ALAT TANGKAP IKAN SODOK

Alat Tangkap Ikan Sodok - Sodok merupakan gerombolan pukat dorong. Pada pengoperasiannya jarring dibentangkan dalam air memakai memakai kerangka bambu atau kayu ataupun rotan. Sodok merupakan pukat dorong yang berbentuk kerucut. Disekitar jarring terbuat bisa berdasarkan bambu ataupun rotan. 

bambu yang dipakai berdiameter tiga cm menggunakan panjang sisi kanan serta  kiri bambu 207 centimeter yg terdiri menurut panjang rangka buat jaring 172 centimeter serta  sisanya 35 cm sebagai pangkal buat memegang jaring. Di alas jaring pula diberikan bambu untuk membuka jarring menggunakan berukuran 176 cm.

Sodok adalah keliru satu indera tangkap sederhana yang dalam pengoperasiannya memakai energi insan serta  umumnya para nelayan menggunakan sodok pada daerah yg dangkal dan berlumpur. 


sodok bisa dipergunakan di malam hari menggunakan memakai indera bantu lampu. Alat ini digunakan tanpa memakai perahu (bahtera hanya dipergunakan ketika fishing ground).

Alat Tangkap Ikan Sodok

Pengoperasian sodok dilakukan dengan energi manusia serta bisa dilakukan perorangan, tak menggunakan perahu. Bisa memakai bahtera dengan catatan hanya menjadi finishing saja, 


maksudnya saat memakai perahu sodok hanya buat memindahkan yang akan terjadi tangkapan setelah hauling. Kedalaman aporisma sodok 1-1,lima meter serta dipergunakan nelayan buat menangkap ikan dalam daerah berlumpur serta  dangkal.

Pada metode pengoperasian yang tidak memakai perahu, menggunakan cara membuka sisi jarring menggunakan mendorongnya kedasar bagian atas. Indera ini sanggup dipakai di siang hari jua malam hari. Walaupun terdapat yg beranggapan alat ini bukan alat tangkap ikan ramah lingkungan tetapi termasuk alat tangkap tradisional

pada malam hari sodok dalam pengoperasian dibantu memakai homogen lampu petromaks atau yg lainnya. Mula-mula sodok didorong ke dasar bagian atas, dan lampu petromaks ditempatkan diatas serok buat menarik perhatian ikan supaya ikan berkumpul disekitar daerah yang akan diserok. 

lalu sehabis berkumpul, lampu petromaks dimatikan supaya ikan tak berpencar serta permanen berada disekitar wilayah tersebut. Sehabis itu, sodok diangkat perlahan-huma lalu ketika telah mendekati bagian atas kecepatan penangkapan ditingkatkan.

Yang akan terjadi tangkapan menggunakan sodok umumnya ialah ikan lele (clarias batrachus), ikan bawal (pampus argenteus), ikan teri (stolephorus sp), ikan lemuru (sardinella lemuru), udang, ikan gurameh (osphronemus gouramy), dan kelompok ikan pelagis mungil lainnya


Alat Tangkap Ikan Sodok

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel