ISTILAH DALAM KAPAL PERIKANAN

Istilah pada kapal perikanan memang nir berrda jauh denga kata pada kapal kapal yg lainnya. Diantara nya adalah : Lambung kapal, geladak, haluan, buritan, kata dalam kapal dalam umumnya.

Lambung Kapal.
Lambung kapal atau badan kapal umumnya panjang serta simetris terhadap bidang tengah memanjang kapal. Pada umumnya kapal pada bagian tengah berbentuk persegi panjang memakai kedua sudut yang masih ada dibawahnya dibulatkan. Dihaluan dan  buritan bentuknya mendekati alfabet   v (fi).

Pada bagian depan diklaim Haluan serta  bagian belakang disebutburitan, bagian bawah disebut alas, dan  ke dua dinding disamping biasa dipercaya sisi ataulambung. Alas beserta menggunakan lambung kiri dan kanan dianggap jugakulit luar. 

Kulit luar yang berada pada atas bagian atas air atau jarak vertikal semua lambung kapal yang diukur berasal tepi deck sampai ke garis muat dianggap lambung bebas (free board).


Kulit kapal baja masing-masing pelatnya sanggup dihubungkan memakai cara di  las atau cara keling. cara las merupakan proses buat menghubungkan pelat yang terlebih dahulu pada bagian pelat yang akan disambung dicairkan, dan  cara keling merupakan proses penyambungan pelat menggunakan paku keling.
Geladak.

Geladak atau deckmerupakan lapisan yg menghubungkan bagian atas kapal. Geladak ditopang sang balok geladak. Geladak tersebut dibuat tidak datar akan tetapi melengkung ke arah melintang yang biasa disebut konveks geladak serta mendukung ke arah memanjang disebutlengkung geladak atau gaing.

Geladak paling atas yang menerus sepanjang kapal disebut geladak primer serta geladak yg terletak pada atas ruang muncul disebutgeladak kimbul. Diatas ruang akil disebutgeladak akil dan pada atas anjungan disebutgeladak jembatandan ad interim geladak buat menempatkan sekoci dianggap geladak sekoci.

Baca Juga ;


Kimbul

Kimbul adalah bangunan yg berdinding tipis serta selebar kapal pada atas geladak utama yg berada pada bagian buritan, dibagian tengah adalah anjungan dan di depan merupakan akil. Di geladak primer didesain atau dibentuk suatu lubang palka buat lewat barang muatan kapal ke palka serta berasal dalam palka. Dan  lubang palka tersebut diberi penutup palka.

Dasar berganda (double bottom)

Dasar berganda (double bottom) merupakan dasar yg rangkap 2. Sebelah luar alas kapal serta sebelah pada alas dalam (top tank) dipakai buat :

1.memberikan perlindungan tinggi pada keselamatan kapal pada dalam pelayaran Jika terjadi kerusakan di dasar kapal.

2.menjadi daerah “air ballast” Bila kapal berlayar tanpa muatan.

3.menjadi loka menyimpan bahan bakar, air tawar serta minyak pelumas.

4.memperbaiki stabilitas menggunakan mengisi ruang dasar berganda  dengan muatan cair.sebagai ruang pemisah (cofferdam)

Ruangan yg ada di dasar berganda buat memisahkan tangki-tangki yang diisi menggunakan cairan yg tidak selaras jenis.


Sekat kedap air (bulk head)

Sekat kedap air terdapat dua (2) macam yaitu :

1.sekat kedap air melintang (transversal bulk head)

2.sekat kedap air memanjang (longitudinal bulk head)

Sekat rapat air mempunyai manfaat buat :

1.membagi kapal atas beberapa bagian (kompertment) yang kedap air.

2.menambah kekuatan melintang pada kapal.

3.mencegah barah menjalar apabila terjadi kebakaran dan mencegah air apabila terjadi kebocoran dalam keliru satu ruangan.

Sekat kedap air melintang yg harus dipasang berdasarkan ketentuan solas sebagai berikut :
1.satu buah sekat pelanggaran (collision bulk head)
2.satu buah sekat kedap air kamar mesin dibagian depan
Tiga.satu buah sekat rapat air kamar mesin dibagian belakang
4.satu butir sekat rapat air belakang (after peak bulk head)tangki ceruk (peak tank).

Baca Juga ;


Tangki ceruk terdapat 2 macam yaitu :

1.ceruk haluan (fore peak tank), adalah tangki yg bagian depannya dibatasi oleh linggi haluan serta  di belakang oleh sekat pelanggaran. Ceruk haluan dipakai untuk tangki ballas atau bak rantai jangkar.

2.ceruk buritan (after peak tank) ialah tangki yg dibatasi sang linggi buritan dan  dinding sekat rapat air belakang. Ceruk buritan ini berguna buat tangki air ballast.

Linggi

Badan kapal dilengkapi oleh bagian depan dengan linggi haluan (stem) dan  bagian belakang memakai linggi buritan (stern post) yg adalah ujung-ujung yg kokoh untuk suatu kapal. 

1.linggi haluan (stem)

Ada beberapa bentuk linggi haluan yg kita ketahui antara lain :

1.linggi haluan tegak (vertical stem)
2.linggi haluan condong (racked stem)
3.linggi haluan bulba (bulb stem)
4.linggi haluan maier (maier stem)
5.linggi haluan gunting (clipper stem)
6.linggi haluan pemecah es (ice breaker stem)


2. Linggi buritan (stern post)

Ada beberapa bentuk linggi buritan diantaranya :
1.berbentuk eliptik.
2.berbentuk jelajah (cruiser) menggunakan kemudi yang imbang.
3.berbentuk jelajah (cruiser) menggunakan kemudi gantung.
4.berbentuk balok lintang (transom)kemudi
Kemudi pada kapal berfungsi buat memasak arah mobilitas kapal. Buat menggerakkan daun kemudi yang berada dalam bawah permukaan air, digunakan mesin kemudi yg dihubungkan menggunakan poros kemudi di ruang mesin kemudi.
Mesin kemudi ini bisa dioperasikan dari ruang nahkoda yang berada dalam anjungan.

Macam-macam bentuk dan jenis daun kemudi diantaranya :

1.kemudi balancir
2.kemudi plat tunggal
3.kemudi plat gandakamar mesin.

Pada kapal suatu mesin kapal memiliki ruangan sendiri diklaim kamar mesin. Dalam kamar mesin ini poly diletakkan mesin seperti mesin induk (main engine), mesin bantu (auxilary engine), pompa-pompa, kompresor serta lain sebagainya. Sedangkan lebar kamar mesin didesain selebar kapal sedangkan panjangnya sekitar 15 % dari panjang kapal.

Letak kamar mesin dalam kapal berada pada belakang atau ditengah-tengah kapal. Di kapal ikan, biasanya ditempatkan di tengah hal ini bertujuan buat mengungkapkan keleluasaan pada anak butir kapal agarkan sanggup bekerja di bagian belakang pada kapal ikan.

Palka ikan.

Ruang palka (ruang muat) ialah ruangan dibawah geladak yg bermanfaat sebagai loka penyimpanan muatan kapal. Barang muatan harus  bisa tersimpan menggunakan baik, supaya tidak rusak dan nir busuk.

Oleh karena itu ruangan palka wajib   bisa memenuhi beberapa persyaratan eksklusif antara lain :
1.ruang palka wajib rapat air, maksudnya barang-barang yg terdapat pada pada ruang palka tadi harus bisa dijamin tidak kemasukan air.

2.ruang palka nir gampang terpengaruh panas dari luar sebagai akibatnya es yang terdapat pada pada palka tidak simpel mencair atau suhu yg rendah pada pada palka nir praktis berubah naik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel