CARA MENGUMPULAN IKAN DI LAUT

Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut - Untuk melakukan Operasi Penangkapan Ikan terkadang kita wajib menggunakan indera bantu penangkapan. Alat Bantu tadi selain bertujuan buat meringankan pekerjaan jua berfungsi buat menaikkan output tangkapan.

Untuk meningkatan output tangkapan di usahakan supaya target tangkapan sanggup berkumpul serta mampu tertangkap. Alat bantu buat mengumpulkan ikan diantaranya indera bantu cahaya, alat bantu rumpon serta alat bantu pemanggil ikan.

Trik Mengumpulkan Ikan umumnya pada lakukan dalam pola pengoperasian penangkapan ikan memakai indera tangkap Purse seine. Karena dalam pengoperasian  nya purse seine adalah dengan melingkari gerombolan ikan dan menaikan ke atas kapal.

 Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut

Dalam Perkembangannnya Alat bantu pengumpul ikan terus mengalami beberapa perubahan dan inovasi dimana tujuannya buat terus menerima hasil yg banyak menurut penggunaan indera bantu tersebut.

Alat bantu Pengumpul ikan yg seringkali kita temui pada kapal kapal perikanan diantara nya :

- Mengumpulkan Ikan menggunakan Cahaya

Alat bantu Cahaya di nilai sangat efektif buat bisa mengumpulkan ikan dalam satu kondisi perairan. Pada perkembangannya alat bantu ini semakin akbar serta semakin tak terkendali dalam penggunaannya.

Dahulu sebelum penggunaan lampu lampu terkini , nelayan masih menggunakan cahaya menurut obor atau api serta waktu ini perkembangan lampu sudah mengalami peningkatan berdasarkan mulai lampu pijar, lampu neon, lampu galaxi serta lampu LED,

Penggunaan Cahaya sebagai indera pengumpul ikan sanggup pada gunakan pada atas air dan di bawah air. 

Contoh indera tangkap yg memakai Cahaya menjadi alat pengumpul gerombolan ikan diantaranya Purse seine , Bagan dan pancing cumi. 
- Mengumpulkan Ikan menggunakan Rumpon

Rumpon perairan pada sangat berguna  bagi warga nelayan juga bagi kelestarian ekosistem perairan. Hal ini disebab karena teknologi rumpon laut dalam atau rumpon perairan ini memudahkan nelayan atau para penangkap ikan lainnya buat bisa mengambil ikan yg berada dalam kedalaman diatas 200 meter. 

Selain itu menggunakan adanya rumpon, kapal penangkap mampu menghemat saat & bahan bakar, karena tidak perlu lagi mencari dan mengejar gerombolan   ikan berdasarkan dan menuju ke lokasi penangkapan.

Jenis-jenis Rumpon


Terdapat 3 jenis rumpon, yaitu:

- Rumpon Perairan Dasar adalah alat bantu penangkapan ikan yg dipasang serta ditempatkan pada dasar perairan laut. Rumpon populer sangat efisien dan efektif pada mengumpulkan Ikan.

- Rumpon Perairan Dangkal adalah indera bantu penangkapan ikan yg dipasang dan ditempatkan pada perairan   bahari yang pada pasang pada kedalaman 20-100 meter   buat mengumpulkan jenis-jenis ikan pelagis kecl contohnya : kembung,  selar,  tembang, japuh, layang serta lain sebagainya.

- Rumpon Perairan Dalam merupakan indera bantu penangkapan ikan yang dipasang & ditempatkan pada perairan laut menggunakan kedalaman diatas 200 meter.
Bahan serta Komponen Rumpon

Setiap rumpon terdiri berdasarkan beberapa komponen. Di Indonesia rumpon masih memakai bahan alami seperti daun kelapa, tali plastik yang sudah pasti kekuatannya sangat terbatas. Tim Pengkajian Rumpon IPB (1987) mengemukakan bahwa persyaratan umum komponen & konstruksi rumpon adalah menjadi berikut:

1.pelampung

 Sebagai indera pengapung yg dibentuk dari besi plat yang dibuat misalnya tabung.


- Mempunyai kemampuan mengapung yang relatif baik (bagian yang mengapung diatas air 1/tiga bagian)
- Konstruksi nisbi kuat
- Tahan terhadap gelombang & air
- Mudah dikenali menurut jarak jauh
- Bahan pembuatnya gampang didapat;

2.atraktor

Merupakan pemikat yang bertujuan buat memikat ikan disekeliling rumpon yang terbuat berdasarkan daun nyiur atau daun kelapa

Mempunyai daya pikat yg baik terhadap ikan

Tahan usang

Mempunyai bentuk misalnya posisi rabat vertikal dengan arah ke bawah

Melindungi ikan-ikan kecil 

Terbuat & bahan yg bertenaga, tahan lama serta murah;

3.tali-temali

Tali temali ini BerGuna menjadi pengikat pelampung & pemberat bahannya terbuat berdasarkan polyethylene kemudian ditambahkan atau di tambah kawat baja yang berfungsi buat mengikat atraktor agar cepat tenggelam serta nir mengapung.

Terbuat & bahan yg bertenaga & sporadis mengalami Pembusukan

Harganya relatif murah, memiliki daya apung yang cukup buat mencegah goresan terhadap benda-benda lainnya & terhadap arus

Tidak bersimpul (less knot);

4. Pemberat

Merupakan bahan buat menenggelamkan rumpon & rumpon nir berpindah tempat yang dibentuk menurut semen yang dicor.

Bahannya murah, bertenaga & mudah diperoleh

Massa jenisnya akbar , permukaannva tidak licin dan mampu mencengkeram.

- Mengumpulkan Ikan dengan Suara

Penggunaan Suara buat mengumpulkan ikan memang belum teruji benar namun kiprah suara yang di timbulkan indera gelombang ultra sonik setidaknya bisa membuahkan ikan mengenali bunyi tersebut menjadi pemanggilnya. 

Pada dasarnya Alat atau teknik mengumpulkan ikan pada bahari lebih acapkali Kita sebut menggunakan Istilah Alat Bantu penangkapan Ikan Seperti Contohnya

Alat bantu Purse seine
Alat bantu Gill Net
Alat Bantu Long line

Demikian Cara cara mengumpulkan ikan di laut setidaknya artikel yg sedikit ini sanggup menaruh manfaat buat pembacanya.

BACA JUGA

Cоntоh indera-alat navigasi digunakan dі kapal : 


2. GPS 

3. SONAR 



6. RADIO 


8. PERUM 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel