DEFINISI PERIKANAN SECARA LENGKAP

Definisi Perikanan -Perikanan menurut undang undang mengacu dalam peraturan perundang undangan no 45 tahun 2009 dimana pengertian atau definisi perikanan yaitu semua kegiatan yg berhubungan dengan pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari  praproduksi, produksi, pengolahan sampai menggunakan pemasaran, yg dilaksanakan dalam suatu sistem usaha perikanan 

Sebagai negara Maritim dan kepulauan Terbesar dan mempunyai garis Pantai terpanjangh ke empat di dunia. Negara  Indonesia mempunyai  potensi dan peluang pasar hasil produk kelautan dan perikanan yg relatif menjanjikan. 

Perairan dan jenis ikan yang mengalami Over Fishing


Hal ini ditinjau  menggunakan banyaknya permintaan terhadap produk perikanan yang diperkirakan terus semakin tinggi seiring dengan pertambahan penduduk global yg terus semakin tinggi pula, 


Apalagi dengan upaya pelestaraian dan menjaga keberlangsungan perikanan serta pencerahan insan akan arti penting nilai gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan umat manusia. 
Pada waktu ini pertarungan yang fundamental dalam perikanan kita adalah Semakin terdegradasinya tempat asal dan  sumber daya alam dan jasa lingkungan di daratan yang ditimbulkan diantaranya oleh meningkatnya pemanfaatan sumberdaya alam, 

jumlah penduduk dan pendapatan rakyat, Serta penggunaan indera penangkap ikan yg nir ramah lingkungan maka diperlukan sektor perikanan ini dapat sebagai peluang dan  sebagai asal pertumbuhan baru bagi bangsa Indonesia.

Definisi Perikanan

Secara umum menurut Merriam-Webster Dictionary dimana mendefinisikan perikanan sebagai kegiatan, industri atau demam isu pemanenan ikan atau fauna bahari lainnya. 

Definisi pengertian perikanan tadi yg hampir serupa jua ditemukan di Encyclopedia Brittanica yang mendefinisikan perikanan sebagai pemanenan ikan, kerang-kerangan (shellfish) serta mamalia laut. 

SementaraPengertian yang tidak jauh tidak selaras yaitu Hempel serta Pauly (2004) mendefiniskan perikanan menjadi aktivitas pendayagunaan sumber daya hayati berdasarkan bahari (Hempel serta pauly, 2004).

Definisi atau pengertian perikanan ini pada atas memang membatasi pada perikanan bahari atau perikanan tangkap lantaran perikanan memang semula berasal dari kegiatan hunting (berburu) yg harus dibedakan dari aktivitas farming misalnya budi daya. 

Untuk Pengertian Penangkapan Ikan sendiri menpunyai arti bagian berdasarkan perikanan. Dan Pengertian Perikanan mempunyai arti sendiri

Dalam artian yg lebih luas lagi defenisi perikanan nir saja diartikan kegiatan Penangkapan ikan saja  (termasuk hewan invertebrata lainnya sepertifinfish atau ikan bersirip) Namun jua termasuk aktivitas mengumpulkan atau memuat kerang-kerangan, rumput bahari serta asal daya biologi lainnya pada suatu wilayah geografis perairan eksklusif.

Definisi yg lebih luas diberikan oleh Lackey (2005) yg mengartikan perikanan menjadi suatu sistem yang terdiri dari tiga komponen yakni biota perairan, tempat asli biota, serta insan sebagai pengguna sumber daya tadi. 


Setiap komponen tersebut akan mempengaruhi performa perikanan. Lackey (2005) lalu membagi perikanan ke dalam berbagai kelompok atau tipe dari beberapa sifat diantaranya:

1. Jenis lingkungan: model, perikanan air tawar, danau, laut, sungai, bendungan.

wilayah Pengelolaan Perikanan


2. Metode penangkapan ikan: contoh, penangkapan ikan menggunakan trawl, purse seine, dip net, Gillnet, Cashnet atau pun Pancing

3. Jenis akses yang diizinkan: Semisalnya, perikanan dengan akses terbuka (open access), perikanan open access menggunakan regulasi, perikanan menggunakan akses terbatas. 


Dan Indonesia termasuk dalam kategori perikanan Open access menggunakan regulasi. Karena terdapat pelarangan dimana asing nir boleh menangkap ikan atau ikut dalam kegiatan perianan tangkap.

4. Concern organisme, model: perikanan salmon, perikananan Rajungan,udang, tuna, kepiting

5. Berdasarkan tujuan penangkapan: perikanan komersial, sub-sisten, perikanan rekreasi. Ataupun perikanan penelitian

6. Derajat kealaman berdasarkan fauna sasaran: total berdasarkan alam, semi budi daya, atau total budi daya.
Dalam konteks bahasan perikanan sehari-hari baik tatanan praktis juga ilmiah, definisi Lackey barangkali yg lebih generik dipakai lantaran cakupan yg lebih luas daripada definisi yg lain. 

Lebih jauh Lackey (2005) memperkirakan bahwa saat ini aktivitas perikanan sudah melibatkan lebih dari 4000 spesies hewan perairan dengan penguasaan jenis-jenis ikan yang bernilai ekonomi tinggi misalnya tuna, udang, salmon, cod, dan crabs (khususnya pada perairan Alaska).

Pengertian Perikanan nir hanya kegiatan tentang menangkap ikan, tetapi pengertian perikanan bisa pada lihat dari beberapa aspek misalnya pengertian perikanan tangkap, pengertian perikanan budidaya serta perngertian perikanan daerah dan perngertian perikanan yg lainnya.

Definisi pada atas tentu saja sebatas definisi ilmiah yang berlaku secara generik. Dalam konteks sah, Indonesia mengartikan perikanan melalui pengertian yang dituangkan dalam anggaran perundang-undangan. Undang-Undang No 31 Tahun 2004 tentang perikanan yg diubah pada UU No 45/2009 mendefinisikan perikanan sebagai:

perikanan yaitu semua kegiatan yg berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan asal daya ikan serta lingkungannya mulai dari  praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan pada suatu sistem usaha perikanan.

Mengenal Destrcuctive fishing


Perikanan yg begitu luas pengertiannya membuahkan pengertian perikanan memiliki makna yang tidak selaras beda yang jelas perikanan indonesia harus bisa sebagai pilar buat mensejahterakan para nelayanIndonesia.


Definisi Perikanan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel