Harmonisasi Peserta ISPC Dengan Empunya Rumah Sangat Terkesan


Hubungan peserta Internasional Scout Peace Camp2019 (ISPC2019) menggunakan pemilik tempat tinggal loka mereka tinggal berjalan sangat terkesan. Selama 3 hari mereka peserta ISPC terbiasa menjalankan rutinitas kehidupan rakyat di Sub Camp Situ Babakan, Jakarta Selatan.

Mulai dari bangun tidur, mandi dan membersihkan rumah berikut halamannya dijalankan dengan baik. Bahkan mereka makan pagi (sarapan) bersama dengan keluarga baru mereka. Suasana ini membuktikan bahwa mereka bisa menyesuaikan diri menggunakan kebiasaan serta budaya masyarakat setempat.
Walapun tidak mudah, tapi ternyata mereka bisa beradaptasi dengan pemilik tempat tinggal dimana mereka menginap. Ada pula aktifitas positif sudah biasa mereka lakukan sejak bangun menurut tidur, seperti yg dituturkan peserta ISPC2019 dari Jawa Timur yg biasa dipanggil alfa.
“aku lebih senang bangun pagi bahkan sebelum matahari terbit” ujarnya  Tak hanya itu saja, kemudian dia membantu menyiapkan sarapan buat sahabat-temannya yang asal dari Maldive serta Australia.
Bahkan adapula yg bangun kesiangan pada pagi ini, yah… salah satunya sahabat kita Johannes asal Zimbabwe, lantaran di malam terakhir mereka pakai buat saling bercanda serta bertukar cerita sesama satu kamarnya sehingga beliau dan teman-temannya tidur larut malam. Tetapi demikian Johannes nir mau ketinggalan dalam aktivitas pagi, lantaran menurutnya kegiatan di Sub Camp Setu Babakan ini begitu seru serta luar biasa. (HB)

//www.facebook.com/groups/jurnaljambore

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel