Mangrove Acrostichum speciosum Willd.

Nama Setempat : Piai Lasa.

Deskripsi Umum : Ferna tanah, membentuk tandan yg kasar menggunakan ketinggian sampai 1,5 m. Sisik dalam akar rimpang panjangnya hingga 8 mm.
Daun : Sangat mencolok, pada umumnya panjangnya kurang dari 1 m dan mempunyai pinak daun fertil berwarna karat dalam bagian ujungnya, tertutup secara seragam oleh sporangia besar . Pinak daun berukuran kira-kira 28 x 10 cm. 

Pinak daun yang steril mempunyai ujung lebih kecil serta menyempit. Jenis ini tidak selaras menggunakan A.aureum dalam hal berukuran pinak daunnya yang lebih kecil serta ujungnya meruncing, bagian atas bagian bawah pinak daun yang fertil berwarna coklat tua dan ditutupi sang sporangia, dan daun mudanya berwarna hijau-agak coklat. Peruratan daun berbentuk jaring. Sisik luas, panjang sampai 1 cm, hanya terdapat di bagian pangkal daun. Sisik menebal pada bagian tengah. Spora besar dan berbentuk tetrahedral.


Ekologi : Ferna tahunan. Tumbuh pada areal mangrove yang lebih acapkali tergenang oleh pasang surut. Khususnya tumbuh dalam gundukan lumpur yg “dibangun” oleh udang dan kepiting. Biasanya menyukai areal yg terlindung. Daun yang fertil dihasilkan pada bulan Agustus hingga April. “Kecambah” (sebenarnya “bibit spora”) berlimpah dalam bulan Januari sampai April (di Jawa).
Penyebaran : Asia dan Australia tropis. Di seluruh Indonesia.

Kelimpahan : Melimpah setempat.

Manfaat : Daun dipakai sebagai alas kandang ternak.


Sumber : Panduan Pengenalan Mangrove Indonesia.2006.

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel