FISHLOG AFLIKASI KEREN UNTUK NELAYAN

Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan - indonesia adalah negara kepulauan yang mempunyai samudera   begitu luas. Namun hal itu ternyata masih belum didukung memakai pelaporan dampak tangkapan ikan yang memadai. 

Fenomena itu yg lalu membuat muhammad iqbal, peneliti berasal center for oceanography and marine technology, mentari university merancang sebuah aplikasi spesifik buat nelayan.
Pria yg biasa disapa menggunakan nama iqbal ini berkata aplikasi yang bernama fishlog memungkinkan nelayan dapat mengisi pelaporan yg akan terjadi penangkapan ikan, dan  pada mana lokasinya, tanpa perlu bersusah payah mencatat secara tradisional.


Baca Juga ; Teknologi Pengubah Air Laut Menjadi Air Tawar

"permasalahan perikanan di indonesia itu, kita nir tahu seberapa besar tangkapan serta  di mana tempatnya. Itu efeknya luas apabila mau ekspor. Bila tidak ada dokumen sah, di mana tangkapannya dan sebagainya, itu mampu di-banned," ungkapnya 

Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan

Nelayan yang telah menginstal fishlog di smartphone androidnya akan dilacak keberadaannya. Hal tersebut yang akan dicatat buat dijadikan sertifikasi buat ekspor nanti.

Selain itu pula, buat memenuhi kebutuhan nelayan, pelaksanaan fishlog dilengkapi menggunakan sejumlah fitur yg bisa menunjang aktivitas nelayan.
"agar software kami dalam-install, kami bikin yg nelayan butuh, misalnya ramalan cuaca 10 hari ke depan. Kita kasih jua sharing harga ikan antar nelayan. Begitu kembali dia memahami wajib   jual pada mana dan  harganya berapa" ujar iqbal.

Dengan adanya fitur sharing harga itu, tambah iqbal, nelayan bisa mengetahui harga jual ikan berapa dan terhindar menurut penipuan.

"nelayan yang mau mengisi pada fitur itu contohnya yg dalam jakarta, cirebon, atau sumatera, mereka mengisi harga jual. Nelayan pada daerah lain tahu perbandingannya, jadi tidakdimainin tengkulak karena memahami harganya yg wajar berapa" paparnya.
Iqbal menyebutkan, pihaknya waktu ini sedang mendekati para grup nelayan untuk memakai pelaksanaan ini yang memiliki poly manfaat bagi mereka buat ke depannya.

"nir perlu seluruh. Relatif satu perangkat lunak dalam grup nelayan pakai, dia sanggup sertifikasi buat ekspor jika misalkan beliau mau ekspor" paparnya.

Iqbal menambahkan fishlog ini ditujukan buat memenuhi kebutuhan warga nelayan. Jadi, eksistensi pelaksanaan tadi pada play store tidak terlalu menjamin dipakai nelayan, meskipun beliau akan permanen memajangnya pada play store serta  mengharap dapat mencapai target 2,lima juta pengguna.
"jika kami (pasang) di playstore kan nelayan tak memahami. Jadi, kami dekati kelompok nelayan. Kami sudah sosialisasi pada rembang, galat  satunya" ujar dia.

Para peneliti tadi tidak ingin membebani nelayan lebih jauh karena wajib bayar ketika menggunakan aplikasi fishlog.

"kami sedang mempromosikan ke sana ke yuk, nir hanya ke nelayan akan namun ke operator telekomunikasi juga supaya provider tersebut mau mendanai csr, sebagai akibatnya kami tetap kasih perdeo bagi nelayan. Dana itu cuma maintenance ke kita saja," istilah iqbal.
Baca Juga ; 
Untuk waktu Ini selain Fishlog masih poly aflikasi aflikasi yg mendukung pada penangkapan ikan seperti  GPS Untuk Android
Fishlog, Aflikasi Keren Untuk Nelayan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel