Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Kwarnas: Pertinas SBH Punya Peran Dalam Menjaga Kesehatan Nasional

Posted: 24 Oct2019 01:44 AM PDT

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kak Kodrat Pramudho yang bertindak sebagai pembina upacara penutupan Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada (Pertinas SBH) ke-V (Foto: Humas Kwarnas)

Blitar – Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada (Pertinas SBH) ke-V resmi ditutup pada Bumi Perkemahan Serut Blitar Sabtu (22/10/2016). Seperti halnya dalam ketika pembukaan, penutupan Pertinas SBH juga diawal menggunakan upacara norma Bhineka Tunggal Ika, yakni menampilkan pakaian istiadat dari Sabang hingga Maraoke.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kak Kodrat Pramudho yang bertindak sebagai pembina upacara penutupan mengatakan, ada tiga peran penting dalam kegiatan ini yang bisa dimanfaatkan oleh para peserta.

Pertama, kata Kak Kodrat, dengan kemah ini Pramuka mampu mengenali aneka macam konflik kesehatan warga menggunakan cara mendeteksi.contohnya gema Pramantik (Gerakan Bersama Pramuka Pemantau jentik) keliru satu yang bisa ikut menyumbangkan pada bangsa ini.‎

Kedua, peran adik-adik bisa dimainkan menjadi pendamping masalah rakyat pada menyelesaikan perkara kesehatan. Misalnya apabila terdapat ibu-ibu yang tidak membawa bayi berimunisasi ke posyandu  saudara termuda-adik sanggup membawa bayinya buat di imunisasi.‎

“Ketiga, kiprah adik-saudara termuda adalah sebagai penggerak masyarakat,” ungkapnya.‎

Kak Kodrat berharap, ‎kegiatan perkemahan ini berguna bagi anggota Pramuka di kehidupannya masing-masing, keluarga, tetangga, masyarakat serta bangsa. “Dalam aktivitas pertinas SBH yang akan tiba terdapat beberapa usulan, terdapat kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua. Hal ini akan dibahas di munas2019,” jelasnya.

Tidak lupa Kak Kodrat konfiden menurut 2000 peserta yang mengikuti kegiatan ini beberapa diantaranya ada yang akan sebagai pemimpin masa depan. ‎”Kalian akan berdiri misalnya ini, aku doakan anda menjadi pemimpin yang handal ada yang jadi presiden, ada yg jdi gubernur, terdapat yg jdi bupati, ada yg jadi pengusaha yang amanah,” pungkasnya. (HA/Humas Kwarnas)

Pramuka Tegal Strategis Bentuk Karakter Kaum Muda

Posted: 23 Oct2019 10:12 PM PDT

Kepala SPI Kwarcab Tegal, R Sopan Effendi, S.pd menaruh training dihadapan jajaran Mabiran, Pengurus Kwarran Dukuhwaru dan para Ketua Mabigus se Kecamatan Dukuhwaru

DUKUHWARU – Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini mengungkapkan,  Gerakan Pramuka memiliki peran strategis untuk menbentuk karakter kaum muda Indonesia. Hal itu dikatakan Noor Alina saat menyambut Tim Kwartir Cabang Tegal di Aula UPTD Dikpora Dukuhwaru, Senin (17/10) kemarin.

Menurut Ketua Mabiran Dukuhwaru itu, Pramuka mempunyai arah dan tujuan yang jelas dan tegas, yakni menaikkan kecintaan kepada bangsa dan tanah air (nasionalisme serta patriotisme), membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter (character building) serta ketrampilan hayati (life skill).

"Untuk itu aku mengajak jajaran Mabiran, Kwarran, dan Mabigus untuk manunggal dan mendukung kegiatan Pramuka pada upaya pelatihan generasi muda pada daerah Kecamatan Dukuhwaru," ajaknya

Terkait menggunakan pelatihan sang Tim Kwarcab, Alina berharap akan memberikan gairah serta impak positif bagi peningkatan kualitas pelatihan Pramuka diwilayah Dukuhwaru. "Banyak yg harus dibenahi, sehingga dengan training menurut Kwarcab, kedepan Pramuka Dukuhwaru akan meningkat lebih baik," tandasnya

Kepala UPTD Dikpora Dukuhwaru, Gunawan menuturkan, pihaknya menyampaikan apresiasi yg tinggiatas Pembinaan yang dilakukan sang Kwartir Cabang pada jajaran Kwartir Ranting. "Saya sangat apresiasi sekali menggunakan aktivitas training ini. Saya jua mendukung 100 % kegiatan pembinaan karakter kaum belia pada Kwarran Dukuhwaru," tukasnya.

Kepala SPI Kwarcab Tegal, R Sopan Effendi,S.pd mewakili Tim Kwarcab Tegal berpesan koordinasi jajaran Mabiran, Kwarran dan Mabigus agar ditingkatkan.  Hal itu krusial guna peningkatan kualitas Pembinaan pramuka.

"Pramuka ini merupakan wadah yg positif. Mari kita bersinar-sinar karakter serta akhlak Generasi Muda menjadi insan berwatak dan budi pekerti luhur sesuai dengan UU Pramuka," ucapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Tim Kwarcab Tegal, Jajaran Muspika Kecamatan Dukuhwaru / anggota Mabiran, Pengurus Kwarran Dukuhwaru dan para Ketua Mabigus se Kecamatan Dukuhwaru. (Humas Kwarcab Tegal)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel