Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Kwarda NTT Minta Kualitas Pembina serta Pelatih Pramuka pada Belu Ditingkatkan

Posted: 16 Sep2019 10:42 PM PDT

Ketua Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur Kak Lusia Adinda Lebu Raya melantik Ketua Kwartir Cabang Belu Kak Petrus Bere beserta jajaran pengurusnya di Aula Dinas PPO Kabupaten Belu Atambua, Foto: Humas Kwarnas

Kupang – Ketua Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur Kak Lusia Adinda Lebu Raya melantik Ketua Kwartir Cabang Belu Kak Petrus Bere beserta jajaran pengurusnya di Aula Dinas PPO Kabupaten Belu Atambua, 15 September2019.

Dalam sambutannya, Kak Lu‎sia menyatakan, pihaknya punya komitmen yg tinggi buat membesarkan Pramuka di NTT dengan menaikkan mutu atau kualitas peserta didik, pembina dan pelatih. Menurutnya, buat menciptakan Pramuka pada NTT diperlukan kesiapan berdasarkan anggota dan pengurusnya.

“Kesiapan itu menyangkut kualitas anggota, pembina serta pengurusnya dan wahana serta prasarana yang dimiliki,” ujar Kak Lusia.

Sebab itu, Kak Lusia meminta ‎nantinya setiap terdapat Kursus Mahir Dasar serta Kursus Mahir Lanjutan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan. Tujuannya, agar pembina tahu prinsip-prinsip dasar perkemahan.

“Lantaran persoalannya poly pembina yg kurang kreatif dalam mendidik anggota Pramuka. Mereka jua jarang mengikuti perkemahan,” tuturnya.

Sementara itu, Kak Petrus menyatakan, penekanan utama acara yang akan ia lakukan beserta pengurus yakni  membentuk Kwartir Ranting pada setiap kecamatan yg belum terdapat Pramuka. “Kita jua punya program membuat Gugus Depan setiap sekolah yang terdapat di Belu supaya Pramuka merata,” tuturnya.

Pelantikan pengurus Kwarcab Belu merupakan satu rangkaian kunjungan Kak Lusia ke empat Kwarcab yang berlangsung ‎dari 14-16 September2019. Selain Belu, istri Gubernur NTT ini berkunjung ke ‎
Kwarcab Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU, dan Malaka.

‎Kak Lusia menuturkan, Malaka merupakan Kabupaten baru yg akan dibuat Kwarcabnya.‎ Di Belu agendanya merupakan pelantikan pengurus Kwarcab dan Mabicab yg baru. Sedangkan di TTS dan TTU lebih pada konsolidasi organisasi. (HA/Humas Kwarnas)

Foto: HUmas Kwarnas

Foto: HUmas Kwarnas

Pramuka Tegal Torehkan Prestasi tingkat Jawa Tengah “Tergiat II Humas Abdimas”

Posted: 16 Sep2019 03:15 PM PDT

Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Sonhaji, S.pd mendapat Tunggul Tergiat II Bidang Humas Abdimas menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam Upacara Hari Pramuka ke 55 tingkat Jawa Tengah di Karanganyar (Humas Kwarcab Tegal)

SLAWI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal berhasil menorehkan sejumlah prestasi tingkat Jawa Tengah tahun2019. Penghargaan diserahkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,SH,M.ip selaku Ketua Mabida Jateng pada puncak peringatan Hari Pramuka ke 55 tingkat Kwarda Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Karanganyar, Kamis (8/9/2016).

Menurut Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono,S.sos, prestasi yang ditorehkan antara lain Juara I Pramuka Penegak Garuda Berprestasi atas nama Bayu Khoerul Mizan Penegak SMA 1 Slawi, dan Tergiat II Bidang Humas Abdimas, Lencana Teladan Nasional buat Penggalang serta Penegak dan sejumlah prestasi lain.

“Alhamdulilah, di tahun2019 Kwarcab Tegal masih sanggup menyuguhkan sejumlah Prestasi. Meski buat lomba Kwartir tergiat belum aporisma dalam seluruh bidang. Kita bersyukur atas perolehan penghargaan ini,” istilah Djuliono didampingi Humas Kwarcab Tegal, Nurhasan

Dengan Raihan Prestasi itu, Djuliono berharap agar jajaran Gerakan Pramuka Tegal semakin termotivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan berkarya lebih baik lagi di tahun – tahun mendatang. “Kekurangan yang ada menjadi evaluasi untuk menjadi lebih baik kedepan. Dan kepada adik adik anggota muda baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega juga harus tetap berprestasi dan semangat untuk menjadi pribadi yang berkarakter, unggul dan mampu menjadi teladan bagi teman-temannya,” tandasnya

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan menambahkan, prestasi yang diraih tidak lepas menurut kiprah dan dukungan semua jajaran Pramuka pada Kabupaten Tegal. Mulai menurut unsur Mabicab, Kwarcab, Mabiran, Kwarran hingga Gugusdepan juga Satuan Karya. "Tidak terkecuali semua stakholder serta peran sahabat-sahabat media, yg selalu membantu mempublikasikan aktivitas-kegiatan Pramuka pada daerah Kabupaten Tegal," ungkapnya

Selain prestasi diatas, sejumlah prestasi yang diraih Kwarcab Tegal yakni Juara Harapan 1 Eagle Scout Award Penegak Putri taraf Jateng Juara II Putri dan Juara III putra Eagle Scout Award Penggalang tingkat Jateng dan Juara Harapan 1 Eagle Scout Award Siaga tingkat Jateng. "Pada tahun 2012,2019,2019 dan2019 secara berturut-turut juga Tergiat I Humas Abdimas taraf Jawa Tengah," katanya. (Humas Kwarcab Tegal)

37 Pramuka Raih Predikat Garuda

Posted: 16 Sep2019 02:53 PM PDT

Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Kak Suharjo,S.pd saat mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal Mengukuhkan 37 anggota muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang meraih predikat Pramuka Garuda, Selasa (13/9). Foto: Humas Kwarcab Tegal

SLAWI – Sebanyak 37 anggota muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal meraih predikat Pramuka Garuda. Mereka terdiri dari 12 Golongan Penegak dan 25 Golongan Penggalang. Penghargaan yang merupakan predikat tertinggi pada setiap golongan Pramuka usia muda tersebut diberikan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo,S.pd mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal, Selasa (13/9) kemarin di Sanggar Pramuka setempat.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Pramuka Garuda yang disaksikan Pengurus Kwarcab Tegal, Pembina Gudep dan orang tua peserta didik. Menurut Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.pd, Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

"Seorang peserta didik yg telah mencapai strata terakhir dalam golongannya, serta sudah memenuhi persyaratan untuk sebagai Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan buat bisa naik ke tingkatan Garuda," pungkasnya.

Setelah mengajukan permohonan, lanjutnya, Kwartir akan mengevaluasi siswa itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. "Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai sang tim penguji yang terdiri menurut tokoh kwartir, Gugusdepan, pengajar, orang tua, serta tokoh warga ," tandasnya

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan membicarakan, pengukuhan Pramuka Garuda yang diberikan kepada Tiga Puluh Tujuh Pramuka golongan Penggalang dan Penegak menurut Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Tegal Nomor 31 Tahun2019.

“Penghargaan tertinggi Pramuka ini diberikan kepada 37 siswa (Pesdik) yang terdiri menurut 12 golongan Penegak dari SMA 1 Slawi serta 25 Penggalang berdasarkan tiga pangkalan Gudep masing-masing SMP dua Adiwerna  20 penggalang, MTs SA Miftahul Huda Cempaka 4 Penggalang serta SMP 2 Warureja 1 Penggalang,” katanya

Dia berharap, penghargaan pada siswa seyogyanya lebih ditingkatkan lagi pada masing – masing pangkalan Gugusdepan. Hal itu untuk memacu peserta didik yg telah dengan tekun mengikuti kegiatan Kepramukaan. “Dengan adanya penghargaan Garuda ini, diharapkan akan merangsang peserta didik lain buat meraihnya,” pungkasnya. (Humas Kwarcab Tegal)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel