Larung Tumpeng Sarangan Magetan

Sarangan-Magetan, Larung Tumpeng atau Labuhan Sesaji Gono Bau merupakan sebuah tradisi  melarungkan tumpeng output bumi setinggi tiga (3) meter di tengah Telaga Sarangan, Kemudian diikuti dua Gunungan (sumpukan misalnya gunung) Palawija (output bumi) yg dihasilkan oleh rakyat Sarangan Magetan. Biasanya berisi Padi dan sayur-sayuran.
Labuhan Sesaji atau Larung Tumpeng Gono Bau ini sudah dilakukan sang warga Sarangan Magetan semenjak usang sekali, diperkirakan sudah dilakukan semenjak 508 tahun sebelum masehi dan terus dilestarikan oleh rakyat kurang lebih hingga sekarang demi melestarikan budaya jawa yang sudah diwariskan sang nenek moyang.
Larung Tumpeng Gono Bau biasa dilakukan pada bulan syakban tepatnya hari jum’at pon sampai minggu kliwon yang pada tahun ini akan dilaksanakan dalam Tanggal 30 April2019 berlokasi pada Telaga Sarangan Kabupaten Magetan.

Perlengkapan Larung Tumpeng Gono Bau, Telaga Sarangan


Perlengkapan pada melaksanakan Larung tumpeng Gono Bau ini dibedakan sebagai 2 bagian, yg pertama buat rakyat Sarangan itu sendiri, yang dilaksanakan pada hari jum’at pon sedangkan pada hari sabtu sampai minggu kliwon dilakukan sang PEMDA (Pemda) Magetan.
Untuk perlengkapan pun tidak selaras antara hari jum’at pon dengan hari sabtu hingga minggu kliwon.
Untuk hari jum’at pon itu sendiri perlengkapan yg diperlukan yaitu:
– Tumpeng asli
– Ayam panggang
– Pisang setangkap (pisang ini harus tergolong pisang raja dan ambon)
– Budak ripeh (budak ripeh ini merupakan sejenis jadah putih, kuning)
Jadah ripeh ini bermula menurut kusumaning Dewi Nawang Wulan serta Joko Tarub
– Jajan pasar
– Jenang moncowarno (jenang lima rona)
Sedangkan pada hari sabtu hingga minggu kliwon perlengkapan yg diharapkan yaitu:
– Tumpeng Gonobahu setinggi dua meter. Dalam tumpeng tersebut terdapat ayam tulak (ayam hitam yang bulu sayapnya terdapat 1 warna putih).
– Uluwatu bumi (Buah-buahan, sayur mayur, palawija).
Acara ini biasa berlangsung dari jam 10 pagi yg diawali menggunakan bir-arakan masa dengan membawa perlengkapan larung tumpeng.
Nah bagi Anda yg berada di Kawasan Kab. Magetan juga di Luar Mageten, Yuk datang ke Magetan, Magetan Punya Gawe, Ajaklah teman, mitra, saudara, dan keluarga Anda.

Sumber : //www.candi.web.id/ritual-larung-sesaji-telaga-sarangan/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel