CARA MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP DOGOL

Cara Menggunakan Alat Tangkap Dogol - Penangkapan Ikan telah berkembang pada beberapa tahun belakangan waktu ini yang sebagai kenyataan adalah indera tangkap cantrang dan indera tangkap dogol. 

Walaupun sebagai kenyataan tetapi cara pengoperasiannya masih terbilang sangat poly. Ada beberapa
cara gampang memakai indera tangkap dogol yg berkembang pada aneka macam wilayah.

Nah untuk mnegetahui tentang cara menggunakan indera tangkap dogol kita mampu melihat pedoman yg terdapat pada bawah ini.

Cara Menggunakan Alat Tangkap Dogol


dimulai dengan penurunan pelampung pertanda yang berfungsi buat memudahkan pengambilan tali selambar dalam saat akan dilakukan hauling. 

Setelah pelampung tanda diturunkan kemudian tali salambar kanan diturunkan lalu sayap sebelah kanan, lalu badan sebelah kanan, kemudian kantong, sehabis itu badan sebelah kiri, kemudian sayap sebelah kiri, kemudian galat satu ujung tali salambar kiri yg tidak terikat dengan sayap dililitkan pada gardan sebelah kiri. Pada saat melakukan setting kapal berkiprah melingkar menuju pelampung tanda.

Hauling Setelah proses setting terselesaikan, terlebih dahulu jarring dibiarkan selam ± 10 mnt buat memberi kesempatan tali salambar mencapai dasar perairan. Kapal pada waktu hauling permanen berjalan dengan kecepatan lambat. 

Hal ini dilakukan supaya pada ketika penarikan jaring, kapal tidak berkecimpung mundur lantaran berat jaring. 


Penarikan alat tangkap dibantu menggunakan alat gardan sebagai akibatnya akan lebih menghemat energi, selain itu ekuilibrium antara badan kapal sebelah kanan serta kiri kapal lebih terjamin lantaran kecepatan penarikan tali salambar sama serta pada waktu yang bersamaan. 


Dengan adanya penarikan ini maka ke 2 tali penarik dan sayap akan berkiprah saling mendekat serta mengejutkan ikan serta menggiringnya masuk kedalam kantong jaring.

Setelah diperkirakan tali salambar sudah mencapai dasar perairan maka secepat mungkin dilakukan hauling. 

Pertama-tama pelampung pertanda dinaikkan ke atas kapal, lalu tali salambar sebelah kanan yg telah ditarik ujungnya dililitkan pada gardan sebelah kanan, 


kemudian mesin gardan mulai dinyalakan bersamaan menggunakan mesin pendorong primer hingga kapal berkecimpung berlahan-lahan, 


setelah itu jaring mulai ditarik, kemudian tali salambar digulung menggunakan baik saat setelah naik keatas kapal, sayap jaring naik keatas kapal, 


lalu mesin gardan dimatikan dan bagian jaring sebelah kiri dipindahkan kesebelah kanan kapal, jaring ditarik keatas kapal,badan jaring, serta kantong yang berisi output penangkapan sang alat tangkap ikan dogol dinaikkan keatas kapal. 


Dengan dinaikkannya output tangkapan maka proses hauling selesai dilakukan serta jaring balik ditata seperti keadaan semula, sehingga dalam saat melakukan setting selanjutnya tidak mengalami kesulitan.

 sehabis kita mengetahui Cara Menggunakan penangkapan dogol yang telah aku berikan uraiannya pada atas, Silahkan terdapat baca di referensi yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel