Arti Kiasan Tanda Kecakapan Umum TKU


  1. Kelopak bunga kelapa yg mulai merekah, mendeskripsikan pertumbuhan flora, mengibaratkan Pramuka Siaga yang sedang tumbuh sebagai tunas calon bangsa.
  2. kelopak bunga diletakkan miring, mendeskripsikan bunga kelapa yg selalu menunjukkan sudut miring terhadap batang pohonnya, mengibaratkan keterikatan Pramuka Siaga dengan keluarga dan orang tuanya.
  3. Mayang terurai bertangkai tiga butir, mendeskripsikan bunga yang telah mulai berkembang, latif serta menarik, mengibaratkan Pramuka Penggalang yg riang, lincah serta bersikap menarik, sebagai calon tunas bangsa yg sedang berkembang, menggladi dirinya menggunakan jiwa Pramuka yang berlandaskan pada Trisatya.
  4. Mayang terurai yg mekar ke samping, mengibaratkan makin terbukanya pandangan Pramuka Penggalang, dan menerima efek yg baik berdasarkan lingkungan sekitarnya.
  5. Bintang bersudut 5 mengibaratkan Ketuhanan Yang Mahaesa serta Pancasila.
  6. Dua butir tunas kelapa yang berpasangan mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerak Pramuka Penegak serta Pandega, putera dan puteri, yang sedang membina dirinya sebagai mahluk langsung, mahluk sosial dan mahluk Tuhan, menuju harapan bangsa yg tinggi, setinggi bintang di langit, buat kemudian mengabdikan dirinya ke pada dank e luar organisasi Gerakan Pramuka.
  7. Tanda Penegak Bantara, Penegak Laksana dan Pandega diletakkan pada atas pundak kiri dan kanan, mengibaratkan hadiah tanggung jawab yang tidak ringan yg dipikulnya sebagai anggota Gerakan Pramuka dan kader pembangunan bangsa serta negara.

Arti warna:
  1. warna hijau melambangkan kesegaran hayati sesuatu yang sedang tumbuh.
  2. warna merah melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.
  3. warna kuning dan kuning emas melambangkan kecerahan hayati yg menuju ke keagungan serta keluhuran budi.
  4. warna coklat melambangkan kematangan jasmani dan rohani, kedewasaan dan keteguhan.
Sumber : www.pramukanet.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel