KONSTRUKSI UMUM JARING TRAWL

Konstruksi umum jaring trawl -Pada dasarnya semua bentuk konstruksi trawl hampir sama. Yang membedakan adalah panjang sayap serta pengoperasiannya. Asal segi bentuk (konstruksi) 

KONSTRUKSI UMUM JARING TRAWL


Trawl ini terdiri dari bagian-bagian :

1)kantong (cod end)

Kantong adalah bagaian dari jarring yang artinya kawasan terkumpulnya yg akan terjadi tangkapan. Pada ujung kantong diikat dengan tali untuk menjaga agar dampak tangkapan tidak gampang lolos (terlepas).


2)badan (body)

Adalah bagian terbesar dari jaring, terletak antara sayap dan  kantong. Bagian ini berfungsi buat menghubungkan bagian sayap serta  kantong buat menampung jenis ikan-ikan dasar serta  udang sebelum masuk ke dalam kantong. Badan tediri atas bagian-bagian mini yang berukuran mata jaringnya berbeda-beda.

3)sayap (wing).

Sayap atau kaki adalah bagian jaring yang ialah sambungan atau perpanjangan badan sampai tali salambar. Fungsi sayap adalah buat menghadang dan  mengarahkan ikan supaya masuk ke dalam kantong.

4) lisan (mouth)

Alat Tangkap Trawl mempunyai bibir atas serta bibir bawah yg berkedudukan sama. Pada bagian jaring ada:

A.pelampung (float): tujuan umum penggunan pelampung merupakan buat menyampaikan daya apung dalam alat tangkap cantrang yang dipasang pada bagian tali ris atas (bibir atas jaring) sebagai akibatnya bagian jaring mampu terbuka.

B.pemberat (sinker): dipasang pada tali ris bagian bawah memakai tujuan supaya bagian-bagian yang dipasangi pemberat ini cepat karam serta  tetap berada pada posisinya (dasar perairan) walaupun menerima pengaruh dari arus.

C.tali ris atas (head rope) : berfungsi menjadi daerah mengikatkan bagian sayap jaring, badan jaring (bagian bibir atas) serta pelampung.

D.tali ris bawah (ground rope) : berfungsi menjadi wilayah mengikatkan bagian sayap jaring, bagian badan jaring (bagian bibir bawah) jaring serta  pemberat.

5) tali penarik (warp)

Berfungsi buat menarik jarring selama pada operasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel