Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Jambore Dunia ke-23 pada Jepang, Indonesia akan Kirim 462 Delegasi Pramuka

Posted: 13 Jun2019 04:14 PM PDT

Jakarta — Menyambut kegiatan Jambore Dunia ke-23 yang akan dilaksanakan di Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang, 28 Juli sampai 8 Agustus2019, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan mengirim sekitar 462 anggota dan pembina Pramuka dari seluruh Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Fachry Sulaiman, Pimpinan Kontingen Delagasi Pramuka di Jambore Dunia ke-23 Jepang, ketika membuka acara "Orientasi Bagi Pembina Pendamping Jambore Dunia ke-23 di Jepang" yang digelar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas), Cibubur, Jakarta Selatan (13/6/2015).

Menurut Fachry, program orientasi pembina ini sangat krusial serta bermanfaat buat mengantisipasi berbagai kemungkinan selama kegiatan Jambore Dunia di Jepang. "(Acara) Orientasi ini pertama kali pada sejarah pelaksanaan jambore dunia pada Indonesia. Sangat penting dan bermanfaat buat kesiapan para pembina mendampingi siswa selama Jambore," ujar Fachry Sulaiman.

Jambore Dunia merupakan ajang pertemuan pramuka taraf penggalang menurut seluruh dunia dalam bentuk perkemahan akbar. Pertama kali digelar pada 1920 di Inggris, Jambore Dunia di Jepang ini merupakan yg ke-23. Dengan mengusung tema "A Spirit of Unity",  Jambore Dunia pada Jepang ini bertepatan dengan 70 tahun insiden bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

Sementara itu, Ketua Wakil Ketua Kwarnas bidang Hubungan Luar Negeri, Achmad Rusdi, pada sambutannya menegaskan pentingnya acara orientasi bagi pembina pendamping ini bagi kesiapan delagasi pramuka Indonesia. "Kita nir semata-mata pulang ke Jepang buat berpesta. Kita ke Jepang atas nama negara, Indonesia. Jadi, harus semaksimal mungkin," tukas Achmad Rusdi.

Achmad Rusdi menambahkan, selain kesiapan teknis, kesiapan mental serta spiritual juga tak kalah krusial. "Kita wajib memahami dan paham etiket dan tata cara adat pramuka-pramuka menurut semua dunia, sebagai akibatnya kita tetap sanggup menjaga bukti diri kita sebagai orang Indonesia," tambahnya.

Secara terpisah, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menyatakan dukungannya terhadap pengiriman pramuka Indonesia di Jambore Dunia ke-23 di Jepang ini.  "Persiapannya harus detail dan maksimal. Harumkan nama Indonesia di pentas jambore dunia di Jepang," tandas Adhyaksa Dault. (Kak Luqman/Annas Kominfo)

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel