Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

KAWAL JAMBORE NASIONAL, 1.836 POLISI DISIAGAKAN

Posted: 12 Aug2019 08:17 PM PDT

Foto: ntmcpolri.info

Jakarta – Polda Metro Jaya bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar apel siaga terkait pengamanan dan kesiapan Jambore Nasional X, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 12 Agustus2019.

Apel ini dihadiri pribadi sang Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Moechgiyarto dan Ketua Kwarnas Adhyaksa Daut. Jambore Nasional X akan digelar pada Bumi Perkemahan Wisata (Buperta) Cibubur, pada 14 sampai 21 Agustus2019.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto mengungkapkan, Polda Metro Jaya siap mengawal jalannya program Jambore Nasional X. Menurutnya, buat melakukan pengamanan pihaknya sudah mengerahkan sebanyak 1.836 personel.

"Nanti akan diamankan di radius Buperta ini ada lebih kurang 210 hektare. Itu yg akan jadi titik pengamanan kami," kata Moechgiyarto pada Buperta Cibubur, Jumat, 12 Agustus2019.

Moechgiyarto menyampaikan, pengamanan nir hanya di lokasi tempat perkemahan akan tetapi jua pada luar perkemahan. Selain itu, pihaknya jua melakukan pengamanan pada sepanjang rute yg dilalui para peserta buat mencapai lokasi jambore.

"Rute-rute (bepergian peserta), lokasi parkir jua turut kami amankan. Juga pada tempat-tempat pada mana kegiatan ini dilakukan," ujarnya.
Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault menyampaikan, para peserta yg mengikuti Jambore Nasional2019 ini sebesar 26 ribu peserta. Para peserta tiba dari masing-masing Kwartir Cabang yg terdapat di semua Indonesia.

Menurutnya, acara ini akan dibuka pada Minggu, 14 Agustus2019. Dalam program pembukaan Jambore Nasional X2019 ini, Presiden RI Joko Widodo serta Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri pembukaan tadi.

"Iya Insya Allah pak Presiden dan pak wapres sanggup hadir ketika pembukaan nanti," ungkapnya.

Sumber: ntmcpolri.info

Jalan Panjang Kontingen Maluku Mengikuti Jamnas

Posted: 12 Aug2019 10:09 AM PDT

Jakarta, Jambore Nasional ke X2019 adalah kegiatan perkemahan besar Gerakan Pramuka yang pertama kali diikuti oleh Kontingen dari Maluku Barat Daya. Sebagai generasi pertama tentu Jamnas menjadi pengalaman yang menarik bagi peserta.

Hal itu misalnya yg disampaikan sang pembina Kontingen Maluku Barat Daya Kak Serpi Ela. Ia menuturkan, demi mengikuti Jamnas para peserta sudah meninggalkan tempat tinggal , pamit dengan orang tua dari satu bulan yang lalu.

“Ini perjalanan yang panjang. Peserta sudah meninggalkan rumahnya sejak satu bulan yang kemudian,” istilah Kak Serpi pada Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur yg menjadi lokasi Jamnas, Jumat (12/8/2016).‎

Kak Serpi membicarakan, awalnya peserta dikumpulkan pada taraf Kwartir Cabang, dan kemudian disatukan di taraf Kwartir Daerah. Perjalanan panjang para peserta disebabkan karena daerah Maluku itu terdiri pulau-pulau mini .

“Di Maluku ini banyak sekali pulau-pulau mini , akses jalannya susah wajib ditempuh melalui jalur darat dan bahari jadi lama . Kita dikumpulkan dulu‎ pada taraf cabang baru provinsi,” tuturnya.

Selama satu bulan itu, para peserta pula selalu disibukkan dengan pembinaan materi-materi Jamnas, seperti pasukan baris berbaris, yel-yel dan pula penampilan kesenian menurut Maluku.  “Setelah semua kontingen berdasarkan Maluku terkumpul, baru kita berangkat ke Jakarta,” pungkasnya.

Kontingen Maluku Barat Daya berjumlah 40 orang. Mereka berangkat ke Jakarta memakai kapal KM Dobon Solo selama empat hari berdasarkan 4-8 Agustus2019. Meski baru pertama kali, Serpi memastikan pesertanya sudah siap secara mental serta fisik buat mengikuti Jamnas.

Jamnas ‎sendiri berlangsung 14-21 Agustus menggunakan peserta 25 ribu. Rencananya, program pembukaan akan dihadiri sang Presiden Joko Widodo sejumlah menteri serta kepala wilayah. ‎ (HA / Humas Jamnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel