CARA MEMBUAT BUBU IKAN DARI BAMBU

Cara Membuat Bubu Ikan Dari Bambu - Alat tangkap Bubu merupakan indera untuk menangkap ikan dikalangan nelayan serta penggunaannya masih banyak yg terbuat berdasarkan bahan alami seperti penggunaann bahan Bambu.

Alat tangkap bubu merupakan alat tangkap yang bersifat menjebak dan tergolong pasif,  Bubu sering pula dianggap perangkap (traps) dan penghadang “guiding barriers”. 

Cara kerja dari Alat tangkap ini berbentuk kurungan seperti ruangan tertutup sebagai akibatnya ikan nir bisa keluar.

Prinsip dasar menurut bubu merupakan menjebak penglihatan ikan sebagai akibatnya ikan tersebut terperangkap di dalamnya, indera ini acapkali diberi nama ftshing pots atau fishing basket
 
Pemilihan Bahan Bambu menurut pada bahan yang lainnya sepert rotan, dawai, besi, jaring, kayu dan plastik pada karenakan sifat bambu yg gampang serta mudah buat di buat.

Selain Itu harga bambu yang murah serta gampang pada temukan berakibat bambu keliru satu bahan yg populer buat membuat alat tangkap Bubu.

Pembuatan alat tangkap Bubu temasuk dalam kategori alat tangkap ramah lingkungan serta penggunaannya sangat mudah buat pada operasikan. Mengenal indera tangkap Bubu karena alat tangkap ini terdiri dari beberapa bagian antara lain tubuh bubu, ekspresi bubu, dan badan bubu.

Cara Pembuatan Bubu Ikan berdasarkan Bambu

- Siapkan Batang bambu, Bilah sebagai rabat potongan kecil sepanjang satu meter atau sinkron menggunakan panjang bubu ikan yang diingkan

- Potongan bambu tadi di bilah kecil kecil dan pada haluskan menggunakan pisau

- Rangkai Bilah Bilah bambu dan di anyam menggunakan tutus bambu atau tali

- Bentuk Bubu berdasarkan bambu bermacam macam ada yang kotak ada pula yang berbentuk kerucut serta slinder

Adapun Bentuk Bentuk Bubu Ikan dari Bambu diantaranya :

- Bentuk Bubu Trapesium atau segi 5

- Bentuk Bubu Slinder

Demikian artikel tentang Cara membuat Bubu Ikan dari Bambu semoga artikel ini Bisa berguna.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel