PENGGUNAAN LAMPU DI KAPAL PERIKANAN

Penggunaan Lampu di kapal Perikanan - Menurut Convention on The International Regulation For Preventing Collisions At Sea, 1972

Penerangan diatas kapal berupa lampu - lampu operasi yg diletakkan sepanjang kapal sesuai menggunakan keperluan pada berbagai ruangan yg berada diatas kapal seperti di main deck, deck house, serta sebagainya.

Baca Juga ; Cara Menggunakan GPS NElayan
Lampu - lampu diatas kapal ada pula yg dianggap lampu navigasi yaitu lampu - lampu kapal yang harus dipasang pada saat kapal berlayar diantara matahari terbit serta terbenam, sedemikian rupa sehingga jenis kapal, letak serta arah kapal bisa diketahui.


PENGGUNAAN LAMPU DI KAPAL PERIKANAN


Untuk kapal yang sedang melakukan kegiatan pada malam hari diharuskan memakai penerangan antara lain :

1. Penerangan Tiang.


Penggunaan Lampu di kapal Perikanan dalam penerangan tiang 
Menggunakan lampu warna putih yang diletakkan diatas sumbu tengah muka belakang kapal yg menampakan cahaya permanen menggunakan busur cakrawala sebesar 225. 
Untuk kapal menggunakan panjang > 50 m wajib memiliki 2 penjelasan tiang, dimana letak lampu dalam tiang belakang harus lebih tinggi berdasarkan tiang depan .

2. Penerangan Lambung.

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan pada penerangan lambung Menggunakan 2 lampu dengan rona yang tidak sama. 

Merah buat lambung kiri serta Hijau buat lambung kanan. Keduanya wajib memberitahuakn cahaya permanen/terus-menerus dengan busur cakrawala 112,5˚ dan dipasang sedemikian rupa sehingga memperlihatkan cahaya lurus ke depan hingga 22,5˚ di belakang arah melintang dalam sisi yang bersangkutan. 
Untuk kapal yang ukuran < 20 m, penjelasan lambung boleh dipadukan dalam satu lentera yang dipasang diatas di muka belakang kapal.

3. Penerangan Buritan

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan dalam buritan menggunakan memakai lampu warna putih yang menerangkan rona tetap mencakup busur cakrawala 135˚. Dipasang sedemikian rupa sehingga menunjukkan cahaya 67,lima˚ lurus kebelakang pada masing-masing sisi kapal.


4. Penerangan Tunda

Penggunaan Lampu di kapal Perikanan ini memakai rona kuning yg mempunyai ciri yg sama menggunakan penerangan buritan dan dipasang pada atas penerangan buritan.

5. Penerangan Keliling

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan ini menampakan penerangan permanen meliputi busur cakrawala sebanyak 360˚ dan umumnya digunakan bila kapal sedang melakukan kegiatan


6. Penerangan Cerlang

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan dengan menggunakan cahaya yg berkedip-kedip dengan interval waktu 120 kedipan/mnt. 

Penerangan-penjelasan tadi memiliki intensitas atau daya tampak yang berbeda-beda sehingga mempunyai jarak jangkau minimal penjelasan kapal yang bhineka pula. 
Daya tampak penjelasan sebesar sepuluh mil, merupakan bahwa penjelasan tadi wajib sudah kelihatan pada batas minimal sepuluh mil.
Pada waktu Ini penngunaan lampu di kapal perikanan bukan hanya buat menerangi aktifitas kapal tetapi sudah di gunakan sebagai sarana bantu penangkapan Ikan.

= = Baca Juga : Lampu Pengumpul Ikan ==


Alat bantu penangkapan berupa cahaya sering kita jumpai semisal kapal perikanan sejenis kapal purse seine, kapal cash net serta kapal bagan.

Selain mengenatahui tentang penggunaan lampu, kita pula harus sedikit mengetahui serta mengerti tentang jenis jenis lampu di kapal perikanan.

Sumber : Materi Pelatihan Penangkapan Ikan

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel