ISTILAH INGGRIS DI DALAM KAPAL

Istilah Inggris Dalam Kapal - Ada begitu banyak kata bahasa Inggris di global kepelautan. Ungkapan-ungkapan yang terkadang sama sekali lain berdasarkan Umumnya bahasa Inggris yg kita pakai. 

Umpamanya Sebutan buat sebelah kiri dalam atas kapal tidak dibilang left side Melainkan port side. 


Begitu juga buat sebelah kanan, dalam atas Kapal disebut sebagai starboard & bukan right side. Masih Banyak sebutan lainnya yg sahih-benar tidak sesuai memakai Bahasa Inggris ‘kebanyakan’.


Penggunaan Bahasa Inggris serta istilah di kapal nir misalnya umumnya. Dengan Bahasa inggris kita bisa Mengembara ke aneka macam penjuru global, 


untuk sekedar Berkenalan memakai banyak sekali macam perahu, atau jua kapa Mini   yg mereka punyai. Misalnya terdapat ‘Alia’, ini bukan nama Cewek manis, melainkan perahu anggun. 

Alia merupakan semacam Kano yg digunakan sang penduduk Tongan menurut Samoa. Dua Kano dijadikan satu dengan memasangkan platform eksklusif Yg terbuat menurut papan-papan misalnya Akona menurut Port Moresby. 


Lain lagi dengan ‘Ama Fune’, adalah sejenis perahu atau kapal Penangkap ikan dalam Jepang yang menggunakan pukat lingkar Seperti pula Uomi Fune & Onaka Fune. 

Istilah Inggris Dalam Kapal

Lalu jenis apakah ‘angge’ yang mampu kita jumpai pada laper’s Islanda (New Hebrides)?Itu ternyata adalah kano bertiang satu, 

badannya Berbentuk homogen contohnya kerang. Terkadang beliau dinamai jua Dengan sebutan ‘ango’. ‘Karabel’, adalah bahtera layar berdasarkan Laut Azov & Laut Hitam.

Sedangkan ‘Kauri Pine’ adalah bahtera kayu berdasarkan New Zealand. Bagaimana memakai ‘Kialu’ ?

Oh, itu adalah sejenis kano terbuat Berdasarkan papan, yang dipakai sang bangsa India dalam selat Magellan. ‘Lakandrao’, merupakan perahu berlayar tunggal berdasarkanMadagascar. 

Pernahkah Anda mendengar Apollo?Nama itu Telah begitu kental pada benak kita, telah sangat sering Didengar, tetapi apakah Anda pernah mendengar ‘Zoppolo’? 

Mungkin sangat sporadis, karena itu adalah 'hanya' sebuah Bahtera ikan terbuka berdasarkan Pantai Croasia. Perahu ini memakai Homogen ‘sema-sema’ tatkala sementara melautdemi menjaga


Ekuilibrium pada bahari.apakah ‘sema-sema’ itu?

Nanti dibahas dalam Bawah gambar ini dia.


Sumber: Perahu sema-sema siap diluncurkan buat melaut Dan mencari ikan, di Pantai Lopana
‘Cadik’ /outrigger, merupakan sebutan buat bambu atau kayu Yang dipasang pada samping kiri & kanan bahtera menjadi Stabilitas bahtera tersebut.

Di Manado serta Maluku stabilitator ini Disebut ‘sema-sema’. Makanya kita mengenal masih ada sebutan Perahu sema-sema. Di Maluku pula ada ‘kole-kole’. Di Sulawesi Selatan masih ada ‘lepa-lepa’, serta masih poly lagi. Kalau ‘leva-leva’, 


Itu merupakan sampan yg digunakan suku Ingurus & Nungbuyu berdasarkan Groote Eylandt serta Pantai Barat berdasarkan Teluk Carpentaria. Kita juga mengenal ‘pakata’, ini adalah perahu ‘sema-sema’ berdasarkan kepulauan Bacan, kadang ia dianggap pula Menjadi ‘Perahu Paketa’. 


Sema-semanya terbuat dari tiga batang Bambu yg diikat jadi satu, serta kemudian ditahan oleh dua Kayu penahan yg dipasang secara melintang. Sumber: 


Perahu sema-sema pada Amurang, Minahasa Selatan (Minsel) ‘Ballahou’ merupakan bahtera bertiang ganda menurut Bermuda.


Layarnya sempit tetapi tidak mengecewakan tinggi. ‘Batelo’, merupakan kapalMini   yg dipakai di Pantai Timur Afrika. Beratnya lebih kurang 30Ton saja, dan panjang tidak lebih menurut 7-8 meter. ‘Billboy’ adalah Kapal layar mini yg memiliki haluan tajam, sering dijumpai pada Sungai Humber di Inggris sana. Mari kita terbang ke Itali. 


Di sana ada ‘abanella’, lagi-lagi, ini Bukanlah nama cewek manis, melainkan sebuah perahu kecil Terbuka yg tak jarang digunakan oleh para nelayan buat Menangkap ikan tuna pada pantai Itali memakai memakai Jaring. 


Juga dianggap ‘musciaretta’ pada Sicilia atau ‘barbariccio’ dari Wilayah Sardinia. Jikalau pada setiap agama kita mengenal sebutan nabi, maka Dalam global keperahuan kita juga punya ‘nabbie’, dan itu Merupakan bahtera terbuka berdasarkan Scotlandia yang mempunyai panjang Lebih kurang 10 meter. 


‘Chaloupe’, merupakan sebuah nama yang diberikan buat kapal Ikan yang digunakan pada daerah Pantai Perancis pada sisi Atlantik, Perjalanannya sanggup dari Bayonne ke Brest. ‘chalupa’ lain lagi,Serupa akan tetapi nir sama, bukan kembar, 


karena itu adalah sebutan Buat kapal ikan yang bergeladak pada Pantai Peru, bentuknya Tajam & memiliki badan besar .untuk agar bisa sedikit relaks, mari kita simak dulu kata- Istilah ini dia. 


Ada istilah pada dialek Manado yg Rupanya sudah seringkali dipakai sang para pelaut. Sebutan ‘cikar Kanan’ & ‘cikar kiri’ mudah dijumpai dalam antara para pelaut. 


Bahkan istilah tadi bisa kita dengarkan pula pada Dendangan lagu pop Manado berjudul “Balada Pelaut”. Di bait Terakhir lagu tadi tersua syair ini: Kita bale ngana so laeng…Kita bale ngana so kaweng…Cikar kanan vaya condios


Cari laeng…Di atas kapal, ‘Cikar kanan’ = hard starboard, merupakan kata Untuk belok kanan penuh. Maka ‘cikar kiri’ kebalikannya, adalah Buat putar kemudi penuh ke kiri (Port Side).‘Cunner’, merupakan kano panjang berdasarkan Chespeak Bay Amerika Yang dipakai buat menangkap udang. 

Ada pula yang Menyebutnya sebagai ‘kinoo’, atau malah memakai sebutan Lainnya lagi yaitu ‘Virginia Canoe’.kalau kita mendengar demam Berdarah dengue tentu amatlah menyeramkan, & nir ingin Kita buat tertular sang virus tadi. Severedengue atau Dikenal pula menggunakan sebuatan dengue Haemorrhagic Fever Tentu saja bisa membawa kita pada kematian. 


Tetapi, terdapat Dengue yang justru akan membawa kita kepada ‘kehidupan’, Oleh karena beliau memberi kita ikan buat kita selanjutnya kita Santap & makan kenyang. ‘Dengue’ ini adalah bahtera kecil Terbuka yang digunakan untuk menangkap ikan Sardin pada Pantai Cantabria Spanyol. Bagaimana menggunakan ‘dorna’?


Sebutan Buat kapal apakah itu?Itu kentara bukanlah nama kapal para Ilahi atau jin. 


‘Dorna’ adalah homogen kapal ikan lainnya berdasarkan Spanyol yang mempunyai berukuran panjang kurang lebih 3-4 meter. ‘Dory’, merupakan perahu terbuka yg didayung dalam daerah Amerika yang digunakan sang para nelayan kurang lebih buat Membawa & memasang jaring. 


Kapal penangkap ikan Umumnya memerlukan dan membawa kurang lebih 20 jaring untuk Ditebar.pernahkah Anda mendengar istilah ‘Gust of Wind’?Itu adalah Istilah saat angin yg mendadak menjadi kencang. 


Ketika Kita ad interim asyik mendayung bahtera kita buat Menerima beberapa ekor ikan, lantas datang-tiba terdapat angin Kencang yg datang menerpa, maka itu dianggap sebagai ‘gust Of wind’. Di bahari tanggal seorang pelaut jua harus mengenal & Mengetahui poly kata asing lainnya. Misalnya ‘astern’ yg Ialah ke arah buritan kapal. Ada jua ‘bar draft’ atau Kedalaman air pada atas ambang. Lainnya, ‘bar port’, artinya Suatu pelabuhan tadi hanya mampu dimasuki kapal bila Terjadi air pasang yang relatif tinggi, yang lantas Memungkinkan kapal buat melewatinya.

 Ada jua istilah ‘laidUp’, artinya menambatkan kapal atau kapal lagi tidak Beroperasi. Serta masih banyak istilah-kata lainnya (yg Mungkin mampu saya sajikan dalam tabrakan pena-goresan pena berikutnya) Kini kita balik dulu ke Spanyol, pada sana bisa ditemui juga ‘jabeka’, yaitu perahu nelayan Spanyol yg menggunakan Dayung (mungkin waktu ini sudah poly yang dipakaikan Mesin, 


agar jalannya lebih cepat tentu saja). Nah, ‘kalipoulo’, Merupakan perahu nelayan kepulauan Trobiand, New Guinea.sering kali pada badan kapal tersebut terdapat rupa-rupa lukisan. Kalau ‘kalla doni’, itu merupakan bahtera menurut daerah Srilanka Utara,masih ada jua yang menamakan bahtera tersebut memakai sebutan ‘boatila manche’. 


Terakhir adalah ‘Kanda Bache Kaik’, itu merupakan Kapal ikan dari Turki yg mempunyai panjang lebih kurang 14 meter. Di Indonesia kita juga ada Janggolan, Lete-lete, Menting, Orembai, Jagohan, Jegong, Kelotok, Ketinting, Konting, Kora-kora, &

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel