Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

MPR rangkul Kwarnas Pramuka adakan Perkemahan 4 Pilar

Posted: 02 Dec2019 08:32 PM PST

Dengan maskud menanamkan sikap kemandirian dan kepemimpinan, pada akhir tahun ini bertepatan tanggal  20-22 dan 27-29 November2019 Majelis permusawaratan Rakyat mengandeng Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk mengadakan perkemahan. Dimana perkemahan ini bertujuan untuk mananamkan pengetahuan  4 pilar dan nilai2 kepemimpinan yang ada pada gerakan pramuka kepada para peserta perkemahan.

“Gerakan reformasi yang bergulir pada 1998 menaruh pengaruh yang sangat akbar bagi Indonesia. Salah satu imbas negatif pasca reformasi merupakan tercabutnya Pancasila dari bumi Indonesia.  Bahkan mata pelajaran Pancasila yang sebelumnya masih ada pada kurikulum nasional dihilangkan. Disorientasi terjadi di elemen masyarakat.  Mereka berjalan sendiri-sendiri, serta membawa kepentingannya masing-masing. Sementara kepentingan bangsa serta negara ditinggalkan begitu saja”. Pernyataan itu disampaikan Ketua Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Achmad Basarah usai mengikuti kedap evaluasi akhir tahun pelaksanaan pengenalan empat pilar tahun2019 kepada wartawan, Rabu malam (dua/12).  Hasil dari rapat tadi, buat selanjutnya akan dipakai buat menyusun planning aplikasi sosialisasi 4 Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat pada2019.

Menyadari kesalahan tadi, kata Basarah, MPR berinisiatif melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Majelis Permusyawaratan Rakyat. (Pancasila sebagai dasar serta ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 menjadi konstitusi negara, NKRI menjadi bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara). Tugas tadi diambil Majelis Permusyawaratan Rakyat karena saat ini Indonesia tidak memiliki lembaga yg berwenang melakukan pengenalan empat pilar.

“Zaman orde lama dikenal adanya forum pengembangan jiwa revolusi, sementara zaman Soeharto ada BP7, kini forum seperti itu nir ditemukan,” istilah Basarah menambahkan.

Ketiadaan forum-lembaga seperti itu menciptakan rakyat mengalami disorientasi. Sehingga kehidupan yg berjalan jauh dari asa kehidupan berbangsa serta bernegara.

Untuk meningkatkan keberhasilan pengenalan seperti yg telah dicapai selama ini, MPR akan memperluas kerjasama menggunakan pihak-pihak lain selain yg sudah terjalin selama ini. Selain Polisi Republik Indonesia, TNI  serta  PGRI,  MPR juga akan menaikkan kerjasama menggunakan Pramuka mahasiswa dan organisasi lainnya.

“MPR  akan terus mendesak presiden buat segera membangun lembaga negara yg bertugas melakukan sosialisasi, supaya keberhasilannya mampu segera dirasakan,” kata Basarah lagi.

Sumber : RMOL

Editor : Tim Cyber Pramuka

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel