CARA MEMPERBAIKI JARING IKAN

Cara Memperbaiki Jaring Ikan - Dalam Memperbaiki Jaring pastinya kita akan menemui kata menjurai. Sebenarnya Jurai jaring merupakan bagian menurut perbaikan jaring dan setiap nelayan pada indonesia pandai pada menjurai jaring

Kerusakan pada jaring wajib cepat di perbaiki. Dalam pola pemugaran jaring antara lain Menambal, Menyambung dan memotong jaring.


Pengetahuan utama dalam mempebaiki jaring merupakan sama saja dengan pengetahuan membuat, memotong serta menyambung jarring, karena pengetahuan menyambung jaring ini kadang-kadang merupakan kombinasi atau campuran menurut pengetahuan-pengetahuan yg sudah disebutkan pada atas.


Cara Memperbaiki Jaring Ikan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki jaring yaitu;


Keterampilan membuat dan memotong jarring termasuk menyambung jarrng haruslah sudah dikuasai sahih-sahih. Dan Penguasaan tentang teknik menjurai jaring pada dapatkan umumnya dari belajar menggunakan nelayan atau mengikuti Diklat perikanan atau diklat nelayan.



Ketelitian pada menentukan bentuk-bentuk kerusakan dalam lembaran jaring dan keterampilan dalam membangun pulang sebuah kerusakan dalam jaring agar mudah diperbaiki. Lantaran pada memperbaiki jaring bila tidak teliti serta mengetahui teknik nya maka kondisi jaring akan rusak serta tidak mampu di gunakan


Tanpa mempunyai ke 2 modal dasar tadi di atas tidaklah mungkin kita dapat memperbaiki kerusakan-kerusakan pada jaring secara baik.

Memperbaiki kerusakan jaring bisa dilakukan dari besar kecilnya sobeknya jaring. Perbaikan ini bisa dibagi dua :

A. Memperbaiki kerusakan jaring menggunakan DI JURAI
Apabila kerusakannya kecil atau hanya beberapa mata saja. Untuk memperbaikinya menggunakan cara :
  1. Simpul – simpul jaring yg rusak dibuat sebagai simpul berkaki 3 dalam bagian paling atas / depan atau samping kiri sebagai awal pemugaran. Demikian jua pada bagian paling bawah / belakang atau samping kanan simpulnya dibuat kaki 3 menjadi akhir pemugaran.
  2. Kemudian simpul – simpul jaing lainnya yg rusak dibuat simpul berkaki dua baik simpul mesh mauun pointnya.
  3. Bekas potongan simpul mesh dibersihkan kecuai simpul point cukup dipotong pendek.
  4. Kemudian dilakukan pemugaran sebagaimana kita menjurai.
B. Memperbaiki / menjurai  kerusakan jaring dengan MENAMBAL 

Apabila kerusakannya relatif lebar  dan buat perbaikannya dengan cara dijurai   memerlukan ketika lama . 

Untuk menambal jaring caranya :


- Bagian jaring yg rusak dibentuk persegi panjang sinkron kerusakannya

- Semua simpul bagian jaring yang rusak / robek dibuat simpul berkaki dua 

- Bekas rabat simpul mesh dibersihkan dan simpul poinnya dipotong pendek

- Jaring penambalnya juga dibuat persegi panjang menggunakan jumlah mesh (mendatar) maupn ponnya (tegak) masing – masing dikurangi satu mata. 

Misalnya bagian jaring yg akan ditambal julah mendatar 20 mata dan tegaknya 10 mata, maka jaring penambalnya jumlah mendatar (mesh) 19 mata serta jumlah tegak (point) 9 mata.

- Bekas rabat simpul mesh dibersihkan dan simpul poinnya dipotong pendek.

- Perbaikannya diawali dalam simpul mesh bagian keliru satu sudut jaring yang akan ditambal serta selanjutnya disambung sebagaimana menyambung mesh menggunakan mesh maupun point dengan point serta berakhir dalam simpul berkaki tiga sebagai mana tempat awal perbaikan.



Sumber : Burhanudin. Modul Perawatan dan Perbaikan Jaring Ikan. BPPP Tegal

Semoga Bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel