MENGENAL PELUANG USAHA CACING SUTRA

MENGENAL PELUANG USAHA CACING SUTRA - apabila diperhatikan, sebenarnya ada poly jenis budidaya yang memiliki nilai hemat. Salah satu jenis budidaya yang mempunyai nilai irit yang tinggi merupakan budidaya cacing sutra. Tampaknya jenis budidaya ini memang aneh. 

Bahkan banyak yang menganggap bahwa cacing yg satu ini tidak terlalu menguntungkan. 


Namun sebenarnya cacing ini sangat berguna terutama sebagai pakan beberapa jenis  larva ikan. Karena itulah tidak mengherankan apabila terdapat banyak orang yg mencari-cari cacing sutra.
Untuk membudidayakan cacing sutra, tentunya calon pembudidaya jua wajib mengetahui cara ternak cacing sutra menggunakan sahih. 

Sebenarnya cara memelihara cacing sutra tidaklah sulit. Yang dibutuhkan hanya tempat yg relatif buat menempatkan cacing sutra dan bahan organik yg biasa digunakan sang cacing sutra. 


MENGENAL PELUANG USAHA CACING SUTRA

Bahan organik yang biasa digunakan buat membudidayakan cacing rambut merupakan campuran antara kotoran ayam, dedak serta lumpur. Menemukan bahan-bahan organik tersebut jua sangat mudah.

Mengenal Cacing Sutera


Cacing sutra (Tubifex sp), menurut Gusrina (2008) mempunyai klasifikasi sebagai berikut :
  • Filum: Annelida
  • Kelas: Oligochaeta
  • Ordo: Haplotaxida
  • Family: Tubifisidae
  • Genus: Tubifex
  • Spesies        : Tubifex sp.

Cacing sutra  meruipakan organisme air tawar yang  mempunyai bentuk dan berukuran yg mini dan ramping menggunakan panjangnya 1,5-dua,lima centimeter, sepintas tampak seperti koloni merah yg melambai-lambai karena rona tubuhnya kemerah-merahan, sebagai akibatnya tak jarang pula disebut dengan si Rambut Emas Merah. 

Cacing ini adalah keliru satu jenis benthos yg hidup pada dasar perairan tawar daerah tropis dan subtropis, tubuhnya beruas-ruas dan mempunyai saluran pencernaan, termasuk grup Nematoda. 

Cacing sutera hidup diperairan tawar yg jernih serta sedikit mengalir. Dasar perairan yang disukai adalah berlumpur dan mengandung bahan organik. Makanan utamanya merupakan bagian-bagian organik yang telah terurai serta mengendap pada dasar perairan tadi.


Sifat Cacing Sutera
  • Menyukai kegelapan dan sensitif terhadap sinar
  • Mempunyai 2 kelamin, tetapi nir mampu membuahi diri sendiri
  • Kanibal 
  • Apabila tertekan atau nir nyaman, cacing sutra akan menggerombol
Mengapa Cacing Sutera Perlu Dibudidayakan?

- Cacing sutra adalah suatu kebutuhan utama bagi larva ikan, semua pemijah ikan dalam umumnya telah memahami jikalau pakan alami larva ikan adalah cacing sutra, sangat indah buat pengembangan larva ikan, sehingga ikan sehat dan kondusif, karena jikalau kebanyakan memasukkan cacing sutra kedalam kolah, airnya tidak terkotori.

- Harga mahal dan barangnya kadang langka, Pada saat eksklusif terutama isu terkini hujan, cacing sutra pada alam langka dikarenakan terhanyut oleh banjir, ad interim indukan lele musim bertelur, 

sehingga terjadi kekurangan pakan alami, hal tersebut penyebab mahalnya harga cacing sutra. Dengan adanya budidaya cacing sutra ini mengurangi kelangkaan pakan alami .

- Mencegah virus atau bakteri pantogen masuk kekolam pembenihan, 

Dengan adanya budidaya, virus patogen menurut alam nir akan masuk kedalam kolam, karena cacing budidaya lebih steril daripada cacing sutra berdasarkan alam

Pakan budidaya cacing sutra murah, Pakan cacing sangat mudah dihasilkan dan murah harganya. Hampir seluruh bahan yang makanan yang mampu dimakan oleh insan jika busuk mampu dijadikan kuliner cacing susah, 

misalnya nasi basi, sayur-sayuran busuk, ampas memahami, ampas ketela pohon, roti kadaluarsa, susu kadaluarsa, dll . Atau mampu mengumpulkan sisa kuliner menurut warung makan disekitar anda.
Modal mini output lumayan, Untuk pembuatan wahana serta prasrana budidaya cacing sutra, sangat gampang dan murah, sedangkan tempat yang dibutuhkan buat budidaya nir memerlukan loka yg luas, bahkan tempat yg sempit sekalipun .

Dengan fakta diatas, bisa disimpulkan bahwa modal pakan yg dibutuhkan budidaya cacing sutra sangat murah dan mudah didapat . Sehingga biaya produksi lebih lecil, maka laba lebih besar .

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel