ALAT PENANGKAPAN IKAN BAGAN TANCAP

403 Forbidden

Forbidden


Sejarah Tancap.

on this server.
diperkenal oleh nelayan Bugis-Makassar sekitar tahun 1950-an.  Selanjutnya dalam waktu relatif singkat sudah dikenal di seluruh indonesia.  


error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.


tancap dalam perkembangannya  telah banyak mengalami perubahan, baik bentuk maupun ukuran yang dimodifikasi sedekian rupa sehingga sehingga sesuai dengan daerah penangkapannya.  






Bahkan Dalam perkembangan selanjutnya Tancap sudah di lakukan uji coba Oleh BBPI Semarang dengan berinovasi menjadi ikan Lipat



tancap umumnya berbahan utama bambu dan jaring waring.rangkaian atau susunan bambu berbentuk segi empat yang ditancapkan sehingga berdiri kokoh diatas perairan, dimana pada tengah bangunan tersebut dipasang jaring.


Agar tidak bergeser atau pindah dari lokasi awal. Dengan kata lain ini sifatnya inmobile. 




Spesifikasi

tancap adalah alat penangkapan ikan yang terbuat dari batang bambu atau kayu yang dirakit membentuk persegi dan ditancapkan diperairan yg tidak terlalu pada dan memiliki dasar perairan yg berlumpur atau berpasir, 


  • Tancap mempunyai Spek atau bagian antara lain :
  • tuas Dari Bambu besar seperti Bambu Petung
  • Palang Dari bambu Kecil
Unsur utama dari merupakan penggunaan lampu. Lampu digunakan buat menarik formasi ikan-ikan yg mempunyai sifat fototaksis positif. Pada dasarnya susunan menurut terdiri atas dua bagian yaitu Rumah dan Daun . 
Daun ini terbuat menurut waring plastik yg berbentuk seperti kantong akbar yang keempat sisinya diikatkan dalam bambu. 

Daun ini dapat dinaik-turunkan dengan memakai penggulung/roller (sistemnya misalnya katrol) yg diletakkan dibagian atas atau dianggap menggunakan plataran (flat form). 

Lantaran alat ini sifatnya pasif dan menunggu ikan-ikan mini   supaya mendekat & berkumpul/bergerombol dibawah sinar cahaya lampu, maka penangkapan Daun tadi menunggu sampai ikan yg berkumpul banyak. 

Setelah itu, barulah alat diangkat keatas secara vertikal sampai bingkai Daun hampir melekat dalam langit-langit Rumah . Dengan cara-cara tersebut bisa diketahui bahwa alat adalah termasuk kedalam jenis Lift net.

Teknik pengoperasian

Teknik pengoperasian umumnya dilakukan pada malam hari, dimana cara pengoperasiannya memanfaatkan sifat ikan yaitu fototaksis positif (peka terhadap rangsang cahaya). 

Dengan menggunakan cahaya sinar petromak yg sengaja pada pasang dalam , dapat merangsang ikan buat mendekati arah cahaya tersebut. Sehingga nelayan bisa memperoleh ikan menggunakan memanfaatkan sifat ikan tadi. 

Tetapi kini   para nelayan telah menggunakan lampu genset yg menggunakan bahan bakar bensin sebagai akibatnya biaya  operasionalnya lebih murah, namun bila rusak mengeluarkan biaya  yang banyak lantaran butuh orang lain buat memperbaikinya. Ikan yg tertarik dalam cahaya biasanya menyukai cahaya jelas dan tenang. 

Untuk inivasi dalam Penggunaan Lampu, Sudah ada teknologi LACUDA bahkan sudah keluar LACUDA versi 2. Selain Menggunakan Bohlam ada altternatif lain yaitu dengan Menggunakan LAmpu LED sebahai alat Bantu Penangkapan ikan Tancap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel