KAMUS SHIPING PELAYARAN INDONESIA

Kamus Shiping Pelayaran Indonesia - Sebagai Pelaut selain pandai pada berbahasa luar serta mempunyai ketrampilan dan keahlian yg memadai jua harus mengenal dan mengerti akan kata kata yg terdapat di global Pelayaran.

Maka Untuk Membantu para pelaut , Blog ini menaruh sedikit kamus shiping demi kemajuan dunia pelayaran khusunya pe;laut Indonesia.

KAMUS SHIPING PELAYARAN INDONESIA

A

Abaft = buritan, pada bagian belakang

Aboard = Di (atas, pada), berada pada atas/dalam kapal, naik kapal.

Abyss = That volume of ocean lying below 300 fathoms from surface. Bagian dasar laut yang menyerupai jurang ngarai yg sangat dalam, umumnya berada pada kedalaman 300 mil.

Accommodation Unit / Floatel = Biasanya dipakai buat menyelam atau seperti jackup (liat Jackup), dilengkapi menggunakan kabin, fasilitas makanan serta kantor yang sanggup menampung hingga 800 personel konstruksi atau operator platform tanggal pantai. 

Sebuah unit akomodasi umumnya juga dilengkapi dengan ruang kerja serta fasilitas penyimpanan.

Adrift = Terapung-apung, hanyut terkatung-katung. Berada pada syarat terapung pada bahari saat angin betiup kencang serta pada ketika pasang air bahari, umumnya dipakai buat menyebut orang yg tidak berada dalam tempatnya; meninggalkan tempat kerja.

Aframax = Sebuah kapal tanker yg memuat minyak menggunakan berat meninggal 75.000-115.000 ton. Ukuran statistik ini dipakai buat menjaga stabilitas berukuran menurut “Aframax Tanker”, karena pada beberapa tanker berat matinya lebih menurut 125.000 ton atau bahkan kurang dari 70.000 ton.


Against the Sun = Pergerakan yg antagonis menggunakan arah jarum jam. Tali yang kidal digulung menggunakan cara ini.

AHTS = Anchor Handling Tug & Supply, kapal pengatur jangkar yg jua dikombinasikan menggunakan fungsi kapal suplai.

All Risks: Pertanggungan buat seluruh jenis kerugian dan kerusakan namun tak termasuk kerusakan karena sifat barang sendiri, kehilangan kesempatan pasar serta risiko karena kerusuhan serta peperangan.

Alongside = Berada pada samping kapal, dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.

Altar = Tangga/undakan dalam dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yg rendah.

Anchor Handling Tug (AHT) = Kapal yang membawa tugas tertentu buat proses operasional di laut misalnya memasang dan memindahkan jangkar, mengangkut indera-alat instalasi pengeboran bawah bahari, dsb. 

Kapal tadi pula dapat berfungsi ganda menjadi kapal pensuplay kebutuhan (Anchor Handling Tug & Supply / AHTS).


Anchor Ice = Es, dalam bentuk apapun, yg terdapat di laut dan bisa membahayakan kapal.

ANNUAL SURVEY = Inspeksi tahunan yang dilakukan oleh petugas spesifik (umumnya berdasarkan class) buat mengecek keadaan kapal.

Apeak = Kondisi dimana tali pengait dalam jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.

A-stay = Kondisi tali pengait jangkar pada saat bagian ujungnya yg berkiprah kira-kira sama dengan sambungan bagian depan yang membisu.

Athwart = Menyeberang. Transfer.

A-trip = Kondisi dimana tali pengait jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.

Avast = Permintaan buat segera berhenti, berhenti menurut sebuah aksi.

Awash = Terendam air, diliputi ombak.
B

Ballast = Pemberat dalam kapal yang umumnya dipakai oleh kapal-kapal pengangkut kargo sehabis kargo tadi dibongkar. 

Sehingga kapal nir kehilangan keseimbangan ketika melaju tanpa muatan. Kapal kargo yg tanpa muatan umumnya memasukkan air laut untuk pemberat, syarat ini dinamakan “ballast”.


Bar Taut = Kondisi tali ketika mengalami tekanan sedemikian rupa hingga menjadi kaku.

Bareboat Charter = Proses peminjaman kapal kosong sang penyewa menurut perjanjian sewa-menyewa antara pemilik kapal dan penyewa, menggunakan tarif sewa yang sudah dipengaruhi. 

Pada saat kapal tadi disewa maka menjadi milik penyewa serta bertanggung jawab atas segala biaya operasional kapal serta kru kapal serta iuran pertanggungan kapal hingga batas perjanjian terselesaikan.


Barque = Kapal layar menggunakan 3 atau lebih tiang layar, yaitu tiang belakang yang dipasang dalam haluan serta buritan, serta tiang lainnya yang dipasang pada tengah kapal.

Barquentine = Kapal layar menggunakan 3 atau lebih tiang layar, yaitu tiang depan yg dipasang pada bagian tengah kapal serta tiang lannya yg dipasang pada haluan dan buritan.

Barratry = Tindakan operasional yang nir sesuai dengan prosedur atau etika yg dilakukan secara sengaja sang nahkoda atau anak butir kapal tanpa sepengetahuan pemilik barang atau kapal, dan menimbulkan kerugian baik bagi pemilik kapal juga pemilik barang.

Beams Ends = Keadaan kapal ketika garis geladaknya hampir berposisi vertikal lantaran terlalu lama pada keadaan diam.

Bear Off = Menapiskan, menjauhkan; perintah yg diberikan pada awak kapal di bagian haluan buat menjauhkan kapal dari dinding dermaga atau obyek lainnya yg berada pada sisi kapal; perintah menjauhkan kapal dari obyek yg beranjak mendekat.

Before the Mast = Sebutan buat seorang yg telah lama berlayar; di depan tiang kapal.

Belay = Istilah yang seringkali digunakan pelaut yang menyatakan penangkapan, atau membatalkan, menghentikan sesuatu; mengikat tali secara cepat menggunakan melilitkannya pada paku, atau obyek lain.

Bergy Bits = Pecahan dari es yg berukuran sekitar seukuran rumah mini , biasanya adalah patahan dari bongkahan glasier.

Berth = Tempat di mana sebuah kapal sedang ditambatkan atau diamankan; loka di sekitar kapal yang dipasangi jangkar atau yang akan dilempar jangkar; akomodasi terbagi dalam kapal; perekrutan kru kapal; menempatkan kapal dalam loka yg diinginkan.

Beset = Kondisi kapal waktu dikelilingi sepenuhnya oleh es.

Bleed the Monkey = Mencuri secara sembunyi-sembunyi isi pada sebuah tong menggunakan menciptakan lubang kecil dan menyedot isinya.

Boat = Kapal kecil yg umumnya digunakan buat mengangkut penumpang atau aktivitas lainnya pada skala yg kecil dan buat jangkauan jelajah yg mini pula.

Bone = Busa yang masih ada pada baling-baling kapal yang sedang bergerak yang umumnya jarang diketahui atau diperhatikan.

Booby Hatch = Penutup yang bisa digerakan secara meluncur yg biasa terdapat dalam kabin kapal mini , ruang penyimpanan, atau kantor kru kapal.

Bound = Proses menuju tujuan eksklusif atau loka yg spesifik.

Bouse = Menghela atau menyeret tali ke bawah. Sebenarnya ‘menghela’ berarti menarik ke atas, ‘menyeret’ berarti menarik secara horizontal. Perpaduan kata ini berarti menarik tali ke bawah.

Bowse = Menjatuhkan tali ke bawah.

Brash = Pecahan es yg biasa terdapat di samudera menggunakan berukuran yang relatif kecil yang berdiameter sekitar 6 kaki.

Breach = Sebutan bagi gelombang atau ombak yg menghantam kapal hingga rusak.

Breast = Garis pemasangan jangkar yang sekitar tegak lurus dengan garis haluan dan buritan kapal.

Breast Rope = Tali jangkar yg terpasang berdasarkan bagian haluan atau tengah kapal menggunakan sudut yg tepat terhadap garis depan serta belakang kapal.

Brig = Kapal menggunakan dua buah tiang.

Brigantine = Kapal perompak atau bajak laut; kapal bertiang dua yaitu tiang depan dan tiang primer tetapi dengan layar primer depan serta belakang, yg terdapat pada abad 19; pengertian dalam kapal masa kini merupakan kapal bertiang 2 dengan tiang depan dan tiang utama.

Brow = Jalan mini yg menghubungkan kapal menggunakan daratan saat berada di dermaga atau pada sisi tambatan kapal.

Bucko = Petugas/pengawas yg suka menggertak serta kejam.

Bulk Carrier = Sebuah kapal menggunakan geladak tunggal buat membawa kargo/muatan yg sejenis.

Bulkhead = Bagian depan serta buritan, pembagian bagian kapal secara vertikal buat memisahkan interior menjadi beberapa kompartemen. 

Dapat tembus air, menaikkan rigiditas struktur kapal, dapat melokalisasi imbas kebakaran dan air apabila terjadi banjir.


Bulk-oil carrier = Kapal multifungsi yang dibentuk buat mengangkut batubara atau minyak. Kapal ini biasanya mempunyai penutup tahan air agas batubara nir basah waktu hujan.

Bunker = Bahan bakar minyak yg digunakan buat mengoperasikan mesin kapal atau generator.

Buoyage = Kondisi pada mana pelampung sedang dilemparkan atau diletakkan pada samudera untuk menolong orang atau buat menstabilkan kondisi kapal.

Burgoo = Nama seseorang pelaut yang dipakai buat menyebut bubur gandum. Pertama kali disebutkan pada “Adventures of Sea” karya Edward Coxere (1656)

By the Board = Di atas kapal atau pada sebelah kapal.

C


Cable = Istilah unit kelautan buat menyatakan jeda yg bernilai lebih kurang 1/10 mil atau 608 kaki atau 200 yard.

Calving = Menghancurkan atau memisahkan bongkahan es menurut glasier atau gunung es.

Camber = Bagian geladak yg melengkung buat menahan air; bagian baku dari geladak luar yang berukuran kurang lebih 1/50 lebar kapal.

Camel = Cekungan pada bawah kapal yg terbuat berdasarkan logam atau kayu yg diisi air. Saat airnya terpompa keluar, bagian ini akan bisa mengangkat kapal. 

Merupakan alat krusial untuk tindakan penyelamatan. Biasanya dioperasikan secara berpasangan. Telah dipakai di Rotterdam pada tahun 1690; kata buat tindakan pengangkatan kapal.


Can Hooks = Dua pengait datar yang bisa berkecimpung bebas pada tali rantai atau kabel. Pengait ini terletak di bagian bawah tong kosong sebagai akibatnya berat tong tadi hanya pada rantai atau kabel yang akan mencegah pengait terlepas.

Capesize = Kapal yang terlalu besar untuk melewati Terusan Suez berdasarkan Teluk Arab, sebagai akibatnya terpaksa melewati Tanjung Harapan, dengan berat meninggal lebih kurang 80.000-175.000 ton.

Captain = Pangkat dalam Angkatan Laut di antara Komandan dan Komodor; Ketua kapal pedagang/kapal biasa yang memberi perintah pada kapal.

Careen = Mengatur posisi kapal sehingga sebagian akbar bagian bawahnya berada di atas air, buat keperluan pemugaran atau penambahan bahan anti-karat. Biasanya dilakukan dalam kapal mini .

Carry on = Melanjutkan pelayaran menggunakan layar terkembang lantaran syarat angin yg memburuk.

Catching up Rope = Tali ringan dalam pelampung buat menahan kapal saat pemasangan jangkar.

Catenary = Rantai panjang pada bagian tengah tali pengeret buat mengurangi tekanan yang mendadak; beban apapun yg dipasang pada tambang kapal untuk mengurangi tekanan; lengkungan yg terbentuk oleh rantai yg menggantung pada 2 titik.

Cat's Skin = Angin sepoi-sepoi yang hangat dalam permukaan bahari.

Charter = Penyewaan kapal menggunakan selang waktu serta jeda pelayaran atau paket perjalanan eksklusif.

Charter party = Kontrak antara pemilik kapal serta penyewa, menggunakan syarat serta ketentuan lebih jelasnya setiap tanggungjawab dalam transaksi.

Charterer = Pihak yg menyewa kapal dari pemilik kapal.

Check = Mengendurkan tali sedikit, lalu mematikan ikatan tali tersebut.

Checking = Mengendurkan tali sedikit dengan hati-hati dan teliti.

Chemical tanker = Kapal tanker yang dibuat spesifik buat transportasi bahan kimia. Biasanya dilengkapi menggunakan beberapa tanki berlapis bahan stainless steel. 

Kapal ini dapat membawa beberapa bahan kimia yang berbeda sekaligus, karena masing-masing tanki memiliki sistem pipa dan pompa tersendiri buat proses bongkar dan muat bahan kimia.


Chuch = Sebutan yg umumnya diberikan untuk kepala yang adil.

Classification = Pengelompokan, pembagian terstruktur mengenai. Setiap kapal wajib memasuki komunitas klasifikasi jenis kapal eksklusif untuk kemudahan premi serta perekrutan tenaga kerja dalam kapal. 

Komunitas klasifikasi ini merupakan badan independen di bawah pengawasan para professional perkapalan. Untuk mempertahankan penjabaran, kapal wajib memenuhi baku dan diinspeksi sang komunitas pembagian terstruktur mengenai yang bersangkutan.


Clock Calm = Cuaca laut yang sangat damai menggunakan ombak yg paripurna.

Close Aboard = Dekat, berdampingan, sangat dekat.

Colimation =. Penjajaran yg sahih dalam bagian optis suatu instrumen.

Combination carrier = Kapal yang dapat mengangkut baik kargo cair juga serbuk atau kering. 

Ada dua jenis combination carrier: ore carrier, pengangkut bijih tambang, serta bulk-tank-ships, kapal tanki pengangkut serbuk kering.


Container vessel = Kapal yang dibuat khusus buat membawa kontainer baku (TEU). Biasanya dianggap pula cellular container ship. 

Sebagian akbar kapasitas pengangkutan kargo berada dalam permukaan geladak tempat kontainer diletakkan, atau dalam ruang bersekat eksklusif. Kontainer diangkut dan diturunkan dengan derek spesifik. Container ship umumnya melaju menggunakan cepat serta bersiklus.


Crack on = Menjalankan kapal atau berlayar menggunakan kecepatan dan kemampuan penuh.

Craft = Kapal atau beberapa kapal dengan banyak sekali jenis serta berukuran.

Crane and Construction Vessel / Unit = Sebuah kapal, perahu, atau kapal selam yg memiliki perlengkapan buat konstruksi atau pemugaran suatu instalasi. Kadang pula menawarkan fasilitas akomodasi. 

Pelayanan lain yg ditawarkan merupakan fasilitas penyimpanan, suplai air, udara bertekanan dan listrik, ruang tempat kerja, pusat komunikasi, landasan helikopter , dan lain-lain.


Crank = Sebutan buat kapal yang memiliki stabilitas rendah, yang dapat disebabkan sang proses pembuatannya atau lantaran goncangan kargo yang dibawanya.

Creep = Mencari obyek karam dengan mengirimkan pencari ke dasar bahari.

Crew = Awak kapal, personel kapal selain nahkoda yg bekerja pada perahu atau kapal. Kadang-kadang awak kapal dibedakan dengan pegawai kapal; namun pegawai atau petugas kapal dapat berarti awak kapal yg legal.

Crimp = Seseorang yang mengumpan pelaut menurut kapalnya dan merampok pelaut tadi, dan atau memaksa pelaut buat meninggalkan/pindah kapal.

Crude Oil Carrier = Kapal yang dibuat untuk membawa minyak mentah dalam tanki. Contoh kapal jenis ini diantaranya Panamax (berat mati 50.001-80.000ton), Aframax (berat mangkat 80.001-120.000ton), Suezmax (berat meninggal 120.001-200.000ton), VLCC (berat mati 200.001-350.000ton), dan ULCC (berat tewas 350.001 atau lebih).

Cruise = Berpesiar. Perjalanan kapal dengan beberapa arah tujuan; berlayar dengan beberapa arah tujuan buat kesenangan, pencarian, atau keperluan latihan.

Cruise ship = Kapal pesiar, kapal penumpang yg membawa penumpang buat melakukan perjalanan wisata diantara beberapa pelabuhan eksklusif, umumnya dimulai serta diakhiri pada pelabuhan yang sama. Standar akomodasi dan rekreasi kapal ini relatif tinggi.

Culage = Menempatkan kapal pada atas dermaga buat keperluan pemugaran.

Customary Dispatch = Kecepatan biasa dan seringkali digunakan.
D

Dead on End = Sebutan buat angin yg akan menghadang kapal; atau sebutan buat kapal lain yang garis haluan serta buritannya ada pada garis pandang pengamat.

Demurrage = Kompensasi yg wajib dibayar oleh penyewa kapal jika usang ketika bingkar serta muat barang dalam kapal yang disewa melebihi dari ketika yg ditetapkan dari perjanjian sewa. 

Besarnya jumlah kompensasi ini umumnya disebutkan secara eksplisit waktu melakukan perjanjian sewa.


Deratisation = Pemberantasan tikus pada kapal.

Dingbat = Sebutan populer buat indera pengepel yg terbuat menurut tali tambang yg digunakan buat mengeringkan geladak.

Ditty Bag = Tas kanvas kecil tempat pelaut menyimpan sesuatu yang mini dan menguncinya.

Ditty Box = Kotak kayu mini dengan gembok dan kunci tempat pelaut menyimpan barang berharga, alat tulis, serta banyak sekali macam sesuatu yang mini .

Diurnal = Sehari-hari, perhari. Terjadi sekali pada satu hari.

Diving Support Vessel = Kapal yang memiliki perlengkapan selam, yang menjalankan banyak sekali jenis operasi penyelaman. Kapal ini bisa pula dioperasikan dengan remote control atau robot penyelam (Remote Operated Vehicle, ROV).

Donkeyman = Kelasi yang menangani pemanas atau mesin pembantu, dan membantu pekerjaan pada ruang mesin.

Donkey's Breakfast = Sebutan yang digunakan oleh pelaut pedagang buat matras atau loka tidurnya.

Double bottom / double hull = Lambung kapal atau bagian bawah kapal yg dibangun menggunakan teknik tertentu sehingga terdiri atas bagian pada serta luar yg terpisah sang ruang hampa, umumnya selebar beberapa kaki.

Drift Ice = Es dalam perairan yang mengandung pecahan es kecil yg terapung, tetapi total area air lebih akbar dari total area esnya.

Drilling Barge = Perahu yg dilengkapi dengan peralatan untuk operasi pengeboran di bahari yg hening. Biasanya tidak mempunyai mesin penggerak. Kedalaman maksimum pengeboran kurang lebih 150 meter.

Drilling Rig = Menara bor menggunakan sistem pemompa lumpur dan dapat diputar. Dapat dipasang baik dalam pengeboran tanggal bahari juga pada instalasi pengeboran lepas pantai seperti kapal pengebor (drillship).

Drilling Tender = Instalasi indera pengeboran untuk kapal yg jenisnya tergantung dalam kapal atau bahtera buat penyimpanan, akomodasi, serta sebagainya.

Drillship = Kapal yang dilengkapi dengan drilling rig (menara bor) serta mesin penggerak tersendiri. Posisi kapal ini tetap menggunakan adanya peralatan pengatur posisi bergerak maju (Dynamic Positioning Equipment). Kedalaman aporisma pengeboran lebih kurang 2.000 meter.

Dry cargo = Kapal yang membawa kargo kering, bisa mempunyai satu atau lebih geladak.

Dunnage = Suatu material dari jenis apa saja, baik permanen maupun sementara yang digunakan buat menjaga tempat penyimpanan serta melindungi kargo selama bepergian kapal.

DWT = Suatu unit kapasitas kapal buat kargo, bahan bakar, barang serta awak kapal, yang diukur dalam satuan ton yang setara menggunakan 1.000kg. Berat mangkat (dwt) kapal adalah total berat yang bisa dibawa sang kapal saat proses pemuatan barang.

F


Fair = Mengatur, mengubah, atau menyesuaikan bentuk atau ukuran.

Fairway = Jalur air yang dapat dilewati kapal, baik berupa terusan, pelabuhan, atau sungai.

Fake = Satu lingkar kumparan atau tali; menciptakan kumparan atau mengatur tali buat ornamen sebagai datar atau tampak datar yang umumnya berbentuk bulat atau segi delapan. Kadang disebut jua “cheesing down”.

Fang = Katup kotak pompa. Memancing pompa

Farewell Buoy = Pelampung buat dipakai pada tepi laut yang diberikan berdasarkan dermaga.

Fast = Tambang untuk menambatkan kapal; sebutan untuk kapal ketika sedang ditambatkan.

Fast Ice = Lapisan es di atas bahari yang melebar menurut daratan.

Fathom = Depa; Ukuran 6 kaki (1,83 meter); panjang yang dapat dicapai oleh lengan pria yg diregangkan. Satu depa kayu artinya mempunyai volume 6’x6’x6’=216 kaki kubik.

Feather Spray = Air berbusa yg naik menggunakan cepat sebelum buritan kapal berjalan serta baling-baling berputar di air.

Feeder Vessel = Kapal laut jeda dekat buat merogoh dan membawa barang dan kontainer berdasarkan atau menuju kapal laut besar .

Fiddles = Perekat buat bahan kayu yang dipakai pada meja makan kapal dalam cuaca yg jelek. Perekat ini akan membatasi gerakan piring, gelas, serta indera atau tempat kuliner lainnya.

Field Ice = Bongkahan es yang ujung-ujungnya tidak dapat dilihat dari kapal.

Flake = Menggulung tali sehingga masing-masing 2 ujung gulungan berjejer pada geladak bersebelahan menggunakan gulungan tali yang lain, sehingga tali dapat lebih gampang dilepaskan.

Fleeting = Memindahkan moving block dalam katrol menurut satu tempat ke loka lain; memindahkan satu orang atau lebih menurut satu area kerja ke area lain pada dekatnya.

Flo-flo-ship = Kapal spesifik yg bisa menyelam sebagai akibatnya kargo pada kapal dapat terapung atau hanyut, contohnya dalam pengangkutan indera dongkrak yg dapat dibawa dengan cara “piggy back” menggunakan flo-flo-ship.

Flotsam, Flotson = Barang-barang dan perabot yg masih terapung-apung selesainya terjadi kecelakaan kapal.

Fly Boat = Kapal boat cepat buat bepergian penumpang atau kemudian lintas kargo pada perairan yg aman.

Fothering = Menutup lubang kecil dalam bagian bawah kapal yg berada dalam air menggunakan menambalnya dengan layar yang diisi kayu berat.

Founder = Terisi menggunakan air serta karam.

Frazil = Es terapung ukuran mini pada air sungai. Sebutan ini juga digunakan buat lapisan es yg baru terbentuk dalam bahari.

Freshen the Nip = Menikung atau menarik sedikit bagian tali sebagai akibatnya bagian tali yg rusak atau terkoyak dapat terbuang atau digantikan menggunakan bagian yang masih baru.

Full and By = Berlayar dengan semua layar terkembang.

Furniture = Perabot utama pada kapal, misalnya tiang kapal, davit, indera derek, kerekan, dan lain-lain.

G


Gas tanker = Kapal spesifik buat transportasi gas (cair) terkondensasi. Kargo yang paling primer buat kapal ini merupakan LNG (Liquefied Natural Gas – gas alam cair) yg biasanya berupa gas metana, LPG – Liquefied Petroleum Gas (gas propana, butana), ammonia, dan etilen. Di atas kapal, gas dijaga supaya tetap cair dengan isolasi berefektifitas tinggi (menggunakan prinsip termos air), menggunakan cara memberikan tekanan tinggi atau temperatur yg rendah sampai -163oC.

Gilliwatte = Nama yg diberikan kepada seorang kapten kapal pada abad ke 17.

Glory Hole = Suatu tempat tertutup yg tersembunyi buat memberikan sampah atau barang yang nir diinginkan ketika membersihkan geladak.

Gob Line = Tali belakang; seutas tali yang dipakai sang kapal mini buat bertambat;

Growler = Gunung es kecil hasil pecahan gunung es besar .

Handymax = berukuran 30,001 dwt - 50,000 dwt

Handysize = ukuran 10,000 dwt - 30,000 dwt

Haul = Menarik, menghela

Hawser = Tali kabel baja yg fleksibel atau tali serat yang diunakan buat menarik atau 

membelokkan sesuatu, serta buat penambatan.

Hazing = Perlakuan sewenang-wenang menggunakan menyuruh orang bekerja terus-menerus, mengomel, dan berlaku kejam.

Head Fast = Tali penambat yang menjulur ke dapan dari ujung depan kapal.

Headway = Gerakan kapal ke depan di atas air.

Heave = Mengangkat.

Heavy Floe = Bongkahan es terapung menggunakan ketebalan lebih berdasarkan 3 kaki.

Hoist = Menaikkan

Horse Marine = Pelaut yg nir cekatan.

Hove = Terangkat

Hove To = Kapal yg berada hampir melewati angin, namun lalu berhenti, dan tetap dalam posisi ini dengan layar terkembang atau mesin yang tetap menyala.

Hoveller = Seseorang yang membantu penyelamatan jiwa dan barang-barang menurut kapal yg mengalami kecelakaan di dekat pantai. Apabila dibutuhkan, seringkali berada di kapal mini pada perairan dangkal buat menunggu datangnya kapal.

HSS - Highspeed Sea Service = Konsep kapal ferry cepat dengan lambung ganda atau multilambung menggunakan kapasitas angkut hingga 1500 orang penumpang dan lebih kurang 400 kendaraan beroda empat.

Hull Down = Sebutan bagi kapal yg berada dalam jarak jauh ketika lambung kapal berada pada kaki langit dan tiang serta bagian atasnya bisa terlihat.

Hulling = Floating Mengapung dalam kondisi angin serta bahari yang hening; berlayar dalam kondisi tenang; menembus kapal menggunakan proyektil.

Idle time = Periode saat menurut waktu kapal mulai beroperasi namun belum membuat keuntungan.

Idler = Anggota awak kapal yg bekerja sepanjang hari namun tidak ikut berjaga pada malam hari, misalnya tukang kayu dan pembuat layar.

Indulgence Passenger = Seseorang yg diberi tiket kapal perdeo, umumnya lantaran kasihan atau untuk menghibur.

Intermediate kuesioner = Inspeksi kapal sang surveyor golongan pembagian terstruktur mengenai kapal yang umumnya diadakan lebih kurang 2 setengah tahun sebelum serta sehabis inspeksi spesifik. Inspeksi ini umumnya lebih teliti daripada pemeriksaan tahunan serta bertujuan buat menjamin kelayakan standar kapal pada golongan klasifikasi tertentu.

Jack Nastyface = Nama panggilan buat pelaut yang nir populer, asal berdasarkan nama pelaut yg pernah menulis pamflet tentang kondisi Angkatan Laut Inggris pada awal abad 19.

Jackup = Instalasi yang dapat berkecimpung yg terdiri atas dek besar dengan kaki yg bias didongkrak. Saat beroperasi, kaki bicu dipasang dalam dasar bahari kemudian kapal didongkrak. Saat operasi terselesaikan, kaki dongkar ditarik pulang dan alat ini akan mengapung. Biasanya alat ini tidak dilengkapi dengan mesin penggerak tersendiri (kedalaman air maksimal 110-120meter). Biasanya digunakan sebagai pengebor.

Jerque = Pencarian kapal oleh suatu badan tertentu karena bahan-bahan yang diangkut kapal tadi yg ikut hilang.

Jetsam = Barang-barang yg telah keluar dari kapal dan tengelam.

Jimmy Bungs = Nama populer buat rekanan kapal.

Jolly Boat = Kapal kecil yang merupakan bagian berdasarkan kapal akbar buat keprluan tertentu.

Keckling = Mengikatkan tali mini pada sekeliling kabel atau tambang buat mencegah kerusakan terkikisnya kabel atau tambang tadi.

Kedging = Menggerakkan kapal dengan melempar jangkar dan menarik kapal menuju jangkar tadi.

Kelter = Perintah serta kesigapan yang baik.

Kenning = Istilah yg dipakai pada abad ke 16 untuk jeda daratan yang dapat diamati berdasarkan kapal pada bahari. Jeda ini bervariasi dari 14 hingga 22 mil tergantung kondisi atmosfer pada area tersebut.

Kentledge = Pemberat kapal permanen yang terbuat dari bijih besi, yang secara khusus dibuat serta ditempatkan pada setiap sisi kapal. Nama ini kadang juga diberikan buat pemberat apa saja yang terbuat berdasarkan besi.

Key of Keelson = Barang palsu yg umumnya terkirim kepada pelaut yang belum berpengalaman.

Killick = Istilah kelautan buat jangkar. Berasal berdasarkan nama batu yang dipakai menjadi jangkar.

Kippage = Nama yang pernah dipakai buat menyebut perlengkapan kapal, termasuk personelnya.

Knots per Hour = Lambang satuan yg tidak pernah digunakan bagi pelaut yang hati-hati, lantaran nir kentara dan nir logis.

Kraken = Monster bahari terkenal yg diperkirakan pernah terlihat di bahari Amerika dan Norwegia.

Laden = Dimuat, bermuatan. Sebuah kapal disebut laden/bermuatan ketika sedang membawa kargo.

Lading = Barang yang dimuat ke dalam kapal. Kegiatan memasukkan muatan pada kapal.

Lagan = Barang-barang karam yang telah diselamatkan buat proses pemugaran selanjutnya.

Lanyard = Tali atau tambang yg dipakai buat penyelamatan atau penambatan.

Large = Sebutan buat kapal yang berlayar menggunakan angin yg bertiup pada belakang tiang kapal, tidak pada bagian kanan buritan.

Lascar = Suku asli India Timur yg dipekerjakan menjadi pelaut.

LASH - Lighter Aboard Ship = Kapal tongkang, yaitu kapal yang dapat membawa tongkang pada atasnya.

Lask = Berlayar dengan layar lebar, menggunakan kekuatan angin yang menghadang tiang sekitar 4 poin.

Lay Aboard = Bergerak mendekati, menjejeri.

Lay Out = Perintah kepada para awak kapal buat berbaris; menjaga kapal tetap dalam posisi tertentu hingga beberapa saat.

Lay the Land = Meninggalkan daratan menggunakan berlayar hingga daratan tampak karam di bawah langit.

Laying on Oars = Memegang dayung dengan sudut yang sempurna terhadap garis depan serta belakang kapal dengan posisi horizontal serta paralel terhadap permukaan air. Digunakan jua sebagai istilah insinuasi buat pemalas atau yg tidak bisa menggerakkan kapal menggunakan dayung.

Lay-up = Menambatkan kapal buat ad interim menggunakan jangkar yg terlindungi, mematikan seluruh sistem operasi yg krusial dan menyelidiki keadaan kapal. Biasanya kapal mengalami lay-up selama beberapa saat saat pemiliknya beranggapan bahwa perjalanan kapal pada waktu tadi tidak menguntungkan.

Lazarette, Lazaretto = Tempat penyimpanan perbekalan kapal; kapal atau bangunan tempat seseorang dikarantina.

League = Ukuran jarak sepanjang 3 mil. Setara dengan 1/20 derajat garis lintang.

Lee Lurch = Gulungan berat buat menghadapi angin yang menerpa tiang kapal.

Lie = Diam dalam suatu loka atau posisi.

Lie By = Diam di samping kapal lain.

Lie To = Membeli kapal serta mendiamkannya dengan terpaan angin.

Light Hand = Pelaut yg muda tetapi pandai .

Light Port = Bak atau tingkapan yang dilengkapi dengan kaca.

Limber Holes = Lubang pada lantai kayu atau pelindung samping tanki loka masuknya air kotor dalam lambung kapal.

Line = Tali atau tambang yg ringan; tali mini buat kegunaan eksklusif.

Liner = Kapal yg berlayar dengan rute dan ketika bepergian yang telah dipengaruhi sebelumnya, menggunakan jadwal pelayaran yang terpublikasi.

Lipper = Laut kecil yg airnya naik pada atas haluan atau bibir kapal.

Lobscouse = Sup yg biasa buat kuliner di kapal terbuat berdasarkan daging serta sayuran siap saji.

Lo-lo-ship = Lift on-lift off-ship. Kontainer atau barang-barang lain yg dinaikkan ke atas kapal menggunakan alat derek.

Lop = Laut yg dangkal tetapi sangat bergelombang

Lubber = Seseorang yg kikuk atau nir ahli.

Lumper = Seseorang yang bekerja dalam kapal yang tidak bermuatan di dermaga, atau yang membawa kapal menurut satu dermaga ke dermaga lainnya.

Lurch = Kapal lain yg muncul datang-datang di bahari.

Lying to = Sebutan bagi kapal saat berhenti atau membisu pada dekat terpaan angin pada cuaca buruk.

M/T-Motor Tanker = Tanker yang digerakkan menggunakan mesin diesel.

Mariner = Secara generik berarti seseorang yang bekerja dalam kapal bahari. Kadang jua diartikan sebagai pelaut yg bekerja pada geladak.

Marry the Gunner's Daughter = Istilah populer yg digunakan sang Angkatan Laut zaman dulu untuk aksi mencambuk, biasanya ketika berhadapan menggunakan senjata api.

Master = Petugas yg menaruh perintah dalam kapal komersil. Biasanya buat sebutan petugas navigasi pada kapal.

Mate = Petugas asisten Master; pegawai ketua; orang yang sudah lama bertanggungjawab pada penyimpanan dan pemeliharaan kargo dan pengorganisasian kerja pelaut dan navigasi.

Middle Ground = Area laut di antara dua terusan navigasi.

Modern Mariner Glossary

Moor = Menjaga kapal dalam posisi tertentu dengan dua atau lebih jangkar dan kabel; memasang satu atau lebih pelampung pada kapal; mengamankan kapal menggunakan memasang tali.

Narrow Channel Rule = Peraturan tentang pengaturan terjadinya ukiran yang mengharuskan kapal buat bernavigasi pada jalur yang sempit buat menjaga supaya bagian kanan jalur yg dilalui kosong.

Newbuilding = Kapal yang baru sedang dibangun.

Nipped = Sebutan bagi kapal yg stress oleh balok es di kedua sisinya.

Nog = Paku kayu pada pantai buat membantu kapal yg tergelincir.

Nunatak = Puncak berbatu yg berada dalam daratan es.

OBO carrier = Kapal pengangkut; kapal yang dibangun untuk dapat membawa aneka macam jenis kargo (minyak/kering/bijih-Oil/Bulk/Ore)

Off and Fair = Perintah buat membuang bagian kapal yg berbahaya, mengembalikannya ke syarat dan bentuk yg seharusnya, atau merubahnya.

Off-hire = Periode saat ketika kapal buat sementara tidak dapat beroperasi karena keperluan pemeliharaan, perbaikan, atau pembongkaran.

Offing = Area bahari yg berada pada antara langit yg terlihat serta garis tengah antara langit serta pengamat pada pantai. Tetap dalam keadaan offing berarti menjaga jeda dari bahari.

Offshore service vessels = Isitilah generik bagi kapal khusus yg digunakan buat eksplorasi, pengembangan, serta produksi minyak dan gas yg ditemukan pada laut.

Oil tanker = Kapal yg membawa minyak mentah atau output penyulingan. Apabila kapal mempunyai peralatan untuk membawa beberapa jenis kargo secara bersamaan, kapal jenis ini disebut Parcel Tanker. Shuttle tanker merupakan tanker yang membawa minyak menurut tambang minyak lepasa pantai menuju terminal. Tanker minyak yg dibentuk spesifik buat transportasi output penyulingan, kadang dilengkapi menggunakan tanki yg diberi cat atau lapisan khusus di bagian dalamnya, dianggap product carrier.

OSV = Offshore Support Vessel. Kapal penunjang tanggal pantai.

Overhaul = Memeriksa buat keperluan perbaikan atau penyesuaian; menyusul; memperluas katrol sehingga jeda antar geladak semakin besar .

Pack-Ice = Beberapa balok es besar terapung yang telah sebagai satu serta menjadi lebih sulit atau lebih gampang terjangkau.

Paddy's Purchase = Istilah pelaut buat menyebut pemasangan tali yg sangat gampang tanpa kesulitan apapun.

Painter = Tali pada badan kapal buat menjaga posisinya saat proses pengeretan; rantai buat mengamankan jangkar dalam tempat eksklusif.

PANAMAX = Kapal yg mempunyai berat tewas lebih kurang 50.000-75.000 dwt dengan lebar dan 

panjang maksimum (lebar 32,dua m) dan bisa melewati terusan Panama.

Pancake Ice = Lempengan es mini yg baru terbentuk berbentuk bundar yg tidak menghalangi jalannya kapal.

Parclose = Lubang lentur pada kapal.

Parting Strop = Kulit yang dimasukkan diantara 2 tambang dan lebih lemah daripada tambang tadi, sebagai akibatnya akan melindungi tambang menurut tekanan yang berlebih; kulit khusus buat memegang tambang.

Pay Off = Menurunkan awak dan menutup perjanjian kapal komersil; pelepasan pangkat pada kapal militer; sebutan bagi haluan kapal ketika menghindari angin.

Peggy = Sebutan yang populer di kapal militer/komersil bagi pelaut yg kewajiban lemburnya merupakan membersihkan/membereskan bagian kapal yg berantakan.

Petty Officer = Pangkat diantara petugas dan kelasi, dan adalah pimpinan kelasi. Biasanya memiliki hak istimewa yg herbi pangkatnya.

Piggin = Ember kayu yang sangat kecil satu pegangan. Digunakan sebagai gayung pada kapal mini .

Pinnace = Sebelumnya merupakan sebutan bagi kapal layar bertiang dua, kadang dilengkapi menggunakan dayung. Istilah sekarang berarti kapal mini menggunakan layar atau mesin milik Angkatan Laut dengan panjang 36 kaki.

Pool = Kolam. Genangan air yg tertutup atau hampir tertutup; perkumpulan yang fluktuatif terdiri atas orang-orang yg dapat mengawaki kapal, serta dapat bertambah anggota.

Pooping = Sebutan bagi kapal atau laut, ketika ombak secara berturutan menyapu kapal serta masuk ke geladak melalui buritan.

Popple = Lautan yang pendek.

Port Hole = Celah kecil, umumnya berbentuk bulat, yang ada pada sisi kapal. Digunakan sebagai penjelasan, jendela, dan fungsi lainnya.

Primage = Uang yang dibayar sang pemilik kapal pada master/pimpinan kapal karena keuletannya dalam menangani kargo. Kadang nir berupa uang, melainkan tambahan muatan. Jumlahnya lebih kurang 1% dari total kargo.

Procuration = Aksi yg dilakukan oleh seseorang atas nama orang lain; sebuah dokumen yang mengizinkan seseorang buat melakukan sesuatu atas nama orang lain.

Production Ship = Kapal khusus yang bisa memompa minyak melalui saluran pipa yg fleksibel dari dasar laut.

Production Unit = Bangunan yang dibutuhkan buat produksi minyak serta gas.

Products Tanker = Kapal yang didesain buat membawa minyak output penyulingan dalam tanki. Jenis-jenisnya antara lain: Coastal (lebih kurang tiga,001 dwt - 10,000 dwt approx), Small (sekitar 10,001 dwt - 19,000 dwt), Handy (sekitar 19,001 dwt - 25,000 dwt), Medium (sekitar 25,001 dwt - 45,000 dwt), LRI (Long Range One) (kurang lebih 45,001 dwt - 70,000 dwt), LRII (Long Range Two) (kurang lebih 70,001 dwt - 100,000+ dwt).

Propogation = Gerakan zenit ombak yg keras.

Protest = Pernyataan di bawah sumpah yg dibuat sebelum ke notaris generik, yang menyangkut kehilangan, kerusakan, atau gangguan yg terjadi dalam waktu pelayaran.

PSV = Platform Supply Vessel. Kapal Penyuplai Bangunan lepas pantai.

Punt = Kapal mini yg digerakkan dengan mendorong galah yg ujung bawahnya berada dalam dasar air; menggerakkan kapal menggunakan menancapkan galah dalam dasar air; perahu galah.

Puoy = Galah terpaku yg dipakai sebagai penggerak rakit atau kapal menggunakan menyandarkan bagian ujungnya pada obyek yg tidak berkiprah.

Purser's Grin = Senyuman kritis, menyeringai.

Quarter = Bagian kapal pada antara tiang serta buritan.

Quarter Boat = Kapal kecil yg diangkut pada bagian quarter kapal, dan diatur supaya siap dipakai mendadak saat berada di laut.

Quarter Spring = Tali yang direntangkan ke dapan menurut bagian quarter kapal untuk mencegah berubahnya buritan atau buat menarik kapal ke depan.

Quay = Dermaga. Suatu bangunan yg menjorok ke bahari buat fasilitas proses bongkar 

dan muat barang, pendaratan serta embarkasi penumpang, perbaikan atau pemulihan kapal.

Radome = Pelindung berbentuk bulat yg ditempatkan pada pemindai radar buat mencegah resiko goncangan serta buat melindungi radar berdasarkan imbas cuaca.

Rafting = Menumpuk pinggiran bongkahan es, sehingga sebagian menurut satu bongkahan terdapat di atas bongkahan lain.

Reach = Aliran lurus air yang berada di antara 2 tikungan sungai atau terusan.

Rector = Nama yang diberikan kepada Master kapal dalam abad ke 11 serta 12.

Reefer Vessel = Kapal yang mempunyai fasilitas pendingin buat penyimpanan kargo.

Refit = Penggantian gigi mesin yg sudah terpakai atau rusak dengan gigi yg baru.

Return Port = Tempat buat turun atau kembalinya pelaut yg dibebastugaskan.

Rooming = Kondisi perairan yg mendukung jalannya kapal.

Ro-ro-ship (Roll on - Roll off) = Kapal kargo dimana bongkar muat kargo dilakukan menggunakan tunggangan, baik dengan kendaraan beroda empat/trailer atau truk spesifik. Ada tiga jenis ro-ro ship, yaitu: ro-ro ship yg beroperasi untuk membawa kontainer, lempengan, atau kargo umum lainnya yang bisa diangkut menggunakan kendaraan, ro-ro ship buat transportasi mobil baru (jenis ini dianggap PCC-Pure Car Carrier) atau dapat jua mengangkut barang lain yang bisa berkiprah, dan ro-ro ferry yang dapat mengangkut kombinasi antara kargo berkiprah (mobil dan truk) menggunakan penumpang.

ROV = Remote Operated Vehicle – Mesin/Kendaraan berpengendali jeda jauh.

Rummage = Dulu diartikan menjadi kegiatan membongkar kargo. Sekarang berarti kegiatan pencarian kapal secara hati-hati dan teliti.

Run Out = Melempar jangkar atau tali tambang berdasarkan kapal ke suatu titik tertentu pada luar kapal.

Sailing Ice = Massa es berukuran mini pada jalur perairan yang masih dapat dilalui oleh kapal.

Sailor = Pelaut. Seseorang yg bekerja pada kapal buat perairan pada. Kadang juga diartikan menjadi seseorang yg pulang ke bahari. Secara resmi diartikan menjadi pelaut yg bekerja pada geladak. Dulu diartikan sebagai seorang yg memiliki pengalaman pada laut.

Sallying = Memutar kapal yg terjebak lapisan es untuk menghancurkan permukaan es yg mengelilingi kapal. Kadang pula dilakukan saat kapal terjebak daratan.

Scrap = Kapal tua atau kapal bekas yang nir dapat beroperasi lagi yang dijual kepada penadah buat melucuti bagian kapal serta menjual pulang besi pembentuknya. Saat harga sewa kapal turun, nilai penjualan residu kapal ini akan lebih tinggi dari nilai jual kapal itu sendiri, terutama bila kapal itu membutuhkan biaya tinggi untuk proses kuesioner khusus.

Scuttle Butt = Tong berpelindung yang bertutup pada bagian atasnya menjadi tempat membawa air higienis.

Sea Battery = Penyerangan terhadap pelaut sang Master kapal ketika berada di laut.

Sea Boat = Perahu pada kapal yang dijaga supaya siap diluncurkan sewaktu-saat waktu berada pada laut, kadang dianggap juga kapal darurat/kecelakaan; kapal kecil yang menyertai jalannya kapal besar buat menilai performa kapal besar tersebut pada laut.

Sea Captain = Master kapal bahari. Petugas bersetifikat yang kompeten serta berkualitas buat sebagai master kapal laut.

Sea Dog = 1. Pelaut tua yg berpengalaman; dua. Anjing laut; tiga. Prajurit Ratu Elizabeth.

Sea Lawyer = Istilah kelautan buat orang yg suka berargumen.
Sea Smoke = Gas yg naik misalnya uap atau asap berdasarkan air bahari yg ditimbulkan oleh udara dingin yang berhembus di atas permukaan laut. Bisa pula diartikan menjadi asap beku, kabut uap, kabut air hangat, atau asap air.

Seafarer = Seseorang yang berpenghasilan dari bekerja di bahari.

Seamanlike = Meniru perilaku atau cara berpakaian seseorang pelaut.

Second Greaser = Nama populer antik buat kelasi kelas 2.

Seiche = Osilasi berperiode pendek pada perairan yang tertutup atau sebagian tertutup, yg tidak disebabkan sang gaya mobilitas kapal.

Seismic ship = Kapal yang dapat melakukan pemetaan struktur geologi pada dasar laut dengan menembakkan senapan udara yang akan mentransmisikan gelombang suara ke dasar bahari. Gaung berdasarkan tembakan tadi ditangkap menggunakan indera pendengar/hidrofon yang dipasang di bagian belakang kapal. Kapal seismic bisa membentuk data yang adalah faktor intrinsik menurut suatu material yang memerlukan pengujian pengeboran.

Semisubmersible = Instalasi yang bisa berkiprah yang terdiri berdasarkan sebuah geladak yg berada pada beberapa tiang, yang terpasang dalam dua atau lebih ponton. Saat beroperasi, ponton akan diisi air dan tenggelam. Posisi instalasi ini distabilkan dengan beberapa jangkar, namun dapat jua dengan perangkat DPE-dynamic positioning equipment. Umumnya memiliki mesin penggerak tersendiri, maksimal berada dalam kedalaman air 600 – 800 meter.

Sewed = Sebutan bagi kapal saat tingkat kedalaman air terlalu dangkal buat pelayaran kapal. Juga sebagai sebutan buat air yg menyurut yang menyebabkan kapal wajib berlabuh.

Shallop = 1. Bahtera mini menggunakan satu atau 2 dayung. 2. Kapal nelayan mini yang memiliki layar. Tiga. Sekoci.

Sheet = Tali yg dipakai untuk menyesuaikan atau mengendalikan layar pada kapal layar yang sedang beroperasi.

Shelf-Ice = Es daratan, baik yang mengapung atau berada pada daratan, yang terbentuk menurut butiran salju yang telah membentuk lapisan tetapi nir menciptakan gunung es.

Shellback = Pelaut kawakan dan berpengalaman.

Ship = 1. Kapal laut; dua. Kapal yg mempunyai sertifikat registrasi. Secara teknis berarti kapal layar yg mempunyai tiga atau lebih tiang layar. Pada zaman Victoria berarti kapal yg memiliki paling tidak 2 tiang layar dalam bagian depan serta belakangnya. Melaut/berlayar berarti menggunakan kapal.

Shipmaster = 1. Seseorang yg memberi perintah dalam kapal. Dua. Seseorang yg bersertifikat kompeten untuk memimpin kapal. Tiga. Marinir ahli.

Shoot Ahead = Melaju menggunakan cepat. Mendahului kapal lain menggunakan cepat waktu berlayar.

Short Stay = Sebutan bagi jangkar atau tambang kapal, ketika panjang tambang yg terjulur nir hingga setengah dari kedalaman air.

Sighting = Pengamatan dengan mata; menyelidiki dan menandatangani dokumen menjadi bukti keasliannya.

Sighting the Bottom = Mengangkat, membalik, atau memiringkan kapal serta memeriksa bagian bawahnya dengan teliti buat menetahui adanya kerusakan.

Signed Under Protest = Menandatangani sesuatu atas paksaan serta sebenarnya nir setuju menggunakan dokumen yg ditandatanganinya, sehabis menyatakan ketidaksetujuannya.

Singling Up = Menyimpan tali tambang yg nir diharapkan, sehingga hanya sejumlah kecil saja tambang rusak yang wajib dibuang waktu kapal meninggalkan dermaga.

Sixteen Bells = Bunyi lonceng kapal sebesar 16 kali, yang umumnya dibunyikan pada tengah malam tahun baru. Delapan kali dibunyikan buat jam ke 24 akhir tahun, dan delapan kali buat jam ke 00 tahun baru.

Slob = Pecahan es di teluk, atau pada pinggiran gumpalan es yg akbar.

Slop Chest = Kotak atau kompartemen untuk penyimpanan sandang awak kapal.

Slop Room = Kompartemen untuk menyimpan pakaian buat keperluan awak kapal.

Small Tanker = Tanker menggunakan berat meninggal lebih kecil berdasarkan 50.000 dwt.

Smelling the Ground = Sebutan bagi kapal yg bagian bawahnya sangat dekat dengan dasar laut dan hampir menyentuhnya.


Snorter = 

1. Dengusan, orang yg mendengus; 


2. Angin yang sangat keras.


Snub = Menghentikan tali atau kabel yang sedang diulurkan secara datang-tiba.

Snubber Line = Tali yg digunakan buat menyelidiki jalannya kapal waktu berbelok ke dermaga atau lembah.

Soft Tack = Roti segar.

Son of a Gun = Pelaut yang terlahir di atas kapal perang, yang pernah dianggap menjadi galat satu faktor penting buat sebagai pelaut yg baik. Merupakan kata pujian buat pelaut yang bekerja dengan sempurna.
Soogee Moogee/Sujee-mujee = Serbuk pembersih buat membersihkan kayu atau permukaan yg dicat.
Spanking = Gerakan cepat dan lincah yg dilakukan sang kapal yang melaju atau hembusan angin.
Special informasi lapangan = Pemeriksaan kapal oleh surveyor pembagian terstruktur mengenai kapal yang dilakukan setiap empat atau lima tahun sekali. Pemilik kapal kadang wajib mengeluarkan biaya besar buat perbaikan kapal agar lolos dalam inspeksi yang keempat atau kelima, atau pilihan lainnya merupakan membongkar kapal sebelum inspeksi.
Spile Hole = Lubang kecil pada tong buat masuknya udara waktu pengeluaran isi tong.
Spindrift = Sapuan air yg terpisah dari puncak ombak yg disebabkan sang angin yang bertenaga.

Splice Main Brace = Mengeluarkan rum ekstra pada pembagian makanan. Suatu penahan, kadang berupa tali meruncing yg disambungkan pada keadaan eksklusif.

Spooning = Melaju lurus menghadapi angin dan laut.

Spot market = Pasar penyewaan kapal buat perjalanan tunggal.

Spray = Air yang memercik pada udara sebagai partikel.

Spring = 

1. Tali yang terjulur berdasarkan bagian belakang kapal ke satu titik di luar kapal. Dengan menarik tali ini kapal dapat beranjak maju. Kadang digunakan kabel jangkar buat menggerakkan kapal ke depan; 


2. Kecenderungan bagian depan kapal mendekati angin; 


3. Pembukaan pelapis; 


4. Tiang kapal yang patah sebagian.


Spume = Buih laut
Staith = Alat buat menaikkan kargo ke atas kapal. Juga adalah sebutan buat tempat pendaratan atau tempat pemuatan.

Stanch = Sebutan bagi kapal yang kokoh, kuat, dan tampak tidak mungkin bocor.

Stand-by Vessel = Kapal yg berpusat pada kurang lebih suatu instalasi tanggal pantai menggunakan tugas buat mengevakuasi kru instalasi tadi pada keadaan darurat, dan menjaga supaya kapal lain tidak mendekati instalasi.

Stave off = Melepaskan sesuatu dengan tongkat, kait kapal, tiang panjang, dan lain-lain.

Stemming = 

1. Menstabilkan posisi ketika melalui sungai atau genre ari pasang; 


2. Melaporkan kedatangan kapal pada dermaga kepada pengawas dermaga.


Stern Sheets = Bagian kapal dalam halangan belakang buritan, atau diantara halangan belakang dan geladak belakang.

Storage = Penyimpanan/pergudangan. Fungsi kapal yang kadang lebih cenderung buat peyimpanan daripada buat transportasi kargo. Saat permintaan pasar menurun, kapal dapat menghasilkan laba yg lebih poly menurut fungsi penyimpanan.

Storis = Bongkahan es besar berkecimpung, yang berumur lebih menurut dua tahun, yang meluncur di pantai tenggara Greenland.

Storm Bound = Melempar jangkar atau tidak dapat melanjutkan perjalanan karena cuaca badai.

Stow = Mengemas secara kompak serta aman.

Stretch Off the Land = Istilah usang dalam kapal layar untuk berlabuh sejenak.

Submersible = Instalasi berkecimpung yg dibangun buat operasi pengeboran di perairan dangkal, yang diturunkan hingga dasar laut menggunakan kedalaman air maksimal 30 - 40 meter.
Suck the Monkey = 

1. Menghisap rum dari buah kelapa, dimana rum tersebut dimasukkan ke pada kelapa menurut lubang mini ; 


2. Menghisap isi tong mini dari lubang mini , umumnya dengan menggunakan sedotan.


Suezmax = Kapal menggunakan berat mangkat sekitar 115.000 – 200.000 dwt menggunakan panjang dan lebar aporisma serta didesain buat dapat melewati Terusan Suez.

Sujee;Suji-muji = Sabun atau bubuk pembersih yang dicampur dengan air bersih; membersihkan cat menggunakan sujee.

Sun over Foreyard = Istilah kelautan yg berarti “waktunya buat minum”.

Supply ship = Kapal buat transportasi alat-alat dan perbekalan tambang minyak tanggal pantai atau instalasi yang sedang dibangun atau dalam proses produksi. Kadang pula disebut Straight Supply atau Platform Supply Vessel (PSV).

Swab = Alat pel pelaut buat mengeringkan geladak. Terbuat dari tali usang yg dijerat dengan panjang lebih kurang 4 kaki. Kadang dibentuk lebih mini dan diikatkan pada pegangan kayu buat dipakai dengan cairan basa buat membersihkan kapal.

Swallow the Anchor = Meninggalkan laut dan bersiap buat berlabuh.

SWATH = Small Waterplane Area Twin Hull. Desain lambung kapal yg ekonomis serta dapat melaju cepat, umumnya dipakai untuk kapal ferry cepat atau kapal cepat lainnya.
Sweat Up = Menarik tali buat menggulungnya sampai ujung.

Swell = Serangkaian ombak yang besar serta bertenaga yg tidak disebabkan oleh syarat meteorology pada sekitarnya. Biasanya disebabkan oleh angin yg bertiup jauh dari posisi ombak.

T


Tally Board = Instruksi pada atas kapal buat mendekati kapal yang kecelakaan dengan meluncurkan roket penyelamat.

Tally Book = Buku buat mencamtumkan daftar kargo yang diterima sang atau dikeluarkan dari kapal.

Tanker = Kapal yg didesain buat membawa kargo cair dalam beberapa tanki. Kapal tanker bisa membawa aneka macam macam produk diantaranya minyak mentah, minyak hail penyulingan, bahan kimia cair, gas cair, serta anggur. 

Kapal tanker memuat kargonya menggunakan mengalirkannya dengan pompa.


Tanky = Bintara laut pada Angkatan Laut yg tugasnya mengurusi tanki air bersih. Sewaktu-saat tugas ini dilakukan oleh petugas navigasi, yang bisa pula disebut ‘tanky’ waktu melakukan tugas ini.

TCE = time charter equivalent = ekivalen sewa menurut ketika. Suatu berukuran harga sewa kapal dari taraf harga pasar yg dihitung pada satuan $/ton, disesuaikan menggunakan ketika penyewaan yang dihitung dalam satuan $/kapal/hari. 

TCE dihitung menjadi harga sewa dikurangi pengeluaran tertentu yg tidak dimuntahkan sang pemilik kapal ketika kapal disewa, dibagi menggunakan jumlah hari sewa.


Teem = Menuangkan. Mengosongkan.

Tension Leg Platform = Bangunan terapung atau pelampung yang bermuatan yang terpasang pada dasar bahari menggunakan rantai vertikal, penopang, dan lain-lain. Bangunan ini terjaga kestabilan posisinya dengan daya apungnya sendiri.

Tenth Wave = Ombak ke sepuluh, yg dipercayai akan lebih tinggi dari sembilan ombak sebelumnya. Meskipun benar bahwa efek angin akan membuat ombak saling bertumpuk satu-sama lain 

sehingga dapat membentuk ombak yang lebih akbar, namun tidak pernah dikatakan adanya ombak ke sebelas yang lebih besar , melainkan ombak yg ke sepuluh. Di beberapa loka, ombak kelima lebih besar menurut ombak lain secara konsisten.


Thole, Thole Pin = Pasak menurut kayu atau besi yang disisipkan dalam bibir perahu dayung yang nir memiliki penopang atau pengunci dayung.

Three Sheets in the Wind = Sebutan bagi seseorang yg berada di bawah impak minuman keras. Atau buat kapal yang melaju sempoyongan misalnya orang mabuk.

Ticket = Bahasa dialog sehari-hari buat menyebut sertifikat kompetensi. Umumnya dianggap sebagai nama yg meremehkan, namun dengan pengucapan yg tepat akan memperlihatkan kata ini menggunakan baik.

Time charter = Penyewaan kapal buat periode saat tertentu. Pemilik kapal menyediakan awak kapal, perlengkapan, dan persediaan yang diharapkan buat proses pengangkutan kargo selama kapal pada bepergian. Pihak penyewa wajib membayar biaya pergudangan serta porto perjalanan termasuk porto tol kanal serta bea pelabuhan.

Tom Cox's Traverse = Pekerjaan yang diselesaikan sang seseorang yg umumnya nir melakukan apapun.

Ton-miles = Ukuran buat berat kapal tanker. Merupakan berat ton suatu kapal yang dikalikan menggunakan jeda tempuh.

Touch and Go = Menyentuh daratan menggunakan keadaan seimbang selama beberapa saat kemudian pulang melanjutkan perjalanan.

Trice = Mengangkat menggunakan menurunkan tali yang terpusat pada suatu tiang atau berkas ikatan.

Trick = Sebutan bagi tugas yang berhubungan dengan navigasi kapal, khususnya pada kemudi.

Turn = Mengikatkan/memutarkan tali pada paku atau pin.

Turn up = Menguatkan ikatan tali menggunakan memutarkannya pada sekeliling paku.

U


ULCC = Ultra Large Crude Carrier (pembawa minyak mentah ekstra besar ). Kapal tanker bahari menggunakan berat mangkat lebih berdasarkan 320.000dwt, dan dibuat buat bisa membawa kargo berupa minyak mentah.

Under Foot = Sebutan bagi jangkar yg sedang berada di bawah kapal, dan kabelnya kadang naik turun.

Under Way = Tidak tertambat dalam dermaga atau daratan dengan cara apapun. Biasa diartikan sebagai beranjak melaju dalam perairan/bahari.

Unmoor = Melepas ikatan tambatan kapal pada suatu pelampung atau dermaga. Membongkar satu jangkar waktu sedang bersauh menggunakan 2 jangkar. Melepas satu ikatan tambatan saat sedang bertambat menggunakan dua kabel.

Unship = Menurunkan sesuatu berdasarkan kapal. Memindahkan sesuatu menurut tempatnya.

Up and Down = Sebutan bagi kabel yang terjulur tegang secara vertikal dari jangkar ke lubang rantai jangkar.

V


Van = Kapal utama yg memimpin beberapa rombongan kapal lainnya.

Venture = Sebuah perusahaan yg menanggung resiko kerugian atas kehilangan sesuatu.
Vessel = Istilah lain untuk kapal yang tak jarang digunakan pada navigasi.

Vigia = Laporan akan adanya bahaya terhadap navigasi kapal tetapi belum diteliti kebenarannya.

Vise = Pengesahan atas sebuah dokumen yang sudah diperiksa keabsahannya sang pihak yang berwenang.

VLCC = Very Large Crude Carrier. Istilah untuk kapal pengangkut minyak mentah yg berukuran sangat besar , biasanya mempunyai bobot mangkat antara 200.000 hingga 320.000 ton.

Voyage charter = Kontrak tentang porto sewa kapal dari kapasitas kapal buat membawa kargo dalam satu kali atau lebih bepergian. 

Dalam kontrak sewa seperti ini, pemilik kapal membayar semua biaya operasi kapal, termasuk bea pergudangan, kanal, dan pelabuhan, porto pengemudi, bongkar-muat, serta agensi kapal. 


Sedangkan biaya pemeliharaan kargo dibayar oleh pihak yg ditetapkan pada ketika perjanjian. 


Muatan kapal dibayar per unit kargo, misalnya ton, atau tergantung satuan yg telah disetujui.


W


Wake = Aliran air yang datang-datang mundur berdasarkan kapal yg berkiprah. Aliran mundur ini ditimbulkan oleh gerakan kapal membelah air sehingga air akan berkiprah mengisi kekosongan yg diakibatkannya.

Warming the Bell = Membunyikan lonceng delapan kali sebelum serta sehabis saat tertentu.

Warp = 

1. Benang melintang pada kanvas atau kain; 


2. Tambang kapal yang dipakai waktu berbelok, umumnya berupa tali yg lebih mini menurut kabel; 


3. Tali jangkar; 


4. Tali penambat


Wash = 

1. Aliran air yg memecah waktu dilalui lambung kapal; 


2. Genre air yg terganggu sang baling-baling kapal; 


3. Belati dalam dayung.


Washing Down = Sebutan bagi kapal yg mendekati dan membasahi dermaga dan pribadi menjauh melalui jalan keluar pelabuhan.

Watch Bell = Lonceng yg dibunyikan setiap setengah jam untuk penanda saat.

Water Breaker = Tong kecil buat membawa air minum ke atas kapal.

Waveson = Barang-barang yang mengapung di permukaan bahari setelah terjadi kecelakan kapal.

Way = Kelembaman kapal waktu beranjak di air.

Way Enough = Perintah yg diberikan pada awak kapal saat berada pada bahtera dayung, yang menyatakan bahwa perahu tadi bisa berjalan mulus, serta agar dayung diletakkan pada dalam perahu.

Weather Board = Bagian kapal yg menghadapi arah angin.

Well Found = Kondisi kapal ketika diperbaiki, disimpan atau ketika dicat.

Wetted Surface = Lubang dalam permukaan luar kapal yang berhubungan pribadi dengan air saat di laut.

Wharfinger = Seseorang yang memiliki atau mengatur dermaga.

Where Away? = Laporan yg diberikan kepada seorang perihal arah terhadap suatu obyek secara sempurna yg telah diteliti sebelumnya.

Whistling for Wind = Anekdot berdasarkan tradisi usang bahwa meniup peluit akan menyebabkan angin berhembus lebih kencang.

Whistling Psalms to the Taffrail = Istilah pelayaran yg berarti saran yang baik namun nir dilaksanakan.

White Horses = Gelombang yang berkecimpung sangat cepat menggunakan buih-buih udara yg berwarna putih.

Wholesome = Biasa dikatakan jika kondisi kapal sangat baik meskipun berada pada cuaca yg jelek.

Wind Dog = Pelangi yang nir sempurna, atau bagian berdasarkan pelangi yg mengindikasikan akan adanya badai.

Winding = Memutar kapal menurut ujung ke ujung diantara pelampung atau sepanjang dermaga.

Without Prejudice = Kata yang biasa digunakan waktu sebuah pernyataan, komentar atau aksi nir dilakukan sebagai perwujudan sebuah persetujuan atau ketidaksetujuan, atau mengakibatkan suatu hal dalam sebuah perselisihan, atau di bawah pertimbangan.

Wrack = Hantaman gelombang yang menghancurkan. Dua. Rumput laut yang terdampar di pantai.

Yard Arm = Bagian dari pengangkut yang berada diantara bagian pengangkat dan bagian l
uar berdasarkan pengangkut.

Yaw = Penyimpangan menurut jurusan lurus.kamus Shiping Pelayaran Indonesia


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel