Lomba BEST OF THE BEST 2011

PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN

Best of The Best” Scouting Competition 2011

BAB i

pendahuluan

1. DASAR PEMIKIRAN

a. Kepramukaan sebagai wadah pendidikan pada luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan pada berbagai bentuk aktivitas menarik dan menantang yangdilakukan pada alam terbuka menggunakan Prinsip Dasar Metode Kepramukaan.

b. Gerakan Pramuka menyelenggarakan aneka macam aktivitas yg diubahsuaikan menggunakan kebutuhan serta perkembangan jiwa siswa sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses training yaitu pembetukan tabiat. Sesuai menggunakan tujuan akhir tersebut maka keliru satu kegiatan bagi Pramuka Penggalang adalah Wide Game (Latih Tanding Teknik Kepramukaan antar Regu) .

2. DASAR PENYELENGGARAAN

a. Undang-undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

b. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 024 Tahun 2009 mengenai Anggaran Dasar Gerakan Pramuka

c. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 203 Tahun 2009 mengenai Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

d. Program Kerja Gugus Depan Jakarta Pusat 08-149 Dan Jakarta Pusat 08-150 Tahun 2010 hingga dengan 2012

3. TUJUAN

a. Mempererat hubungan antar Pramuka Penggalang se DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten serta sekitarnya.

b. Mewujudkan Tri Satya serta Dasa Dharma anggota gerakan Pramuka.

c. Mengasah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan peserta.

d. Menambah pengalaman yg berharga dan berguna bagi peserta.

BAB II

PENYELENGARAAN

1. NAMA KEGIATAN

“BEST OF THE BEST SCOUTING COMPETITION 2011”

Selanjutnya disebut BoB 2011

2. WAKTU PELAKSANAAN

BoB 2011 dilaksanakan pada lepas 18 September 2011

3. TEMA

Think Smart, Do Smart, And Be Smart”

4. MOTTO

SATYAKU KUDHARMAKAN,

DHARMAKU KUBAKTIKAN

5. AGENDA KEGIATAN

a. Kedatangan Peserta

b. Daftar Ulang Peserta

c. Upacara Pembukaan

d. Pelaksanaan Lomba

e. Upacara Penutupan

f. PembacaanHasil Lomba

BAB III

MATERI LOMBA DAN PENILAIAN

1. MATERI LOMBA

Materi lomba dalam BOB 2011 terdiri atas:

a. Scouting Rally

• POS I

Ø Semaphore

Ø Morse

Ø Sandi

Ø Pengetahuan Umum

Ø Pengetahuan Kepramukaan

Ø Pengetahuan Teknologi serta Informasi Komputer

• POS II

Ø Tandu

Ø P3K Praktek

Ø P3K teori

Ø Menaksir

• POS III

Ø Kompas

Ø Topografi

Ø Peta-pita

Ø Peta Lapangan

Ø Aritmatika & Logika

Ø Are You a Smart Scout?

• POS IV

Ø Games

4. Miniatur Pionering

5. The Silver Jubilee (25th Aniversarry Dhanapala Badge Design)

6. Publik Service Annoucment (PSA)

7. Yell Competition

2. PENILAIAN

Penilaian merupakan keliru satu indera pada anugerah apresiasi bisnis pada bentuk skor atau nomor sinkron dengan skala yang telah ditetapkan dalam setiap materi lomba. Penilaian Best of The Best Scouting Competition 2011 mengacu pada kriteria atau indikator yang sudah ditetapkan dengan tujuan buat memutuskan Regu Penggalang yang terbaik.

Tim Penilai/Tim Juri asal berdasarkan unsur Ambalan, Racana, dan Pembina Gugus Depan Dhanapala. Tugas juri adalah menilai setiap materi sinkron menggunakan bidang lombanya.

Cara menilai dalam kegiatan BoB 2011 merupakan menjadi berikut:

a. Dilakukan menggunakan memberi nilai nomor atau skor sinkron menggunakan kriteria evaluasi dari masing-masing aktivitas lomba.

b. Penilaian dilakukan pada ketika mulai kedatangan peserta, proses aktivitas, kelengkapan administrasi sesuai persyaratan hingga menggunakan upacara penutupan.

c. Penilaian dilakukan menggunakan cara menjumlahkan nilai masing-masing Kriteria dari aktivitas mata lomba kemudian menjumlahkan keseluruhan nilai menurut jumlah mata lomba kegiatan.

d. Dari output evaluasi , maka tercipta Regu terbaik yg terdiri berdasarkan :

• Terbaik I, II, III, IV, V, dan VI SCOUTING RALLY buat Putra

• Terbaik I, II, III, IV, V, dan VI SCOUTING RALLY buat Putri

• Terbaik tiap-tiap materi lomba SCOUTING RALLY

• Regu Terbaik SCOUTING RALLY

• Pemimpin Regu Terbaik SCOUTING RALLY

• Juara Umum SCOUTING RALLY

• Terbaik I, II dan III MINIATUR PIONNERING

• Terbaik I, II dan III PSA

• Terbaik I, II dan III YELL COMPETITION

• Terbaik THE SILVER JUBILEE (25TH DABDC)

• “DHANAPALA SCOUT” Cup

BAB IV

PESERTA, PERSYARATAN PESERTA DAN PENDAFTARAN

1. PESERTA

Para peserta adalah anggota Pramuka Penggalang se-DKI, Jawa Barat, serta Banten yg berpangkalan di Sekolah Menengah pertama, MTs/sederajat serta sudah terdaftar di sekretariat panitia BoB 2011 juga memungkinkan buat anggota Pramuka Penggalang dari luar wilayah tersebut

2. PERSYARATAN PESERTA

a. Menyerahkan surat mandat menurut Ka.mabigus masing-masing.

b. Membayar administrasi pendaftaran :

• Rp 100.000/Regu buat Scouting Rally.

• Rp 10.000/Pangkalan buat Miniatur Pionnering

• Rp 10.000/Pangkalan untuk PSA

• Rp 10.000/Pangkalan buat Yell Competition

c. Penggalang, berusia 11 s/d 15 tahun dan aktif pada Gugus Depan nya masing-masing.

d. Jumlah peserta per-regu 8 orang.

e. Mengirimkan biodata peserta melalui e-mail.

f. Setiap peserta diwajibkan mematuhi peraturan yg berlaku apabila melakukan pelanggaran akan dikenakan hukuman berupa pengurangan nilai atau diskualifikasi.

3. PENDAFTARAN

a. Pendaftaran peserta BoB 2011 dilakukan sang utusan masing-masing Gugusdepan dengan menyerahkan data-data administrasi regu, dan menyerahkan uang registrasi pada panitia BoB 2011.

b. Pentahapan registrasi dilaksanakan sebagai berikut:

• Tahap I

Via konfirmasi melalui e-mail / sms ataupun telephon.

Via E-mail : dhanapalascout@yahoo.com

: bob.scouting.competition.2011@gmail.com

Via Facebook : dhanapala bob duribusebelas

Via sms/telephon : 0898 9915 999 Arif Prabowo

0856 9716 3599 Syifa Mardia R

021 – 9413 7228 Ade Kurnia

Tahap I ini paling lambat sebelum hari technical meeting BoB 2011.

• Tahap II

Pendaftaran langsung ke sekretariat BoB 2011 dengan menyerahkan uang pendaftaran dan administrasi regu selambat-lambatnya pada hari technical meeting BoB 2011.

• Tahap III

Pendaftaran ulang pada tempat dan pada hari kegiatan berlangsung

BAB V

TATA TERTIB

1. TATA TERTIB PESERTA

a. Pada waktu upacara pembukaan serta penutupan, seluruh peserta diwajibkan mengenakan seragam pramuka lengkap tanpa aksessories.

b. Kemanapun berada, peserta wajib memakai pertanda pengenal yg telah diberikan sang panitia.

c. Peserta tidak diperkenankan membawa Handphone, HT, kalkulator/indera hitung lainnya selama aktivitas lomba berlangsung.

d. Peserta nir boleh membawa indera-indera benda tajam, miras juga narkoba.

e. Peserta tidak diperbolehkan meneriakkan yell regunya yang berbau mengejek regu lain, porno aksi, serta tindak kekerasan.

f. Dilarang keras merusak lingkungan pada areal lomba dan membuang sampah asal-asalan.

2. TATA TERTIB BINDAMPING

a. Bindamping regu wajib mengenakan seragam pramuka selama masa lomba berlangsung.

b. Kemanapun berada, bindamping harus memakai indikasi pengenal yg telah diberikan sang panitia.

c. Dilarang keras menghambat lingkungan pada areal lomba dan membuang sampah sembarangan.

d. Bindamping nir boleh membawa alat-alat benda tajam, miras maupun narkoba.

e. Selama lomba sedang berlangsung bindamping nir diperkenankan berbicara ke peserta atau memberikan sesuatu berbentuk apapun.

f. Setelah bindamping merogoh dokumentasi regunya, diperlukan meninggalkan arena pos lomba.

3. TATA TERTIB KONTINGEN

a. Anggota kontingen tidak boleh membawa indera-alat benda tajam, miras maupun narkoba.

b. Kepada kontingen nir diperbolehkan meneriakkan yell Gudepnya yg berbau mengejek gudep lain, porno aksi, dan tindak kekerasan.

c. Dilarang keras menghambat lingkungan pada areal lomba dan membuang sampah sembarangan.

d. Dilarang menciptakan keonaran, kegaduhan disaat perlombaan sedang berlangsung.

Ketentuan terinci akan diatur serta ditetapkan pada Petunjuk Teknis sang Panitia BoB 2011.

Ditetapkan pada Jakarta, 15 Februari 2011

Arif Prabowo

Ketua Panitia

Sumber : dhanapalascout

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel