CARA MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP GILLNET

Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net - Alat Tangkap Gillnet adalah Alat tangkap Yang ramah lingkungan lantaran Alat Tangkap Gill net Menangkap Ikan dengan Target Spesifik atau tepat target. Untuk mengoperasikan Alat tangkap ini kita wajib mengetahui terlebih dahulu atau mengenal jenis jenis alat tangkap gill net dari target tangkapan dan cara pengoperasiannya.

Nah untuk mengetahui cara menggunakan alat tangkap gill net secara umum kita bisa baca panduan serta teknik nya di bawah ini 

Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net


Persiapan, 

menuju fishing ground, pemasangan jaring (setting), menunggu (drifting), dan penarikan jaring (hauling) . Proses yg dilakukan dalam tahap persiapan adalah proses yg berkaitan menggunakan merakit serta menyusun alat tangkap gillnet milenium serta kelengkapan buat operasi penangkapan, yaitu Pelampung umbul serta tali pelampung umbul disiapkan. 

kemudian diikatkan pada ujung jaring gillnet permukaan permukaan (tali ris atas) batas antara pieces, 

Tali ris samping masing-masing piece dari 2 piece yg kontiniu pribadi diikat sebagai satu ikatan, 


Pemberat diikatkan masing-masing sebesar 2 butir pada ujung jaring gillnet bagian atas bagian bawah (tali ris bawah) batas antara piece, 


Menyusun alat tangkap gillnet permukaan dalam bagian tengah sebelah kanan kapal untuk persiapan setting, Memasang tali selambar pada ke 2 ujung jaring, serta pemasangan pelampung tanda yang sudah diberi bendera.

Kapal menggunakan alat tangkap tsb berangkat dari fishing base menuju fishing ground . 

Tahap awal pada pengoperasian merupakan penentuan fishing ground, yaitu dari pada posisi atau koordinat lokasi penangkapan yang sudah direncanakan. 


Waktu yg diharapkan dari fishing base menuju ke fishing ground tiga - 4 jam menggunakan jeda tempuh antara tiga - 4 mil.

Setting/ Penurunan indera tangkap gill net 

Setelah hingga di fishing ground  tim mulai bersiap di samping kanan kapal untuk proses setting (penurunan jaring) dimulai dengan menurunkan pelampung pertanda yg diikatkan pada ujung tali selambar ke bahari. 

Kemudian secara perlahan kapal berkecimpung mengikuti arah angin serta jaring pun mulai diturunkan dalam sebelah kanan haluan kapal.  


Dimulai menggunakan pelemparan pemberat atau badan jaring bagian bawah dahulu kemudian pelemparan pelampung umbul. 


Pelemparan pemberat dan pelampung harus dilakukan dengan sempurna agar jaring tidak terbelit sehingga dapat terentang di perairan. 


Panjang jaring yang dipakai yaitu sebesar 10-15 piece. Proses setting ini berlangsung selama ± 60 mnt.  


Tali selambar terakhir kemudian diikatkan dalam kapal supaya jaring bisa terpantau menggunakan baik.

Drifting 

Proses menunggu (drifting) dilakukan sesudah penurunan alat tangkap terselesaikan dilakukan. Proses ini dilakukan  ± 9 jam.  

Selama proses menununggu salah satu anggota diberi tugas buat mengawasi serta menjaga kapal dan alat tangkap yang sedang dioperasikan supaya terhindar menurut mobilitas atau laju kapal indera tangkap yang sedang berangkat dan akan beroperasi disekitar lokasi operasi penangkapan.

Penarikan jaring (hauling) 

dilakukan sehabis proses menunggu (drifting) selama ± 9 jam . 


Pada penarikan jaring kapal beranjak maju perlahan sampai pada posisi yg benar sinkron dengan arah arah angin, arah arus, serta posisi jaring kemudian mesin kapal dimatikan. 


Kemudian jaring mulai ditarik di samping kanan kapal dengan tangan tanpa menggunakan alat bantu penarik. Masingmasing menarik bagian atas jaring, tengah jaring, serta bagian bawah jaring.

Penarikan dimulai berdasarkan bagian jaring yg diturunkan paling akhir atau pada tali selambar bagian jaring terakhir diturunkan yg diikatkan ke kapal. 

Apabila pada waktu penarikan Alat tangkap Ikan masih ada ikan yang terjerat maka tim langsung melepaskan ikan tadi berdasarkan jeratan jaring serta meletakkannya dalam bagian samping kiri kapal, selesainya itu melanjutkan penarikan jaring kembali.

Waktu Penarikan indera tangkap Gill Net

Waktu yg diharapkan buat sekali penarikan jaring (hauling) berkisar antara 60 - 70 mnt. Bergantung pada banyaknya ikan yang tertangkap dan sampah-sampah yg tersangkut dalam jaring.

Begitu lah sekilas Gambaran Umum Tentang Cara memakai indera tangkap Gill Net Secara sederhana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel