Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Temani Kontingen Jakarta, Wagub DKI Janji Ikut Jamnas2019

Posted: 10 Aug2019 12:37 AM PDT

Kak Djarot Saiful Hidayat, melepas keberangkatan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional (Jamnas) X2019 di Balai Kota DKI Jakarta

Jakarta, Usai mengikuti upacara pelepasan kontingen daerah Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional ke-102019 di Balai Kota DKI Jakarta,‎ Rabu (10/8/2016) Wakil Gubernur DKI Jakarta Kak Djarot Saiful Hidayat berjanji akan ikut aktivitas Jamnas‎ menemani saudara termuda-adik pramuka.

Serentak anggota kontingen Pramuka DKI Jakarta yang mendengarnya pribadi bertepuk tangan mendengar janji Kak D‎jarot.

“Insya Allah, saya dan Kakak Pras (Ketua DPRD DKI) akan hadir pada Bumi Perkemahan Cibubur buat berkumpul beserta saudara termuda-adik semua ikut Jambore Nasional,” ujar Kak  Djarot. ‎

Kak Djarot mengingatkan bahwa tahun ini Jakarta sebagai tuan tempat tinggal Jambore Nasional yg dilaksanakan pada Bumi Perkemahan Cibubur. Secara nir eksklusif, kontingen Pramuka DKI Jakarta menjadi duta.

“Kakak-abang serta adik-adik bukan hanya mewakili diri kalian sendiri akan tetapi ingatlah bahwa kalian adalah utusan duta yg mewakili semua anggota Pramuka pada Jakarta,” ujar Kak Djarot.

Kak Djarot ingin anggota Pramuka DKI Jakarta yg ikut dalam Jambore Nasional tersebut sanggup memberi model yang baik buat anggota kontingen daerah lain. Serta memberi keterangan yg baik tentang pemerintahan pada Jakarta kini .

Jumlah peserta dari Jakarta yg akan mengikuti Jambore Nasional X2019 sebanyak ‎ 251 orang. Jambore ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur pada 14 Agustus hingga 21 Agustus2019 menggunakan peserta 25 ribu.‎ (HA / Humas Kwarnas)‎

Pesan Wagub DKI Terhadap Kontingen Jakarta Sebelum Ikut Jamnas

Posted: 09 Aug2019 11:41 PM PDT

Kak Djarot Saiful Hidayat, melepas keberangkatan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional (Jamnas) X2019 di Balai Kota DKI Jakarta

Jakarta, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Kak Djarot Saiful Hidayat, melepas keberangkatan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta ke Jambore Nasional (Jamnas) X2019 di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu, 10 Agustus2019.

Selain membicarakan pujian, Kak Djarot jua memberi masukan kepada para murid yang tergabung pada kontingen supaya sanggup sebagai kebanggan Indonesia dalam waktu Jamnas.‎

“Tapi aku minta itu yel-yelnya kan telah rupawan, mungkin terdapat lomba pula ya nanti. Jadi akan lebih mengagumkan lagi jikalau terdapat gerakannya, spirit robot. Kalau mampu ya ada gerakan, jadi benar -betul menarik semangat, menggunakan kompak begitu,” istilah Kak Djarot mengomentari yel kekompakan kontingen pada Jakarta.

Lebih lanjut Kak Djarot mengatakan bahwa Jamnas merupakan kesempatan emas yg hanya berlangsung sekali pada lima tahun. Oleh karenanya, beliau berharap, kontingen berasal Ibu Kota mampu mengukir prestasi serta nanti bisa berkesempatan buat ikut pada pada Jambore Internasional.

“Mereka akan bertemu menggunakan kontingen-kontingen se-Indonesia juga berdasarkan luar negeri. Kedua, yang jadi tuan tempat tinggal kan otomatis DKI Jakarta, kan tempatnya pada Cibubur. Nah, mereka duta-duta kita yg bisa menghadirkan, memberikan fakta tentang situasi Jakarta seperti apa, sistem pemerintahannya seperti apa,” jelasnya.

Jamnas sendiri akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta 14-21 Agustus2019 dengan peserta 25 ribu berdasarkan pramuka penggalang. Rencananya, pembukaan akan dihadiri sang Presiden Joko Widodo. ‎(HA/Humas Kwarnas)

Ka Kwarnas Lantik Pimpinan Saka Wanabakti ‎serta Kapaltaru Tingkat Nasional

Posted: 09 Aug2019 04:49 AM PDT

Kak Adhyaksa Dault ‎melantik Kak Bambang Hendroyono sebagai pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru taraf nasional

Jakarta- Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault  ‎melantik Kak Bambang Hendroyono sebagai pimpinan Saka Wanabakti dan Kalpataru tingkat nasional sekaligus mengambil sumpah jabatan pada seluruh pengurus baru.

Acara peresmian berlangsung ‎pada kantor Kementerian lingkungan Hidup serta Kehutanan Jl. Jend Gatot Subroto, Selasa (9/8/2016). Acara pelantikan pula dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, dan para pejabat kementerian.

Dalam sambutanya, Kak Adhyaksa mengatakan, ‎ ‎setiap anggota Pramuka punya rasa tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan hidup serta hutan. Sebab, Saka Wanabakti adalah wadah yang dibuat buat Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pada melaksanakan aktivitas nyata, produktif serta bermanfaat.

"Pramuka Harus Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup dan Hutan, mari kita menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian lingkungan hidup serta hutan dalam generasi muda kita," ujar Kak Adhyaksa di lokasi. ‎

Tidak lupa, mantan Menteri Pemuda serta Olahraga ini selalu berpesan tentang pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma Pramuka menjadi panduan pemimpin baru Saka Wanabakti. ‎

"Di Dasa Darma ke 2 tertulis Cinta alam dan kasih sayang sesama insan, karenanya ke depan Pramuka wajib peduli pelestarian lingkungan hidup dan hutan, pelantikan hari ini adalah hal yang bersejarah, " ujar Kak Adhyaks‎a.(HA / Humas Kwarnas).

Berhasil Capai Puncak Kilimanjaro, KBRI Nairobi Beri Kenang-Kenangan buat Pramuka

Posted: 09 Aug2019 03:27 AM PDT

Kak Eko terima plakat kenang-kenangan dari KBRI Nairobi untuk Pramuka Indonesia

Jakarta, Setelah berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di Afrika Kilimanjaro, Andalan Nasional Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Pengabdian Bencana Kak Eko Sulistio mendatangi Kantor KBRI Nairobi Kenya untuk istirahat dan persiapan pulang ke Indonesia.

Kedatangan Kak Eko beserta Tim Ekspedisi Kilimanjaro Afrika disambut baik sang Duta Besar KBRI Nairobi ‎Soehardjono Sastromihardjo bersama para stafnya. Dubes bahagia melihat prestasi anak bangsa yang berhasil mengibarkan bendera merah putih dan pramuka di puncak Kilimanjaro.

“Kami ucapkan selamat pada Pramuka Indonesia yg berhasil mencapai atap gunung tertinggi pada Afrika  kerja sama ‎dengan KBRI Nairobi. Sungguh ini prestasi yang membanggakan untuk anak bangsa,” katanya, melalui pesan tertulis, Selasa (9/8/2016).

Kak Eko menuturkan, Kak ‎Soehardjono‎ memberikan kenang-kenangan berupa plakat buat Pramuka Indonesia, menjadi bentuk apresiasi atas pencapaian mendaki Kilimanjaro. ‎

Menurutnya, banyak hal yg disampaikan Kak Soehardjono kepada Kak Eko. Di antaranya Soehardjono memberikan salam kepada seluruh pengurus Kwarnas. Ia‎ mengaku kenal dekat menggunakan Waka Kwarnas Bidang Hubungan Luar Negeri Kak Ahmad Rusdi.

“Tidak lupa Kak Soehardjono juga sempat mengucapkan sukseskan Jamnas2019 Keren, Gembira Asyik,” ‎tuturnya.

Tidak lupa, KBRI pula menyampaikan warta, pihaknya membutuhkan anak pramuka buat magang di KBRI Nairobi selama 2 sampai tiga bulan. Seluruh porto transpotasi, akomodasi serta uang saku akan ditanggung pihak KBRI Nairobi. ‎

‎”Ada permintaan magang bantu KBRI pada Kantor UN-UNEP United Nation Environment Program,” jelasnya. ‎

Diberitakan sebelumnya, Kak Eko berhasil mencapai zenit Kilimanjaro di Stella ‎Point dengan ketinggian lima.756 MDPL.‎ Perjalanan buat sampai zenit membutuhkan saat kurang lebih delapan hari. Ekspedisi ini sekaligus dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 55 dan Hut RI ke 71. (HA / Humas Kwarnas).

>center

Kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur Ikuti Upacara Pelepasan Jambore Nasional2019

Posted: 09 Aug2019 03:03 AM PDT

Kuala Lumpur, Duta Besar KBRI Kuala Lumpur, Marsekal TNI Purn Herman Prayitno selaku Ka Mabigus Gudep KBRI KL 09 Agustus2019 diwakili Atase Penerangan Sosial serta Budaya Tri Gustono menghadiri upacara divestasi kontingen Jambore Nasional2019 pada Aula Hasanudin KBRI Kuala Lumpur.

Mabigus Tri Gustono dalam amanatnya menyampaikan apresiasi pada kontingen Gudep KBRI Kuala Lumpur Jambore Nasional ke X 2016 di Cibubur Indonesia. Sekaligus membicarakan amanat Duta Besar Sebagai Ka Mabigus agar seluruh kontingen bisa menjaga nama baik Gudep KBRI dihadapan peserta Jamnas lainnya pada tanah air.

" Amanat Duta besar pada semua kontingen agar dapat sebagai duta bangsa Indonesia Malaysia, kontingen wajib memberitahuakn gambaran yg baik menjadi anak Indonesia, saya berharap kecintaan kalian pada tanah air semakin besar dengan momen Jamnas ini," celoteh Tri Gustono mewakili Ka Mabigus.

Sementara itu, Prof. Ari Purbayanto Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur 09 Agustus2019 berharap kontingen Jambore Nasional2019 Gudep KBRI Kuala Lumpur bisa menumbuh kembangkan semangat nasionalisme ketika berada jauh menurut tanah air.

Menurut Prof Ari, kegiatan pramuka diluar negara sangatlah krusial buat menciptakan apresiasi anak-anak Indonesia terhadap bangsanya.anak-anak bangsa perlu menyadari perhatian pemerintah terhdap merekasangatlah akbar meskipun berada di luar negara.

"Anak-anak harus bersyukur atas besarnya perhatian pemerintah terhadap mereka, kehadiran negara harus bisa dirasakan dimanapun mereka berada, hal inilah yang selalu menjadi catatan pemerintah kepada semua anak bangsa diluar negara, menjadi wujud kecintaannya terhadap bangsa, " ujar Prof Ari yang jua merupakan wakil ketua harian Mabigus Gudep KBRI Kuala Lumpur.

Sebagai duta bangsa pada luar negara, kegiatan Pramuka adalah wujud berdasarkan kecintaan tehadap bangsa, diperlukan seluruh kontingen anak bangsa yang mewakili Gudep KBRI Kuala Lumpur bisa menampakan citranya waktu bergabung menggunakan kontingen lainnya pada tanah air.

12 Orang kontingen Jamnas2019 yang diberangkatkan terdiri berdasarkan 7 orang Putra serta 5 orang Putri. Semua peserta merupkan siswa siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang dari berdasarkan berbagai wilayah pada Indonesia. Menurut planning kontingen akan berada pada Cibubur  Indonesia dalam 14-21 Agustus2019.

Keberangkatan kontingen Jambore Nasional Gudep KBRI Kuala Lumpur akan dipimpin langsung oleh ketua Gudep KBRI Kuala Lumpur Joko Satria beserta dua orang pelatih putra dan putri.

Sejunlah orangtua yg hadir pada upacara pelepasan pula memberikan harapan besar kepada putra putrinya bisa membawa nama baik Sekolah Indonesia Kuala Lumpur juga Gudep KBRI KL.

Seperti yang diungkapkan Widya, wali anak didik dari Nisa kontingen putri mengaku bangga dengan terpilihnya anaknya sebagai salah satu peserta Jamnas, berharap putinya bisa sebagai contoh dan mempraktekkan ilmu kepramukaan yang sudah diberikan selama berlatih di Gudep KBRI KL.

" Nisa anak aku kebetulan merupakan anak pertama, terus jelas aku sempat kaget saat nama Nisa terpilih mewakili kontingen putri, poly perubahan sikap menjadi lebih baik semenjak Nisa bergabung pada pramuka. Semoga saja event Jamnas ini bisa mengakibatkan Nisa serta kontingen lainnya mempunyai semangat kebangsaan yang lebih tinggi lagi," jelas Widya. (Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel