Jenis dan Teknik Panjat Tebing

Dalam materi panjat tebing kali ini kita akan membahas mengenai jenis dan teknik panjat tebing. Dimana teknik panjat yg kita pakai dipengaruhi oleh bagian atas atau contoh tebing yang kita panjat sedangkan Jenis Panjat Tebing dipengaruhi oleh indera yg dipergunakan. Secara umum teknik panjat tebing ini terbagi sebagai tiga macam teknik dan selebihnya merupakan pengembangan menurut teknik teknik panjat tebing tersebut. Teknik Panjat tebing jua merupakan sebuah strategi buat menaklukkan sebuah jalur pemanjatan sehingga dapat meminimalisir resiko kecelakaan dalam pemanjatan.

Teknik Dasar Panjat Tebing

Seperti yg disampaikan pada atas bahwa teknik panjat tebing merupakan sebuah strategi untuk menaklukan jalur pemanjatan serta secara umum taktik tersebut dibagi menjadi 3 :

  1. Face Climbing adalah teknik panjat tebing menggunakan memanfaatkan tonjolan batu (point) atau rongga dalam tebing yg sekiranya bisa digunakan oleh tangan (untuk dipegang) dan kaki (buat dipijak) buat menjaga ekuilibrium tubuh.
  2. Friction / Slab Climbing adalah teknik panjat tebing yg dilakukan pada tebing yg nir terlalu tegak (vertical) dan mempunyai bagian atas kasar sebagai akibatnya menggunakan bantuan gesekan maksimum (kekuatan penuh) pada sol sepatu atau gesekan badan saja kita sudah bisa menjaga ekuilibrium serta melakukan pemanjatan.
  3. Fissure Climbing merupakan teknik panjat tebing yang memanfaatkan celah pada tebing buat melakukan pemanjatan.
baca juga Teknik Repling dan Prusiking yg Aman
Dalam perkembangannya tiga teknik dasar atau taktik umum dalam panjat tebing di atas akan membagi Fissure Climbing  menjadi beberapa teknik panjat tebing baru dengan memanfaatkan celah-celah tebing.

Pengembangan Teknik Panjat Tebing

Jamming adalah teknik panjat tebing dengan memanfaatkan celah tebing, dimana celah tebing cukup buat dimasuki dua tangan hingga bahu sehingga bisa dipakai buat pegangan.


Chimneying merupakan teknik panjat tebing dengan memanfaatkan celah yang cukup lebar dan cukup buat dimasuki badan kita. Menggunakan punggung melekat pada dinding tebing dan mendorong, sementara kaki serta tangan menempel dalam dinding tebing yang lain buat menahan dan mendorong badan.


Bridging adalah teknik panjat tebing menggunakan memanfaatkan celah vertical yg cukup akbar.tehnik ini memakai ke 2 tangan dan kaki menjadi pegangan dalam kedua bagian atas tebing.

Lay back merupakan teknik panjat tebing menggunakan memanfaatkan celah vertical menggunakan menggunakan kekuatantangan dan kaki. Pada teknik ini jari tangan mengait tepi celah tersebut menggunakan posisi badan membeban ke belakang dan menempel kesisi tebing, untuk memperkuat pegangan pemanjatnya. Ke 2 kaki berpijak dan mendorong pada tepi celah yang antagonis buat membentuk daya angkat.

Hand Traverse adalah teknik panjat tebing yg dilakukan dalam tebing menggunakan mobilitas menyamping. Umumnya dilakukan saat memanjat secara vertical telah nir mungkin lagi.

Mantelself adalah teknik panjat tebing yang dilakukan pada tonjolan-tonjolan (teras-teras mini ) yang letaknya agak tinggi, namun relatif besar buat diandalkan sebagai tempat berdiri selanjutnya. Kedua tangan dipakai buat menarik berat badan, dibantu dengan pergerakan kaki. Jika tonjolan-tonjolan tadi setinggi paha atau dada maka posisi tangan berubah menurut menarik sebagai menekan untuk mengangkat berat badan yang dibantu menggunakan dorongan kaki.

Jenis Panjat Tebing Berdasarkan Pemakaian Alat Panjat


Artificial (Aid) Climbing adalah jenis pemanjatan yang memakai indera pengamanan tambahan seperi Piton (paku tebing), Bolt, Hanger dan lain lain. Artifical Climbing biasa dilakukan dalam tebing yang memiliki grid tinggi seperti hampir tidak ada tumpuan atau pijakan sebagai akibatnya memerlukan peralatan tambahan. Articifial Climbing biasa dilakukan buat menambah ketinggian pemanjatan.

Free Climbing adalah jenis pemanjatan yang menggunakan indera pengaman seminim mungkin buat melakukan pemanjatan tidak misalnya Artificial Climbing. Pada Free climbing diri sendiri adalah pengaman terbaik meskipun masih menggunakan tali serta memiliki belayer.

Free Solo Climbing adalah jenis pemanjatan yg nir memakai peralatan pengaman apapun.

Demikian materi panjat tebing tentang jenis dan teknik panjat tebing. Semoga Bermanfaat serta SALAM LESTARI.


sumber :
//id.wikipedia.org/wiki/Panjat_tebing
//en.wikipedia.org/wiki/Free_climbing
//en.wikipedia.org/wiki/Free_solo_climbing

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel