Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Lewat Pramuka,Tanamkan Semangat Kartini Sejak Dini

Posted: 20 Apr2019 07:12 AM PDT

Sebagai perwujudan melestarikan budaya dan semangat perjuangan Kartini, akhir pekan kemarin (minggu 19/4/15) satuan karya pramuka Bhayangkara kwartir ranting Bawang menggelar lomba kartini cilik dan lomba mewarnai untuk taraf TK dan PAUD. Acara yang digelar pada pendopo kecamatan Bawang tadi dibuka sang kasat Bimas Polres Banjarnegara AKP. Rusmiatun. Dalam sambutannya dia menekankan betapa pentingnya pendidikan karakter disiplin serta semangat perjuangan buat meneruskan cita cita kartini supaya kelak timbul kartini kartini baru yg selaras dengan jamannya.

Ketua Panitia, Rofiatun menyampaikan, penanaman semangat kartini hendaknya perlu ditanamkan seja dini, supaya nantinya pondasi bangsa dan semangat perjuangan cita citanya permanen terngiang dihati serta sanubari generasi penerus bangsa. " lomba kartini cilik ini adalah implementasi menurut kecintaan terhadap tokoh nasional bangsa yang telah berjasa untuk memajukan kaum perempuan supaya semangat beliau sanggup permanen hayati sampai kapanpun " terperinci rofiatun. Sebanyak 257 peserta lomba kartini tampil ceria dan semangat menggunakan memakai sandang adat atau kebaya berlangak lenggok diatas anjung bersaing memikat hati juri dan penonton yang hadir. Tak sporadis ungkap mereka juga mengundang kekeh riang penonton yg hadir.

Selain lomba kartini cilik dalam kesempatan yg sama pula digelar lomba mewarnai buat tingkat Taman Kanak-kanak dan Paud menggunakan materi tertib berlalu lintas yg diikuti oleh 172 peserta. Pamong saka Bayangkara Kwartir Ranting Bawang, Prihatin sediono menyampaikan, pemilihan tema tersebut selaras menggunakan program kepolisian dan selaras dengan acara pemerintah dalam upaya tertib kerlalulintas. " dibutuhkan semenjak usia dini, anak anak bisa dikenalkan menggunakan perilaku yang sopan dan tertib pada berlalu lintas, karena hal tadi sangat penting dan mendukung acara kepolisian dan pemerintah " ujarnya. Penanaman disiplin serta pembentukan karakter sejak dini sebagai sangat krusial terlebih waktu ini seiring dengan perkembangan jaman dan masuknya faham radikal dikhawatirkan bisa Mengganggu generasi bangsa. ( Alwan_Humas )

[Pramuka Kwarcab Banjarnegara]

Bupati Lantik Kwarcab Gerakan Pramuka Banjarnegara

Posted: 20 Apr2019 06:58 AM PDT

Pengurus gerakan pramuka kwartir cabang Banjarnegara masa bhakti2019-2020 akhir pekan kemarin ( sabtu 18/4/15) resmi dilantik sang Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang. Acara yang berlangsung dipendopo dipayudha tersebut jua dihadiri sang forum komunikasi pimpinan wilayah selaku anggota majelis pembimbing cabang, kepala kwartir ranting se kabupaten serta perwakilan undangan kwarcab kabupaten se banyumas raya.

Dalam acara peresmian tersebut jua dilakukan pengukuhan jajaran mabicab yang secara simbolis dilakukan oleh Bupati yg berikrar selaku kepala mabicab dan dikukuhkan oleh ketua Kwarda jawa Tengah slamet budi prayitno. Dalam kesempatan tersebut, kepala kwarda Jateng mengapresiasi banyak sekali prestasi yg diraih oleh kwarcab Banjarnegara yang alah satunya mampu menyodok hingga taraf nasional buat golongan penegak yakni pada kegiatan saka wirakartika nasional. " Wahana pendidikan kepramukaan hakikatnya adalah wadah training yang sempurna buat menempa tunas tunas muda yang berkarakter dan berjiwa mulia serta memiliki sikap yang luhur " tandasnya. Untuk itu pendalaman berbagai materi tersebut tertuang pada SKU serta SKK yang harus diselesaikan sampai tuntas supaya nantinya bisa ditinjau sejauh mana potensi yg dimiliki sang peserta didik sesperti yg diamanatkan pada Undang Undang gerapan pramuka.

dalam susunan kepengurusan kwarcab periode lima tahun kedepan poly diisi sang muka baru yang diharapkan sanggup sebagai semangat baru serta langkah baru dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan kepramukan pada banjarnegara. Bupati sutedjo slamet utomo berharap, pramuka nantinya bisa menjadi garda terdepan pada pelayanan humanisme serta menangkal segala impak radikal yg waktu ini mulai masuk serta merasuki generasi muda. " pemerintah berharap, kiprah serta gerakan pramuka bisa berbicara lebih bukan hanya dilevel sekolah namun disegala aspek pelayanan humanisme, terlebih saat ini banyak berkembang wadah training pada satuan karya pramuka " kata sutedjo. Apresiasi serta penghargaan yang tinggi jua disampaikan pada semua elemen rakyat pramuka yang pada kurun saat terakhir mampu mengangkat dan membawa nama baik banjarnegara baik taraf regional maupun nasional. Selain itu pembinaan yang berjenang dan terstuktural hendaknya bisa terus ditingkatkan terlebih waktu ini Pramuka sebagai ektra kulikuler wajib disekolah.

ketua kwarcab pramuka setiawan mengungkapkan, tantangan pramuka kedepan semakin komplek serta majemuk, tetapi menggunakan semangat serta langkah beserta pihaknya beserta kepengurusan yg baru akan berupaya sekuat tenaga buat lebih memajukan kepramukaan pada kota dawet ayu. " penguatan sistem manajeman dan organisasi akan dilakukan secara optimal seiring menggunakan kemajuan teknologi, sebagai akibatnya nantinya apa yang telah terprogram selama 5 tahun kedepan akan terlaksana menggunakan baik sebagai akibatnya dibutuhkan mampu menorehkan berbagai prestasi serta sanggup berbicara banyak ditingkat yg lebih tinggi " ungkapnya.

[Pramuka Kwarcab Banjarnegara]

10.000 Pramuka Santri Akan Melantunkan Madihin Saat Perkemahan Pramuka Santri Nusantara pada Kalsel

Posted: 20 Apr2019 06:35 AM PDT

Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke-IV siap dilaksanakan pada Bumi Perkemahan Tambang Ulang, Kab Tanah Laut, Kalimantan Selatan, dalam 1-7 Juni2019. "Koordinasi dengan Pemprov Kalimantan Selatan serta pihak terkait telah kami lakukan", kentara  Dr. Mohsen (Direktur PD Pontren Kemenag), saat memimpin rapat perdana aktivitas ini, pada senin sore (20/04/2015) di ruang rapat Sekjend Kementerian Agama.

Salah satu kegiatan PPSN adalah pemecahan Rekor MURI melalui konfigurasi madihin dengan jumlah pelantun sebanyak 10.000 orang. Mardhani Zuhri, (Koord Bidang Perkemahan dan Kegiatan PPSN) menjelaskan "Madihin secara bahasa artinya pujian dengan puisi yang menghibur, kesenian madihin ini belum pernah ditampilkan dengan jumlah peserta sebanyak itu, kita akan bekerja keras mensukseskannya".  Tekad Mardani Zuhri yang juga Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dari banyak sekali sumber dijelaskan bahwa "madah" (bahasa arab) adalah berasal kata dari "madihin" yang berarti kebanggaan. Pendapat lain menjelaskan kata madihin dari bahasa Banjar yaitu papadahan atau mamadahi yg merupakan menasehati. Jika dilihat memang kebanyakan syair-syair madihin berisi petuah . Yang poly dirujuk soal Madihin ini merupakan pendapat Tajuddin Noor Ganie, seorang sastrawan, budayawan dan penulis buku berasal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Perkemahan Pramuka Santri Nusantara merupakan kegiatan yang diadakan setiap tiga tahun, dimulai perdana tahun 2006 di Cibubur (Jakarta), 2009 di Jatinangor (Jawa Barat), 2012 di Batam (Kepulauan Riau), dan pada2019 ini di Kalimantan Selatan. "Pesantren punya peran strategis sebelum dan sesudah kemerdekaan, saya minta kepada kakak-kakak Pramuka yang terlibat di kepanitiaan untuk fokus mensukseskan kegiatan ini", ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault saat dikonfirmasi mengenai kegiatan ini.

Bagi lingkungan pondok pesantren, gerakan pramuka sudah sangat familiar mengingat aspek historis sejarah pembentukan gerakan-gerakan kepanduan oleh kalangan muslim saat usaha kemerdekaan. Karenanya, suburnya gerakan pramuka di lingkungan pondok pesantren mempunyai sejarah panjang dan dasar serta fondasi yang kuat, ujar Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam seperti dikutip dalam panduan aktivitas ini. (Hariqo WS/Annas Urusan Kominf0/085263835899)

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel