Kampung Siaga Pramuka


Bogor, Pelita 

Ratusan anak-anak Pramuka se-Jabodetabek meramaikan proram "Kampung Siaga" yang diselenggarakan di Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Minggu.
Dalam acara tersebut para pramuka siaga (7-10 tahun) berlatih dan mengkampanyekan hal-hal yang terkait menggunakan upaya pelestarian lingkungan hayati, khususnya buat rakyat perkotaan.
Di antara pembinaan yang didapat adalah mengenai teknik biopori, pembuatan kompos, sosialisasi butir lokal dan program vertikultur.
Acara tersebut diselenggarakan Taman Wisata Mekarsari, berkerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Kwartir Nasional (Kwarnas), LIPI, dan Kementerian Kehutanan, berkaitan menggunakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 2011.
Menteri Lingkungan Hidup Prof Dr Balthasar Kambuaya MBA meresmikan acara Kampung Siaga di Family Garden, Taman Wisata Mekarsari.
Menteri LH juga mengadakan obrolan menggunakan para pramuka siaga yg sudah dilatih menjadi duta lingkungan tersebut.
Di hadapan Menteri, para pramuka siaga memberitahuakn ketrampilanya misalnya dalam memasak sampah sebagai pupuk, dan membuat lubang biopori.
Pada kesempatan tadi juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kwarnas Pramuka dalam aplikasi "Saka Kalpataru", dan Pelantikan Pramuka Siaga Duta Lingkungan pertama di Indonesia.
Sementara itu Direktur Taman Wisata Mekarsari Tama Sinulingga berkata, ke depannya Taman Wisata Mekarsari akan terus berupaya menjadi bagian menurut gaya hayati warga yg sehat, peduli lingkungan dan terbaru.
"Kami sangat bangga lantaran turut menjadi bagian berdasarkan kegiatan Hari Cinta Puspa da Satwa Nasional 2011 dan menjadi tempat bersejarah dengan penandatangan MOU serta pelantikan pramuka duta lingkungan ini," ucapnya seperti diberitakan Antara.(djo)

sumber: //www.pelitaonline.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel