Mangrove Aegialitis annulata R.Br.

Mangrove Aegialitis annulata R.br.

Nama setempat : Tidak tahu.

Deskripsi umum : Semak mini , umumnya memiliki ketinggian 1,5-tiga meter, kadang-kadang dijumpai sebagai pohon hingga 7 meter tingginya. Biasanya memiliki akar yang menjalar pada bagian atas tanah, dan ranting menggunakan goresan berbentuk cincin. Kadang-kadang memiliki akar tunjang. Kulit kayu bagian luar berwarna hitam, halus serta kemudian bercelah sejalan dengan bertambahnya umur. Diameter btg hingga 20 centimeter, bengkak dalam bagian pangkal dan memiliki tekstur misalnya busa.


Daun : Terdapat lobang longitudinal dan kelenjar garam. Gagang daun panjangnya 8 cm. Unit & Letak: sederhana & bersilangan. Bentuk: lanset misalnya pedang. Ujung: meruncing. Ukuran: 6-9 x 2-lima cm.
Bunga : Tandan bunga yg asimetris memiliki banyak bunga. Letak: di ujung tandan/tangkai bunga. Formasi: payung (ada poly bunga). Daun Mahkota: 5; putih kadang abu-abu pucat, tumpang tindih; lima-8 mm. Kelopak Bunga: lima; bentuk tabung; 7-8 mm.
Buah : Buah berbentuk kapsul melengkung, memiliki lima sudut, berwarna kemerahan waktu telah matang. Ukuran: 3-4 x 4-lima cm.
Ekologi : Tumbuh pada wilayah mangrove terbuka menjadi individu yang terpisah atau dalam grup kecil. Juga tumbuh dalam wilayah yang lebih berpasir dan berkarang serta tergenang sang air menggunakan salinitas yang sama menggunakan air laut (pada akhir trend kemarau). Penyerbukan dilaporkan dibantu sang semut. Di Australia, perbungaan terjadi dalam bulan September - November, sedangkan butir yang matang tumbuh dalam bulan Januari - Maret.

Penyebaran : Kepulauan Sunda mini , Maluku, PNG dan Australia Utara.

Kelimpahan : Umum.

Manfaat : Memiliki kandungan tanin yg sangat tinggi, akan tetapi penggunaannya belum pernah dilaporkan.

Catatan : A. Annulata serta A. Rotundifolia memiliki daerah penyebaran yang tidak kontiniu. A. Rotundifolia terdapat di Bangladesh, Burma, Thailand dan Kepulauan Andaman, pada mangrove yg rendah dengan substrat lumpur. Bunga berdasarkan ke 2 jenis tumbuhan ini memiliki disparitas karakteristik yang tidak terlalu krusial.

Sumber : Panduan Pengenalan Mangrove Indonesia.2006. Mangrove Aegialitis annulata R.br.

Silhkan di share buat membuatkan ilmu

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel