kondusif serta khawatir "tertular" norma atau konduite yg dipercaya "jelek" berdasarkan anggota yg lain, sehingga seseorang pemimpin perlu menaruh proteksi serta membangun iklim (suasana) organisasi yang nyaman bagi anggotanya.

Hal ini bisa dilakukan dengan menaruh beberapa anggaran  serta menerapkan hukuman tegas terhadap pelanggaran terhadap anggaran yg telah dibentuk.

6. Mewakili Organisasi
Meskipun organisasi mempunyai poly anggota dan masing-masing anggota ikut sebagai wakil organisasi tetapi perlu diingat yg berada dibaris terdepan adalah pemimpin. 

Selain mengurusi anggota dan pengelolaan internal organisasi itu sendiri, Tugas pemimpin yang sangat jelas adalah mewakili organisasi. 
Hal ini dapat terlihat saat terdapat serikat antar club, komunitas, atau organisasi untuk membahas suatu acara kegiatan beserta.

Sehingga pada sini pemimpin memiliki tugas menghubungkan organisasinya sendiri dengan organisasi lain.

7. Sumber Inpirasi
Tidak bisa dipungkiri bahwa karakter yg melekat pada diri seorang pemimpin tak jarang dijadikan sebagai tolok ukur karakter secara umum berdasarkan suatu organisasi. Baik atau buruknya organisai terdapat pada pemimpin.  Kesimpulan tadi berdasarkan pada "pemimpin adalah model" yg dapat ditiru dan menjadi ide  bagi anggota-anggotanya.

Tak sporadis jika seorang pemimpin yg menaruh model tidak baik dapat menyebabkan pertentangan serta berujung dalam ketidak percayaan anggota pada pemimpin. Bisa jadi timbul grup baru dalam organisasi yg menentang kepemimpinan seorang pemimpin.

8. Memberi kepercayaan
Memberikan agama kepada anggota adalah keliru satu tugas pemimpin yg sangat mendasar, karena dengan memberikan kepercayaan pada anggota adalah bentuk pengakuan seseorang pemimpin terhadap kompetensi atau kemampuan atas anggota-anggotanya dalam menjalankan tugas berdasarkan organisasi.

Pengakuan atau kepercayaan yg diberikan dalam anggota, secara tidak pribadi bisa mendongkrak pencapaian terbaik dari anggota-anggotanya.

Selain menaruh agama, seseorang pemimpin harus menaruh suatu penghargaan atau reward atas pencapaian yg dicapai oleh anggotanya.

Dengan memahami 8 tugas pemimpin pada atas diharapkan seseorang pemimpin bisa membawa organisasinya mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan tanpa ada perpecahan dan pertarungan lain pada tim, gerombolan , komunitas, club atau organisasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel