Peserta ISPC Belajar Ngangon Domba

Salah satu aktivitas pada Sub Camp Kampung Domba, Pandeglang, Banten merupakan belajar mengangon domba. Para peserta International Scout Peace Camp2019 (ISPC) tampak antusias melakukan kegiatan yg mungkin langka di lingkungan mereka, apalagi peserta berdasarkan luar negeri. Mulai dari memandikan domba, mencukur bulu domba, hingga memeluk domba kecil yang sangat menggemaskan merupakan bagian yg tidak terhindarkan menurut kegiatan yang bertajuk mengangon domba.
Jangan salah , tidak sinkron menggunakan kambing, domba mempunyai sifat yg lebih liar serta cenderung susah diatur. Untuk mengeluarkan berdasarkan kandangnya saja butuh tenaga yang sangat kuat. Walaupun aroma di kurang lebih kandang domba nir sedap, tetapi peserta ISPC permanen semangat melakukan aktivitas ini.
Daging domba jauh lebih enak dari pada daging kambing biasa, ujar Muhamad Djamaludin, anggota Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Pandeglang. Djamaludin yg memandu aktivitas ini mengungkapkan, selain dagingnya dimakan, bulu domba pula memiliki manfaat buat bahan jaket, walau dia mengakui bahwa manfaat yang ke 2 ini belum dilakukan secara maksimal di Kampung Domba ini.
Muhamad Djamaludin menuturkan bahwa domba secara rutin dimandikan seminggu sekali dengan menyemprot, dan menyikatnya menggunakan sabun cuci. Secara rutin bulu domba dicukur 3 bulan sekali agar kelihatan bersih. Hal lain adalah domba jantan dan betina ditempatkan terpisah kecuali masa kawin, lantaran kalo disatukan, antara domba jantan serta betina akan bertengkar.
Dalam kegiatan mengangon domba, suasana lucu serta menggelikan terjadi. Melihat domba mini yg imut membuat peserta ingin memegang dan memeluknya. Seperti yang dilakukan sang salah satu peserta ISPC dari Thailan, Chanathip Eujongdee. Ia tampak sangat gemas menggunakan anak domba berbulu putih dan hitam tadi. Anak domba tersebut merupakan anak domba paling lucu menurut yang lainnya. Chanathip menggendong dan memeluk domba tersebut dengan penuh kasih saying.
“kamu niscaya kangen ibumu. Okeh..okeh.. Saya akan mengantarkanmu padanya”, begitulah pungkasnya waktu menggendong anak domba lucu tadi.
Begitulah pengalaman mengasyikkan berdasarkan galat satu kegiatan yang paling menarik pada Kampung Domba ini. Pastilah ISPC ini sangat mengesankan buat mereka seluruh sebagaimana yang dikatakan oleh salah satu peserta dari Afrika Selatan, Nkuleko, “I AM LOVIN IT!”. (FH)

//pramuka.or.id/news/news.php?IntID=489

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel