Definisi Organisasi dan Contoh Struktur Organisasi Sederhana


Membahas soal struktur organisasi pasti nir tanggal berdasarkan yang namanya organisasi, ciri organisasi, unsur serta tujuan organisasi itu diciptakan. Sebab untuk apa suatu organisasi dibentuk, apabila nir mempunyai tujuan yang kentara. Rugi.... Jadi pada sini akan kita bahas melalui gugusan materi keorganisasian mulai apa itu organisasi sampai bagaimana bentuk struktur organisasi sederhana.
Materi Organisasi merupakan materi yang membahas tentang segala sesuatu serta seluk beluk organisasi. Materi ini memiliki muatan pokok yang wajib dimiliki anggota supaya tahu apa yg sebagai Hak serta Kewajiban, pula soal koordinasi dan pertanggung jawaban.
Di Shunt, materi keorganisasian selalu diberikan dalam saat pendidikan serta latihan (DIKLAT) anggota baru menjadi materi dasar berorganisasi, tanpa mengerti keorganisasian, Organisasi ataupun Anggota organisasi akan mengalami kesulitan dalam menjalankan serta mencapai visi, misi dan tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi

Jika kita membahas keorganisasian maka kita perlu tau apa itu organisasi ? Sebab istilah dasar menurut keorganisasian merupakan organisasi. Meskipun banyak definisi yang tidak selaras menurut para pakar mengenai pengertian organisasi, namun kita masih tetap bisa merogoh garis primer berdasarkan definisi organisasi, yaitu organisasi adalah suatu wadah yang dibuat sebagai tempat buat berkumpul, bekerja sama secara rasional, sistematis, terpimpin, berkala, dengan memanfaatkan asal daya, infrastruktur serta lain-lain yang dapat dipergunakan buat mewujudkan tujuan organisasi.
baca jua :

Materi Dasar Kepemimpinan8 Tugas Pokok PemimpinPeran dan Tugas Sekretaris

Ciri-ciri Organisasi

Sampai pada sini poly orang yang bingung soal perbedaan organisasi serta komunitas. Ada yg tau?

Baik, secara generik terdapat lima yg sanggup kita lihat berdasarkan karakteristik-karakteristik organisasi :

1. Adanya pimpinan serta Anggota/Bawahan.
2. ‎Terdapat Kerjasama Yang Tersetruktur.
3. ‎Mempunyai Tujuan serta Target
4. ‎Adanya Aturan tertulis yg wajib ditaati
5. ‎Pembagian / delegasi Tugas.


Berbeda menggunakan Komunitas, komunitas hampir seperti menggunakan organisasi, hanya saja TIDAK memiliki Aturan Tertulis yang dikenal menjadi AD/ART sebagai akibatnya tidak terdapat ikatan sama sekali kecuali kecenderungan, hobi contohnya.

Sedangkan berdasarkan seorang pakar bernama Berelson dan Steiner (1964). Menyatakan Organisasi setidaknya memiliki empat karakteristik yaitu :

  • Formalitas, ciri organisasi yang menunjuk adanya perumusan tertulis pada peraturan, ketetapan, kebijakan, prosedur, tujuan, setrategi, serta sebagainya.

  • Hierarki, menunjuk pada suatu pola kekuasaaan serta wewenang baik pengurus juga anggota yg menciptakan piramida. Dimana paling zenit adalah Pemimpin.

  • Besarnya & Kompleksnya, nir sama misalnya group, organisasi pada biasanya memiliki banyak anggota umumnya interaksi antar anggota tidak mampu eksklusif pada menjalankan tugas serta kewenangan, sehingga dibutuhkan sebuah anggaran buat bertindak yg dianggap “birokrasi”.

  • Lamanya (Duration), memberitahuakn bahwa keberadaan (keberasaan) organisasi lebih usang daripada keberadaan keanggotaan dalam organisasi itu sendiri atau reorganisasi alias pergantian pengurus.

Tujuan Organisasi

Sesuai dengan defisini organisasi di atas, bahwa organisasi terbentuk dari sekumpulan orang yg mempunyai visi, misi serta tujuan yang sama, yang lalu dipilih keliru seorang dari kelompok tersebut buat sebagai ketua atau pempimpin dalam gerombolan tersebut serta dibuatkan sebuah aturan-anggaran yg mengikat sekaligus menjadi landasan dalam mencapai visi, misi dan tujuan. Aturan ini jua biasa dianggap AD/ART (Anggaram Dasar, Anggaran Rumah Tangga).

Sehingga tujuan organisasi dibuat adalah mencapai visi, misi dan tujuan menurut seluruh anggotanya.

Struktur Organisasi Sederhana

Berbeda dengan komunitas, organisasi memiliki struktur organisasi yg menjelaskan alur birokrasi, posisi serta tanggung jawab pengurus. Pengurus merupakan anggota-anggota yang dipilih untul mengisi jabatan-jabatan pada organisasi, dimana jabatan-jabatan dalam organisasi paling sederhana adalah :

1. Pemimpin atau Ketua
2. ‎Sekretaris
3. ‎Bendahara
4. ‎Seksi-seksi

Jabatan-jabatan di atas antara satu organisasi menggunakan organisasi lain mampu tidak selaras karena jabatan tersebut dibuat sesuai kebutuhan organisasi.

Di dalam struktur Organisasi Shunt

1. Ketua Umum
2. ‎Ketua Harian
3. ‎Sekretaris
4. ‎Bendahara
5. ‎Bidang (Seksi-Seksi)
     - Bid. Peralatan dan perlingkapan
     ‎- Bid. Pendidikan dan Pelatihan
     ‎- Bid. Tebing Alam
     ‎- Bid. Olahraga (Atlet)
     ‎- Unit. SAR
     - Litbang

Yang masing-masing memiliki tugas dan wewenang dalam organisasi. Yang dijabarkan menjadi berikut :
1. Ketua Umum merupakan pimpinan utama dalam struktur organisasi yg bertanggung jawab penuh atas setiap program kerja, visi, misi serta tujuan organisasi, baca 8 tugas pemimpin organisasi.

2. ‎Ketua Harian, mempunyai kewenangan serta tanggung jawab yang sama menggunakan Ketua Umum hanya saja Ketua Harian bertugas menjadi pengganti Ketua Umum.

3. ‎Sekretaris, bertugas melakukan pengarsipan dokumen organisasi, menciptakan schedule dari keputusan rapat dan memastikan bisa terealisasi menggunakan cara mengingatkan Ketua terhadap schedule.

4. ‎Bendahara, bertugas mengatur keuangan organisasi, dari bagaimana cara mendapatkan hingga mengelola buat kebutuhan organisasi.

5. ‎Bidang, merupakan penjabaran dari program kerja organisasi yg setiap tahun diadakan seperti, Recruitment Anggota ( Diklat), mengikut kompetisi/lomba, pengadaan serta perawatan alat, pendataan serta perawatan tebing dan mengikuti pembinaan serta relawan SAR. Sehingga diharapkan orang-orang spesifik buat menjadi pemimpin bidang agar acara dapat dikerjakan lebih fokus.

Contoh Struktur Organisasi



Dapat dicermati bahwa terdapat garis putus-putus serta garis lurus, dimana garis putus-putus merupakan garis koordinasi, maksudnya antar jabatan, antar bidang bisa saling berkoordinasi bila memiliki acara kerja yang sama atau jadwal yg sama.

Sedangkan garis lurus merupakan garis pertanggung jawaban maksudnya setiap jabatan serta bidang bertanggung jawab langsung kepada kepala Harian, kepala Harian bertanggung jawab langsung dalam kepala Umum.

Selain soal struktur organisasi, kalian jua bisa klik materi organisasi buat melihat materi-materi lain. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel