Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Dilantik Sebagai Kepala Pusdiklatnas, Kak Suyatno Janji Teruskan Program Kak Ganet

Posted: 24 Nov2019 11:01 PM PST

Serah terima jabatan Kepala dan Wakil Pusdiklatnas, pagi ini Jumat, 25 November2019, dari Ketua usang, Kak Budi Utomo alias Ganet kepada Ketua baru Kak Suyatno, pada Gedung Pusdiklatnas, Cibubur. (Foto: Kak Sis / Humas Kwarnas)

Jakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan serah terima jabatan kepala dan wakil kepala Pusdiklatnas  dari Kepala lama, Kak Budi Utomo alias Ganet kepada Kepala baru Kak Suyatno, di Gedung Pusdiklatnas, Cibubur Jakarta Timur 25 November2019.

Kak Suyatno menyampaikan terima kasih kepada Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault karena sudah diberi kepercayaan untuk ikut serta mengembangkan Gerakan Pramuka melalui wadah Pusdiklatnas. Ia berjanji sisa dua tahun kepemimpinannya akan digunakan untuk membesarkan Pusdiklatnas secara maksimal.

“Tentu ini menjadi amanah yg wajib saya emban disisa saat kepemimpinan Kak Adhyaksa pada dua tahun kedepan, den‎gan meneruskan program-acara yang sudah dicanangkan oleh Kak Ganet,” ujar Kak Suyatno pada Cibubur.

Menurutnya, banyak program-acara baru yang sudah dibuat oleh Kak Ganet selama memimpin Pusdiklatnas. Program pelatihan dan pembinaan itu dievaluasi sudah semakin modern, kreatif dan inovatif. Sehingga kedepan, perlu terdapat penyusaian berdasarkan acara yg lama ke yang baru.

“Saya liat suasana di Pusdiklatnas sudah banyak yg baru, saya rasa itu berhasilan pada era Kak Ganet,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Bina Anggota Dewasa Susi Yuliati menyampaikan, ‎terdapat beberapa sasaran yg harus dicapai sang Pusdiklatnas disisa waktu kepemimpinan Kak Adhyaksa, yakni menciptakan program spesifik Pusdiklatnas beserta Binawasa

“Target kita menyusun kebijakan acara Pembinaan Anggota Dewasa, yang harus kita telah setarakan menggunakan kebijakan WOSM,” ujar Kak Susi.

Kemudian, Pusdiklatnas juga diminta menciptakan standar kurikulum yang bisa menjadi acuhan pada daerah, kabupaten ataupun kecamatan. Untuk mampu mewujudkan itu memang tidak mudah. Tapi Kak Susi konfiden, bila ini dikerjakan secara beserta-sama pada bentuk tim, maka akan gampang.

“Saya yakin kita punya semangat yang sama sebagai tim untuk memajukan Kwarnas Gerakan Pramuka,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Kak Susi jua meminta Pusdiklatnas membuat pelatihan spesifik buat para Andalan Nasional. Agar pengetahuan mereka tentang kepramukaan semakin luas. Sebab diakui, bahwa materi-materi kepramukaan begitu banyak serta perlu diketahui sang para pengurus.‎ (HA)

Menyambut Indonesia Emas, Anggota Pramuka Diajarkan Penguatan Pendidikan Karakter

Posted: 24 Nov2019 07:07 PM PST

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. (Foto: Nurul/Humas Kwarnas)

Cipanas -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA di Palace Hotel, Cipanas, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 307 siswa SMA se-Indonesia dan akan berlangsung 24-27 November2019.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan, Kak Purwadi Sutanto, mengatakan aktivitas kemah penguatan pendidikan karakter siswa SMA bertujuan menciptakan kepribadian anak didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

Selain itu murid jua diperlukan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa, mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hayati dalam menjaga serta membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kegiatan ini adalah bagian dari proses buat menghadapi tantangan pada masa yg akan tiba. Begitu pentingnya penguatan karakter bagi para generasi belia, tentu hal ini adalah upaya menyambut Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti. Kedepan, mereka inilah yg akan meneruskan kepemimpinan pada negeri ini," kata Kak Purwadi Sutanto.

Kak Purwadi Sutanto juga mengungkapkan mengapa Kemdikbud RI menggandeng Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam agenda penting ini. Menurutnya, Gerakan Pramuka adalah wadah tepat untuk membangun dan menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti bagi para generasi penerus.

"Pramuka adalah suatu gerakan yg menurut dulu sudah teruji dan digdaya sekali buat membawa saudara termuda-saudara termuda kita ini, terutama buat membentuk atau menumbuhkan budi pekerti atau pendidikan karakter," lanjutnya.

Sementara itu, Kak Yusak MS selaku salah satu pimpinan tim fasilitator kegiatan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berharap, dengan adanya kemah penguatan pendidikan karakter ini siswa mampu meningkatkan kepedulian kakak-kakak peserta agenda ini sehingga akan menjadi teladan baik bagi orang-orang yang ada di sekitar.

"Tentu Kita berharap sesudah kegiatan ini dapat menambah semangat rasa kepedulian kepada lingkungan, pada sesama dan kepada diri sendiri, dan nir meracuni diri sendiri dengan minum-minuman keras serta zat berbahaya lainnya. Tentu ini akan menjadi contoh teladan yang baik bagi peserta. Saya jua berharap nantinya mereka akan menjadi agen perubahan pada penguatan pendidikan karakter," ucapnya.

Rencananya, kemah ini akan dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan ke-I pada 24-27 November2019 serta angkatan ke-II dalam 29 November2019 – dua Desember2019 pada Palace Hotel, Cipanas – Jawa Barat. Masing-masing angkatan dihadiri oleh 17 Kwarda, sehingga menurut 2 angkatan tersebut akan ada 34 Kwarda yang terlibat dalam aplikasi agenda ini. (Nurul/Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel