Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Owa Jawa ramaikan Raida Jawa tengah

Posted: 06 Sep2019 10:39 PM PDT

Raida Jawa Tengah dibuka secara resmi tanggal 5 September2019 terlihat istimewa menggunakan kehadiran si Owa. Si Owa adalah maskot Raida. Mascot ini diangkat dan dipilih menurut hewan endemik Jawa Tengah khususnya Kabupaten Pekalongan yaitu Owa Jawa.
Saat upacara pembukaan, si Owa melakukan sejumlah atraksi memukau diawali dengan munculnya si Owa dari dalam kelopak bunga. Dalam kemunculannya, si Owa menampilkan puisi pada bahasa jawa atau yg biasa dianggap "Geguritan". Geguritan yg disampaikan si Owa berisi mengenai ajakan untuk melestarikan alam dan tempat asal Owa Jawa. Penampilan geguritan si Owa berhasil menyita perhatian semua peserta upacara, khususnya Ka Kwarda Jawa Tengah Kak Budi dan Waka Bina Muda Kwartir Nasional Kak Editha R.
Ketua sangga kerja Waskito Budi N membicarakan bahwa pemilihan Owa Jawa sebagai maskot Raida Jawa Tengah lantaran Owa Jawa merupakan hewan yang sudah langka. Selain itu ini merupakan galat satu upaya buat memberitahukan kepada anggota gerakan pramuka dan rakyat tentang keberadaan Owa Jawa yang telah hampir punah.
Owa Jawa sendiri merupakan fauna yang hidup dalam gerombolan -kelompok mini , terdiri berdasarkan pasangan hewan jantan serta betina, menggunakan satu atau 2 anak-anaknya yang masih belum dewasa. Owa Jawa merupakan pasangan yg setia atau monogami. Rata-homogen owa betina melahirkan sekali setiap tiga tahun, dengan masa mengandung selama 7 bulan. Anak-anaknya disusui hingga usia 18 bulan, dan terus beserta keluarganya hingga dewasa, yg dicapainya pada umur lebih kurang 8 tahun. Owa belia kemudian akan memisahkan diri dan mencari pasangannya sendiri.
Pemilihan Owa Jawa menjadi maskot Raimuna Daerah Jawa Tengah pula dirasa tepat sang Andika keliru satu peserta dari kontingen Kwartir Cabang Banjarnegara. "Menurut aku pantas, Owa Jawa dipilih menjadi maskot, karena daerah asal Owa yang sudah hampir punah dan kita wajib memberitahuakn supaya kita memahami bahwa Owa itu langka serta wajib dilindungi" tutur Andika. Mari lestarikan tempat asal Owa Jawa. (Heni & Rasyid)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel