Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Peringati Hardiknas, Adhyaksa Dault Mengajar pada SMA

Posted: 04 May2019 12:02 AM PDT

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault memperingati Hardiknas dengan mengajar di di SMAN 68, Salemba, Jakarta Pusat, pada Senin (04/05/2015). "Saya kesini juga untuk belajar, saya haru melihat guru-guru menyalami siswa di gerbang sekolah pagi tadi", kata Adhyaksa di ruang Kepala Sekolah sebelum mengajar.

Saat di kelas, Adhyaksa Dault menanyakan satu persatu cita-cita para murid, "aku pengen jadi disainer", jawab siswa bernama Ria, "jadi pengusaha" kata Jeremi. "polisi, seniman, guru, diplomat, atlit, pembaca kabar, wartawan" serta banyak sekali profesi lainnya disampaikan siswa penuh aktualisasi diri.

"Dengan berani mendeklasikan harapan saja adek-adek telah sukses, yaitu sukses tetapkan diantara banyak pilihan", kata Adhyksa Dault disambut tepuk tangan para anak didik.

Mantan Menpora era SBY ini lalu memotivasi anak didik buat menyibukkan diri berorganisasi, menciptakan jaringan. Ia jua mempromosikan pramuka, "Pramuka bukan hanya baris berbaris serta tali temali, di Pramuka juga mampu belajar teater, nyanyi, olahraga, terdapat Kak Sari Madjid dari Teater Koma di Pramuka", jelasnya bersemangat. Adhyaksa pula memutar video yang inti pesanya, siapa yang 1/2-setengah ikhlasnya maka 1/2-setengah pula yg dia dapatkan.

Rudi Gunadi, Kepala Sekolah SMAN 68, Jakarta sangat mengapresiasi kehadiran Adhyaksa Dault. "anak didik-siswa harus mendengarkan langsung pengalaman Kak Adhyaksa yg sudah puluhan tahun berkiprah di aneka macam organisasi"

(Hariqo Wibawa Satria,Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Urusan Komunikasi dan Informatika/ 085263835899)

[Humas Kwarnas]

Kak Adhyaksa Dault Ajak Pelajar Sekolah Menengah Atas 68 Jakarta Ikut Pramuka

Posted: 03 May2019 09:10 PM PDT

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh tanggal 2 Mei2019 Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault melakukan kunjungan ke Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 68 Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta (4/5)

Dalam kunjungan ke Sekolah Menengah Atas Negeri 68 Kak Adhyaksa Dault diterima pribadi oleh Kepala Sekolah SMAN 68, Bapak Rudi Gunadi.

SMA Negeri 68 Jakarta merupakan salah satu sekolah favorit di Jakarta dan aktif dalam kegiatan kepramukaan. karena itu sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang kunjungi Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati Hardiknas.

Dalam kunjungannya Kak Adhyaksa Dault mengajak pelajar Sekolah Menengah Atas 68 buat aktif pada organisasi karena banyak keuntungannya keliru satunya aktif dalam di Pramuka.

“Aktif di Pramuka Asyik loh…mengajarkan kepemimpinan, disiplin, kejujuran, budi pekerti, taat serta patuh pada orangtua, pengajar, dan lain-lain” Ungkap Kak Adhyaksa.

[Humas Kwarnas]

Gempa Nepal: Gerakan Pramuka Kirim Misi Khusus ke Nepal

Posted: 03 May2019 08:51 PM PDT

    Jakarta—Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirim seorang pramuka andalannya di bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Kak Eko Sulistio, untuk ikut membantu proses evakuasi korban gempa di Nepal. Selama ini Eko dikenal sebagai sosok pramuka yang fokus dalam bantuan kemanusian dan bencana, baik di dalam maupun luar negeri.

Saat ini, Eko Sulistio, 42 tahun,  sudah tergabung dengan Tim Gabungan Indonesia yg terdiri dari aneka macam institusi, diantaranya, Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), TNI, Kemenlu, PKPU, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ACT, Pramuka Peduli, dan lain-lain.

"Dampak gempa 7,9 skala Richter pada sini parah banget. Semua porak poranda, serta masih poly korban yang harus dievakuasi," ujar Eko melalui WhatsApp pribadinya.

Menurut Eko, menjadi seorang Pramuka, tak ada misi yg lebih khusus pada Nepal selain membantu serta menolong para korban gempa semaksimal yg mampu dilakukan. Sampai hari ini, bersama mitra lokal serta Tim Gabungan, dia sudah mendistribusikan bantuan logistik ke dua titik pengungsian, yaitu kamp evakuasi Shouyoumbo Ward serta Bakhtapur. "Dana logistik humanisme dalam 1 titik lebih kurang sebanyak US $3500," jelasnya.

Sebelumnya, beserta relawan lain, Eko pula telah berkecimpung ke daerah yang sulit serta belum terjangkau donasi. Bahkan, ada satu titik gempa yg wajib ditempuh selama lima jam, lantaran belum menerima donasi logistik maupun medik.  "Alhamdulillah, hari ini kita sudah melakukan syok healing buat anak-anak sekaligus evakuasi korban," ujarnya.

Yang menarik, kata Eko, di Nepal, dia jua sempat bertemu menggunakan seseorang Pramuka Nepal yg kantornya bahkan belum juga mampu beroperasi. "Saya sangat terharu. Ia bahkan mengajak aku buat mengunjungi bumi perkemahannya," tambahnya.

Sementara itu, ketika acara pemberangkatan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Daulut secara simbolis juga menyerahkan kepada Eko Sulistio bantuan untuk korban gempa Nepal (28/4). "Pramuka harus selalu responsif dan menolong sesama, di dalam maupun luar negeri. Kak Eko, tunaikan tugas dengan baik. Bawa nama baik Indonesia dan pramuka. Dan, jangan lupa, jaga kesehatan," ujar Adhyaksa.

Contact Person:Kak Eko Sulistio (Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Bidang Abdimasgana (081210834695/WA), Kak Luqman Hakim Arifin (Andalan Nasional Kwarnas Pramuka Bidang Komunikasi serta Informatika) 0817 9975 424/ 0812 185 49490.

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel