MENGENAL CARA KERJA KAPAL LAYAR

MENGENAL CARA KERJA KAPAL LAYAR - Kapal layar yaitu sebuah kapal yg memakai layar serta memanfaatkan energi angin buat mendorong kapal tersebut berkecimpung. 

Kapal layar umumnya terdiri dari tiga tiang buat dijadikan sebagai layar yang saling berkaitan serta kapal layar pula membutuhkan juru mudi yang berpengalaman.
Musim apapun, angin berhembus kemanapun, kapal-kapal layar permanen mampu berlayar sinkron tujuan. Padahal kentara-jelas kapal layar itu tenaga penggeraknya merupakan angin. Bagaimana mampu?

MENGENAL CARA KERJA KAPAL LAYAR

Ya tentu saja bisa, karena yg membuat kapal itu berkecimpung bukan arah mata  angin, tetapi susunan layar yg membuahkan kapal itu bergerak sinkron tujuan. 

Layar disusun dalam bentuk dan gugusan eksklusif untuk menangkap angin dari arah manapun. Sehingga menjadi tenaga pendorong kapal buat bergerak maju. 

Untuk detail, mari kita lihat uraian singkat pada bawah ini. Bagaimanakah cara kerja kapal layar?

Bagian-bagian Kapal Layar

Kapal layar bisa bergerak melawan arah angin. Padahal seharusnya angin meniup kapal tadi sehingga berkiprah searah dengan angin. 

Jadi bagaimana mereka sanggup melawan arah angin? Itu terjadi lantaran kapal layar menerapkan 

Hukum Bernoulli. Penerapan dari Hukum Bernoulli digunakan untuk menghitung daya angkat dalam Airfoil. 

Apa itu Airfoil? Airfoil merupakan bentuk menurut suatu sayap pesawat/kapal yg bisa membuat gaya angkat (lift) atau imbas aerodinamika waktu melewati suatu genre udara.

Bagian Bagian Kapal layar

Adapun bagian-bagian kapal layar adalah sebagai berikut :  

- Hull kapal layar  adalah bagian menurut kapal layar yg berisi semua komponen internal

- Tiller kapal layar  adalah bagian berdasarkan dalam Hull 

- Rudder kapal layar  merupakan bagian yg inheren dalam tiller (kemudi air)

- Mainsail kapal layar  merupakan layar yang menangkap sebagian akbar angin buat mendorong kapal layar

- Mast kapal layar  merupakan sisi vertikal yg menempel pada mainsail untuk mengamankan sisi horizontal dalam boom

- Boom kapal layar  adalah sejajar tiang panjang dek yang berguna buat memanfaatkan angin  sebaik mungkin

- Jib kapal layar  merupakan layar segitiga kecil yg menambahkan kekuatan tambahan buat mainsail

- Keel kapal layar  adalah bagian dari kapal layar yg menahan angin dan menyeimbangkan  posisi stabilitas dari kapal layar supaya nir terbalik.

Bagaimana Cara Kerja Kapal Layar?

Kapal layar dapat bergerak berlawanan dengan arah mata angin menggunakan memanfaatkan aturan Bernoulli. 

Ketika angin mengalir dan berhembus disisi lain kapal layar maka kapal layar akan beranjak dengan cepat dan mendorong dengan keras, 

dengan demikian layar yg sudah terpasang akan menerima kekuatan yg tegak lurus terhadap arah angin pada dukung oleh bagian keel kapal yang melakukan gerakan lateral, sehingga kapal layar hanya mampu beranjak maju 

Dan terdapat nya gerakan lateral berdasarkan keel yang menciptakan kekuatan kapal layar lebih akbar dari pada kekuatan angin.

Tentu saja sebuah kapal layar tidak dapat beranjak lurus melawan arah angin. Akan tetapi layarnya (tergantung pada desainnya), bisa memanfaatkan dampak airfoil. 

Layar-layar ini akan menciptakan angin membengkok pada sekitarnya serta akhirnya berbelok berdasarkan arah yg sebenarnya. 

Dengan demikian, layar-layar membangun sebuah tenaga atau tekanan antara arah angin serta arah keel kapal.

Baca Juga ; Cara Membuat Desain Propeller Kapal

kapal layar menunda angin

Untuk dapat berkecimpung dan bermanuver ke arah yang diinginkan oleh nahkoda kapal maka kapal layar wajib memiliki dua butir layar yg dapat diatur-atur. Fungsi Dua Layar tersebut untuk bisa mengatur manuver haluan kanan dan kiri dalam kapal layar.

Dua butir layar yang terpasang tersebut diatur sedemikin rupa sebagai akibatnya angin yg masuk ke ruang antara dua layar memiliki kecepatan yang lebih akbar. 

Lengkungan kedua layar tadi di buat seperti menggunakan lengkungan yang ada dalam sisi pesawat terbang, 

Tujuan nya menggunakan pembuatan lengkungan tadi sehingga kecepatan angin yang di terima pada sisi lengkung (depan layar) lebih besar dari kecepatan angin di belakang layar.

Dalam terjadi angin dalam lengkungan berlaku Gaya Bernoulli atau Gaya dampak disparitas tekanan dimana akan mendorong kapal layar dalam arah tegak lurus menggunakan arah angin. 

Namun Selain berdasarkan Perbedaan Tekanan pada angin buat mendapatkan kecepatan pada kapal layar pada saat bersamaan dimana terjadinya air laut menarik sirip kapal dalam arah yg hampir tegak lurus menggunakan sumbu kapal. 

Jadi, terdapat dua gaya sekaligus yang bekerja pada kapal layar yaitu gaya Bernoulli yg bekerja pada layar dan gaya air pada sirip kapal. Dan Kedua Gaya tersebut menjadika Kecepatan dalam kapal Layar sedikit lebih cepat berdasarkan Angin

Dua gaya yaitu gaya Bernoulli yg bekerja dalam layar dan gaya air dalam sirip kapaltersebut mempunyai arah yg hampir berlawanan dengan arah angin dan kapal layar bergerak dalam arah yg hampir antagonis menggunakan arah datangnya angin.

Karena komponen da bagian berdasarkan tekanan energi yg tegak lurus pada arah kapal ini diterima sang keel kapal, 

Dan Keel akan Mendapatkan output akselerasinya pun lebih 'tinggi', yg mana sebuah kapal dapat melaju dalam sebuah rute namun belum dengan arah yg sempurna, umumnya berada sedekat 30 derajat menurut arah angin. 

Kapal layar ini sangat bergantung pada hembusan angin menjadi tenaga penggeraknya. 

Para juru mudi tidak bisa mengganti arah mata angin, tetapi mereka dapat membarui arah kapal layar mereka menggunakan menyetirnya misalnya bentuk zigzag. 

Baca Juga ; Mengenal Kapal Niaga Untuk Kapal Niaga 

Jenis Jenis Kapal Layar

Berdasarkan Tenaga Penggerak

- Kapal layar dengan pendayung

- Kapal layar tanpa pendayung

Dari Bentuk Layar

- Kapal layar segitiga

- Kapal layar segi empat

- Kapal layar lipat

Dari Type Kapal

- Kapal layar bercadik

- Kapal Jung

- Kapal Clipper

- Kapal Galiung

- Kapal Dromon

- Kapal Cog

- Kapal Caravel

- Kapal Kerakah

- Longship

- Kapal Galias

- Kapal pinisi

Itulah penjelasan mengenai cara kerja kapal layar. Semoga berguna bagi siapa pun yg membacanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel